PENINGKATAN KEMAMPUAN TPACK CALON GURU: ANALISIS KEMUNGKINAN KESALAHAN PEMAHAMAN KONSEP ALJABAR SERTA STRATEGI PENCEGAHANNYA

Ida Dwijayanti(1*), Rizky Esti Utami(2), Aryo Andri Nugroho(3),

(1) Universitas PGRI Semarang
(2) Universitas PGRI Semarang
(3) Universitas PGRI Semarang
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis berbagai kemungkinan kesalahan yang dapat dialami mahasiswa calon guru ketika mempelajari konsep aljabar serta memberikan pengetahuan terkait strategi pencegahannya bagi calon guru matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah wawancara yang melibatkan 16 responden calon guru matematika. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dengan cara membandingkan jawaban berdasarkan hasil tes dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan data bahwa kesalahan konsep yang dilakukan mahasiswa dalam mempelajari konsep variabel diantaranya ialah kesalahan dalam mengidentifikasi x0 merupakan sebuah variabel, kegagalan dalam memahami konsep variabel (dalam kasus ini x diartikan sebagai kotak pensil ataupun pensil, sedangkan yang diharapkan adalah jumlah pensil dalam kotak), serta kegagalan dalam mengembangkan pemahaman konsep yang dimiliki (dalam hal ini tidak mampu membuat situasi yang sesuai dengan model matematika , sedangkan seharusnya bisa menggunakan situasi luas suatu bidang segi empat dengan panjang (x+3) dan lebar (x-2). Strategi pencegahan dengan meningkatkan kemampuan TPACK calon guru yaitu dengan memberikan soal berjenjang mulai dari tingkatan mengetahui, memahami konsep hingga mengembangkan pengetahuan konsep yang dimiliki.

Kata kunci: Aljabar, Kesalahan konsep, TPACK

 

Abstract

The purpose of this study is to analyze the various possible errors that can be experienced by students when learning algebraic concepts and provide knowledge regarding prevention strategies for prospective mathematics teachers. The method used in this study is a qualitative descriptive method. The instrument used was an interview involving 16 prospective mathematics teacher respondents. Test the validity of the data using triangulation techniques by comparing answers based on test results and interview results. The results showed that the data that the students had conceptualized errors in studying the concept of variables included errors in identifying x0 as a variable, failure in understanding the concept of variables (in this case x is defined as a pencil or pencil box, while what is expected is the number of pencils in a box). , as well as the failure to develop an understanding of the concepts they have (in this case unable to make a situation that is in accordance with the mathematical model x^2+x-6, while it should be able to use the situation of the area of a rectangular area with length (x+3) and width ( x-2) The strategy for prevention is to increase the teacher's TPACK ability, namely by providing tiered questions starting from the level of knowing, understanding concepts to developing conceptual knowledge.

 

Keywords: Algebra, Misconception, TPACK. 


Keywords


TPACK, kesalahan konsep, aljabar

References


Ariyanto, L., Aditya, D., & Dwijayanti, I. (2019). Pengembangan Android Apps Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 40–51.

Baya’a, N & Daher, W. (2015). The development of college instructors’technological pedagogical and content knowledge. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 151, 1166 – 1175. https://doi.org/10.1145/3132847.3132886

Chai, C. S., Koh, J. H. L., & Tsai, C. C. (2013). A Review of Technological Pedagogical Content Knowledge. 16(2), 31–51.

Choridah, D. T. (2013). Peran pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan berpikir kreatif serta disposisi matematis siswa SMA. Infinity Journal, 2(2).

Creswell, J. W. (2013). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (3rd Ed) (Sage (ed.)).

Dwijayanti, I., & Nugroho, A. A. (2020). Mathematical imaginations and constructing algebraic concept. In Journal of Physics: Conference Series, 1567(2), 22090.

Dwijayanti, I., Budayasa, I. K., & Siswono, T. Y. E. (2019). Students’ gestures in understanding algebraic concepts. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 12(2), 133–143.

Dwijayanti, I., Budayasa, I. K., & Siswono, T. Y. E. (2018). Embodied cognition of the student mathematical imaginations in conceptual understanding of algebraic expression. In International Conference on Mathematics and Science Education of Universitas Pendidikan Indonesia, 682–686.

Fatahillah, A., Wati, Y.F., S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding Yang Diberikan. Jurnal Kadikma, 8(1), 40–51.

Foulger, T. . (2015). Graphic Assessment of TPACK Instrument (GATI) As a Professional Development Tool. In D. Rutledge & D. Slykhuis (Eds.). Proceedings of SITE 2015--Society for Information Technology & Teacher Education International Conference, 3157–3168. https://doi.org/10.1145/3132847.3132886

Hasratuddin. (2013). Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Paradikma, 6(2), 130-141.

Jha, S. K. (2012). Mathematics performance of primary school students in Assam (India): An analysis using Newman Procedure. International Journal of Computer Applications in in Engineering Sciences, 2(1), 17–21.

Junaedi, I. (2012). Tipe Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal-SoalGeometri Analitik Berdasarkan Newman’s Error analysis (NEA). Jurnal Kreano, 3(2), 125–133.

Rismawati, M. (2016). Mengembangkan Peran Matematika Sebagai Alat Berpikir Ilmiah Melalui Pembelajaran Lesson Study. Jurnal Vox Education, 7(2), 203–215.

Sennen, E., Ndiung, S., Supardi, K. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan SoalSoal Matematika Yang Terkategori Sulit Pada UASBN. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 8(2), 88–137.

Siswandi, E., Sujadi, I., R. (2016). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan masalah matematika kontekstual pada materi segiempat berdasarkan analisis newman ditinjau dari perbedaan gender. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(7), 633–643.

Smith, M., Bill, V., Raith, M. L. (2018). Promoting a conceptual understanding of mathematics. Mathematics Teaching in the Middle School, 24(1), 36–43.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Tournaki, N; Lyublinskaya, I. (2016). TPACK for Teaching Mathematics and Science and Differentiation of Instruction: Case Study with Pre-service Special Educators. In D. Rutledge & D. Slykhuis (Eds.). Proceedings of SITE 2015--Society for Information Technology & Teacher Education International Conference, 3004–3011.

Zen, B. P., Fitriana, G. F., Gustalika, M. A. (2021). Peran Kompetensi melalui berfikir komputasi dalam membangun karir di dunia IT menuju Era Society 5.0. Dedikasi Sains Dan Teknologi (DST), 1(2), 94–98.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.