PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR

Destiniar Destiniar(1), Rohana Rohana(2*), Hijir Ardiansyah(3),

(1) 
(2) Universitas PGRI Palembang
(3) Universitas PGRI Palembang
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi android yang valid, praktis, dan efektif. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android pada materi turunan fungsi aljabar untuk siswa kelas XI SMA. Subjek dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas XI di SMA Negeri 2 Kikim Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu walktrough, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Tingkat kevalidan yang dinilai oleh validator terdiri dari tiga dosen dan satu pendidik dengan aspek yang dinilai kualitas isi dan tujuan, kualitas intruksional, dan kualitas teknis dinyatakan valid menurut validator. Tingkat kepraktisan setelah diujicobakan kepada peserta didik mendapat skor 82,9% sehingga dikategorikan sangat praktis. dan juga berdasarkan tes hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi android memperoleh skor 95% dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi android yang telah dikembangkan valid, sangat praktis dan sangat efektif.

 

Kata Kunci: ADDIE; Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android; Turunan Fungsi Aljabar.


Keywords


ADDIE; Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android; Turunan Fungsi Aljabar

References


Apsari, P. N., & Rizki, S. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android pada Materi Program Linear. Aksioma:Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1).

Ariskasari, D., & Pratiwi, D. D. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Problem Solving Pada Materi Vektor. Desimal: Jurnal Matematika.

Ariskasari, D., & Pratiwi, D. D. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasisi Problem Solving Pada Materi Vektor. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3).

Dewanti, T. C., Widada, & Triyono. (2016). Hubungan Antara Keterampilan Sosial dan Pengguna Gedjet Smartphone Terhadap Pretasi Belajar Siswa SMA Negeri 9 Malang. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling.

Dwiranata, D., Pramita, D., & Syahruddin. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga. Jurnal Varian.

Emilya, D., Darmawijoyo, & Ilma, R. (2011). Pengembangan Soal-Soal Open Ended Materi Lingkaran Untuk Meningkatkan Penalaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika.

Firdaus, M. (2019). Pengembangan Aplikasi Math Mobile Learning Berbasis Android Pada Materi Segitiga dan Segiempat Kelas VII SMP. Universitas Muhammadiyah Mataram.

Handayani, D., & Rahayu, D. V. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan I-Spring dan APK Builder untuk Pembelajaran Matematika Kelas X Materi Proyeksi Vektor. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1).

Hikmah, S. N., & Maskar, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Microsoft PowerPoint pada Siswa SMP Kelas VIII dalam Pembelajaran Koordinat Kartesius. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1).

Karim, A., & Savitri, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android di Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika.

Lubis, R. H. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Matematika Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Microsoft PowerPoint Pada Materi Trigonometri Siswa Kelas XI SMA N 5 Padangsidipuan . IAIN Padangsidipuan.

Muflih, M., Hamzah, H., & Purniawan , W. A. (2017). Penggunaan Smartphone dan Interaksi Sosial Pada Remaja di SMA N 1 Kalasan Sleman Yogyakarta. Idea Nursing Jurnal, 8(1).

Muflih, M., Hamzah, H., & Purniawan , W. A. (2017). Penggunaan Smartphone dan Interaksi Sosial Pada Remaja di SMA Negeri 1 Kalasan Sleman Yogyakarta. Idea Nursing Journal.

Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1).

Nurdyansyah, & Aini, Q. (2017). Peran Teknologi Pendidikan Pada Materi Matematika Kelas III di MI Ma'arif Pademonegoro Sukodono. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Nuryatni, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Kesebangunan Melalui Model Pembelajaran STAD Berbantuan Media PowerPoint. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(4).

Puji, K. M., Gulo, F., & Ibrahim , A. R. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Bentuk Molekul di SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 1(1).

Purnamasari, A., & Rochmawati. (2015). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Komunikasi dengan Wondershare Quiz Creator Materi Sistem Penilaian Persediaan. Jurnal Pendidikan, 03(01).

Rahmadi, F. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Berorientasi Pada Kemampuan Penalaran daan Komunikasi Matematika. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika.

Rahmawati, S. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Basis Android pada Materi Peluang untuk Siswa SMK. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan .

Riduwan. (2011). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Rohman, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Dengan Program Adobe Flash CS 5.5 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VII. Universitas Mercu Buana.

Sa'adah, R. N., & Wahyu. (2020). Metode Penelitian R&D (Researh and Development) Kajian Teoritis dan Aplikatif. Malang: Literasi Nusantara Abadi.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1).

Tegeh, M., Jampel , N., & Pudjawan , K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wardiyanto, M. F., & Yundra , E. (2019). Pengembangan Trainer Kit Mikrokontroller Arduino Uno Berbasis IOT Sebagai Media Penunjang Pembelajaran pada Mata Pelajaran Sistem Kontrol Terprogram di SMK Negeri 1 Jenangan ponorogo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 8(1).

Wedekaningsih, A., Koeswati, H. D., & Giarti, S. (2019). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Basicedu, 3(1).

Yudha, F. (2019). Peran Pendidikan Matematika Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia Guna Membangun Masyarakat Islam Modern. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.4050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.