DESAIN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI TURUNAN FUNGSI

Fitriyani Hali(1*), Farman Farman(2),

(1) Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(2) Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain video pembelajaran matematika materi turunan fungsi yang layak digunakan bagi siswa SMA Kelas IX. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan merupakan penelitian yang berorientasi untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji kelayakan produk tersebut. Desain video pembelajaran materi turunan dilakukan dengan langkah 4-D yaitu langkah define (pendefinisian), design (perancangan) develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Subjek uji coba terbatas penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 10 Kendari yang berjumlah 21 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket lembar validasi dan angket respon siswa yang disusun dalam google form. Hasil validasi ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa desain video pembelajaran materi turunan berada dalam kriteria sangat valid. Hasil dari rerata indikator respon siswa yang terdiri atas fungsi dan manfaat, penyajian video serta bahasa dan tipografi menunjukkan persentase 87,3% yang berarti respon siswa menunjukkan sangat positif terhadap desain video pembelajaran yang dikembangkan. Dengan demikian video pembelajaran matematika materi turunan fungsi layak digunakan sebagai media belajar interaktif secara mandiri di sekolah atau di rumah dalam rangka menarik minat siswa dan memudahkan siswa dalam memahami turunan fungsi.

 

Kata kunci: matematika; turunan fungsi; video pembelajaran;

 

Abstract

This study aims to design a mathematics learning video for derivative material that is suitable for use for class IX high school students. The research method used in this research is development research. Development research is research that is oriented to produce certain products and test the feasibility of these products. The design of the derived material learning video is carried out in a 4-D step, namely the define, design develop and disseminate. The subjects of the limited trial of this study were students of class XI SMA Negeri 10 Kendari, totaling 21 students. The instrument used in this study was a questionnaire validation sheet and student response questionnaire compiled in google form. The results of the validation of material experts and media experts show that the design of the derived material learning video is within the valid criteria. The results of the average student response indicators consisting of functions and benefits, video presentation as well as language and typography showed a percentage of 87.3% which means that responses showed a very positive attitude towards the learning video design developed. Thus the mathematics learning video for derivative is appropriate to be used as media for independent interactive learning at school or at home in order to attract students' interest and make it easier for students to understand derivatives.

Keywords: derivative; learning video; mathematics


Keywords


matematika; turunan fungsi; video pembelajaran;

References


Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R&D. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 17.

Agustiningsih, A. (2015). Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 50. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.72.

Alamsyah, R., Toenlioe, A., & Husna, A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Kepenyiaran Materi Produksi Program Televisi Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 229-236.

Anjarsari, P., & Karim, A. (2020). Analisis Video Pembelajaran Matematika Tingkat SMA Sederajat. Prosiding Seminar Nasional dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, 247–254.

Eleanor, A., Uchenna, A., & Aruchi, N. (2019). Assessment Of Instructional Media Use In Enhancing Teaching And Learning Of Accounting By Business Education Students In The Niger Delta, Nigeria. International Multidisciplinary Academic Research Journal, 3(1).

Fadhli, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 24–29. https://doi.org/10.24269/dpp.v3i1.157

Farman, F. (2020). Development of Mathematics Learning Design through Problem Posing Approach for Developing Mathematical Reasoning Ability. Proceeding of USN Kolaka-ADRI International Conference on Sustainable Coastal-Community Development, 1(0), 167–174. https://doi.org/10.31327/icusn-adri.v1i0.1158

Farman, F., Arbain, A., & Hali, F. (2021). Learning Style Preferences Based on Class and Gender. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(1), 164–172. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.368

Farman, F., & Chairuddin, C. (2020). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Edmodo Pada Materi Teorema Pythagoras. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 872. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3114

Fatmanissa, N., Kusnandi, & Usdiyana, D. (2019). Student difficulties in word problems of derivatives: A multisemiotic perspective. Journal of Physics: Conference Series, 1157, 032111. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032111

Ferawati, E. (2021) Tingkat Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Daring Matematika di Era New Normal Menggunakan Video Youtube di Kelas VII SMPIT AN-NIDA’Lubuklinggau. Lentera Sriwijaya, 3(1), 1-14.

Gusmania, Y., & Dari, T. W. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i1.1196

Kurniadi, H. (2017). Pemanfaatan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Siswa Kelas IV SD Negeri Magersari 2 Magelang. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 6(5), 501–507.

Muhammad, H. (2020). Menyiapkan Pembelajaran di Masa Pandemi: Tantangan dan Peluang. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (https://spab.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/07/Menyiapkan-Pembelajaran-di-Masa-Pandemi-1.pdf)

Muna, H., Nizaruddin, N., & Murtianto, Y. H. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Macromedia Flash 8 Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Program Linier Kelas XI. AKSIOMA, 8(2), 9. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1686

Nasrum, A., & Herlina, H. (2019). Developing Of Calculus Teaching Materials Based On AudiovisuaL. Infinity Journal, 8(2), 209–218. https://doi.org/10.22460/infinity.v8i2.p209-218.

Nurfadhillah, S., Cahyani, A. P., Haya, A. F., Ananda, P. S., & Widyastuti, T. (2021). Penerapan Media Audio Visual Berbasis Video Pembelajaran pada Siswa Kelas IV di SDN Cengklong 3. PANDAWA, 3(2), 396-418. https://doi.org/10.36088/pandawa.v3i2.1272.

Octavyanti, N. P. L. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. 8(1), 9.

Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ,1-8

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47.

Saloko, A., Jampel, I. N., & Suwatra, I. W. (2013). Pengembangan Media Video Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Seririt Tahun Pelajaran 2012/2013 Semester Ganjil. Journal of Education Technology, 1(2), 11. https://doi.org/httpdx.doi.org10.23887jeu.v1i2.1501

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Suryansah, T., & Suwarjo, S. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa KelaS IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 209.https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.8393

Suwarto, S., Muzaki, A., Muhtarom, M. (2021). Pemanfaatan Media YouTube sebagai Media Pembelajaran pada Siswa Kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Tawangsari. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 15 (1): 26-30.

Wardono, Waluya, S. B., Mariani, S., & Candra D, S. (2016). Mathematics Literacy on Problem Based Learning with Indonesian Realistic Mathematics Education Approach Assisted E-Learning Edmodo. Journal of Physics: Conference Series, 693, 012014. https://doi.org/10.1088/1742-6596/693/1/012014.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4092

Refbacks

  • There are currently no refbacks.