PENGEMBANGAN BUKU AJAR UNTUK MEMFASILITASI PERKULIAHAN DASAR DAN PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA (DPPM)

Alzaber Alzaber(1), Suripah Suripah(2*), Weni Dwi Susanti(3),

(1) Universitas Islam Riau
(2) Universitas Islam Riau
(3) Universitas Islam Riau
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar untuk memfasilitasi mahasiswa pada perkuliahan Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika (DPPM) yang memenuhi kelayakan yakni memiliki kriteria valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan dari Plomp. Prosedur pengembangan terbagi menjadi tiga tahap yakni: (1) studi pendahuluan; (2) pengembangan atau pembuatan prototipe; dan (3) penilaian. Pengumpulan data menggunakan lembar angket kevalidan dan kepraktisan buku ajar. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa calon guru program studi pendidikan matematika semester IV, dan dosen pendidikan matematika di Pekanbaru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, berdasarkan hasil dari komentar para validator buku ajar yang dikembangkan telah valid dengan kriteria baik, baik dari aspek konten, media, maupun bahasa. Selanjutnya berdasarkan ujicoba terbatas, buku ajar yang dikembangkan telah terbukti praktis dengan kategori baik. Hasil ini dapat dilihat  berdasarkan masukan dan komentar beberapa mahasiswa yang menjadi subjek ujicoba bahwa, isi materi dan bahasa mudah dipahami, kalimat sederhana dan adanya ringkasan disetiap BAB nya sangat mendukung proses perkuliahan.

 

Kata kunci: buku ajar, dasar dan proses pembelajaran matematika, pengembangan

 

Abstract

This study aims to develop texbooks to facilitate students in the Basic and Mathematics Learning Process (DPPM) lectures that are feasible to use, namely meeting valid and practical criteria. This research is a development research with the development model of Plomp. The development procedure consists of three phases, namely: (1) preliminary research; (2) development or prototyping phase; and (3) assessment phase. The data collection technique used is the validity assessment sheet, and the practicality of textbooks. The research subjects were students of fourth semester mathematics education teacher candidates, and mathematics education lecturers in Pekanbaru. to produce valid and practical textbooks to facilitate the DPPM lecture process. The results of this study indicate that, based on the results of the comments of the validators, the textbooks developed have been valid with good criteria, both in terms of material, media and language aspects. Furthermore, in the limited trial stage, the developed textbooks showed practicality with good criteria. These results can be seen based on the input and comments of several students who are the subject of the test that the content of the material and language is easy to understand, simple sentences and the existence of a summary in each chapter really supports the lecture process.

 

Keywords: basics and the process of learning mathematics, development, textbooks


Keywords


buku ajar, dasar dan proses pembelajaran matematika, pengembangan

References


Aima, Z., & Rahima, R. (2020). Pengembangan Buku Kerja Pengantar Dasar Matematika Berbasis Konstruktivisme. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 161–171.

Azwar, S. (2017). Metode penelitian psikologi. In Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bada, S. O., & Olusegun, S. (2015). Constructivism learning theory: A paradigm for teaching and learning. Journal of Research & Method in Education, 5(6), 66–70.

Bray, W. S. (2011). A Collective Case Study of the Influence of Teachers ’ Beliefs and Knowledge on Error-Handling Practices During Class Discussion of Mathematics. 42(1), 2–38.

Chen, C. (2020). Education Paradigm: from Factory Models of Schools to the Future.

Efendy, R. (2018). Rekonstruksi Makna Belajar dalam Upaya Merespon Perubahan Paradigma Pembelajaran Era Milenial. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 37–61.

Febrianto, R., & Puspitaningsih, F. (2020). Pengembangan Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 4(1), 1–18.

Gloria, R. Y. (2016). Meningkatkan Minat Ipa Melalui Implementasi Integrasi-Interkoneksi Keislaman di Lingkungan Pondok Pesantren Al- Anwariyah Tegal Gubug Kabupaten Cirebon. Phenomenon: Jurnal Pendidikan Mipa, 6(1), 57–68.

Harsa, F. S. (2021). Integritas ICT dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Paedagogi, 48(2), 39–62. www.ine.es

Japa, I. G. N. (2012). Pengembangan Buku Ajar Berpendekatan Pendidikan Matematika Realistik dan Pemecahan Masalah Terbuka. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 45(2).

Kebritchi, M., Lipschuetz, A., & Santiague, L. (2017). Issues and challenges for teaching successful online courses in higher education: A literature review. Journal of Educational Technology Systems, 46(1), 4–29.

Kurniawan, A., & Masjudin, M. (2018). Pengembangan buku ajar microteaching berbasis praktik untuk meningkatkan keterampilan mengajar calon guru. Prosiding Seminar Nasional Pendidik Dan Pengembang Pendidikan Indonesia, 9–16.

MacKay, J. R. D. (2019). Show and ‘tool’: How lecture recording transforms staff and student perspectives on lectures in higher education. Computers & Education, 140, 103593.

Mergler, A. G., & Spooner-Lane, R. (2012). What pre-service teachers need to know to be effective at values-based education. Australian Journal of Teacher Education, 37(8), 66–81. https://doi.org/10.14221/ajte.2012v37n8.5

Plomp, T. (SLO), & Nieveen, N. (SLO). (2013). Educational Design Research Educational Design Research. Educational Design Research, 1–206.

Pratama, A. P., Kharisma, A. P., & Wihandika, R. C. (2019). Pengembangan Aplikasi Daily Quest: Aplikasi Untuk Menangani Kemalasan Pada Anak Menggunakan Platform Android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer E-ISSN, 3(10), 964X.

Purwati, N. K. R., & Erawati, N. K. (2021). Pengembangan Buku Ajar Metode Numerik Berbasis Pembelajaran Kolaboratif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 37–48.

Putri, K. E., & Damayanti, S. (2019). Pengembangan E-Learning Menggunakan Portal Pembelajaran Mahasiswa pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA 2 di Era Disruption. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 117–132.

Rahadian, D. (2016). Pergeseran Paradigma Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi. Jurnal Petik, 2(1), 1–7.

Riyanto, S., & Nugrahanti, F. (2018). Pengembangan Pembelajaran Statistika Berbasis Praktikum Aplikasi Software SPSS dengan Bantuan Multimedia untuk Mempermudah Pemahaman Mahasiswa terhadap Ilmu Statistika. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 62. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1590

Sanjaya, W., Darmawan, D., & Supriadie, D. (2016). Pengembangan Perangkat Kurikulum dan Rancangan Pembelajaran. PEDAGOGIA, 12(2), 126–135.

Setyowati, R. D., Albab, I. U., & Tsalatsa, A. N. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Dengan ScientificApproach Melalui Mobile Learning System Mata Kuliah Aljabar. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2/septembe).

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.

Sugiyono, S., Nuryanto, A., & Mulyatiningsih, E. (2011). Dampak Penerapan SMM ISO 9001: 2000 Terhadap Kualitas Layanan Akademik Dan Lulusan FT UNY. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 20(2).

Suripah, M. (2015). Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dan Tipe Think-Pair-Share (TPS) Pada Siswa Smp. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 20(2), 125–132. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i2.575

Taufikurrahman, R. (2018). Dosen dan Pengembangan Bahan Ajar. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 15(1), 223–250.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.