PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DITINJAU DARI ANALISIS URAIAN MATERI DAN HAMBATAN BELAJAR
(1) 
(2) Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang
(3) Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang
(*) Corresponding Author
Abstract
RPP merupakan rencana aktivitas belajar siswa yang disusun oleh guru sesuai dengan pengetahuan matematika dan keterampilan matematis yang termuat dalam kurikulum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana kemampuan, kualitas, dan cara guru matematika dalam mengidentifikasi materi serta merencanakan proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan studi kasus pada guru matematika SMA. Studi kasus yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kasus tunggal dan analisis ganda. Instrument tes dan non tes digunakan dalam penelitian ini. Instrumen tes berbentuk tes kinerja subjek penelitian dalam menyusun rencana pembelajaran. Sementara itu, instrumen nontes berbentuk wawancara tidak terstrukur. Pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari dua tahap. Tahap Pertama digunakan untuk menjawab dua pertanyaan penelitian, yaitu: bagaimana kemampuan guru matematika dalam mengidentifikasi materi dan merencanakan proses pembelajaran? bagaimana kualitas RPP yang disusun oleh guru matematika berdasarkan analisis materi dan hambatan belajar siswa ditinjau dari kualifikasi pendidikan serta lama mengajar? Tahap Kedua digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian, bagaimana cara guru matematika mengidentifikasi analisis materi dan hambatan belajar siswa dalam penyusunan RPP? Pada tahap ini dipilih kompetensi dasar (KD) pada aspek pengetahuan dan keterampilan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar subjek penelitian atau 54,55% kesulitan dalam mengidentifikasi urutan materi dan merencanakan proses pembelajaran sesuai dengan hambatan belajar siswa, dan sebagian kecil guru atau sebesar 36,33% dalam menganalisis materi untuk merancang pembelajaran sangat dipengaruhi oleh buku teks yang menyediakan panduan bagi guru dalam perencanaan dan proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahl, L., Gunnarsdóttir, G., Koljonen, T., & Pálsdóttir, G. (2015). How teachers interact and use teacher guides in mathematics-cases from Sweden and Iceland. Nordic Studies in Mathematics Education, 20, 179–197. https://www.researchgate.net/publication/308694390
Aisah, L. S., Kusnandi, & Yulianti, K. (2016). Desain didaktis konsep luas permukaan dan volume prisma dalam pembelajaran Matematika SMP. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 14–22. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i1.9
Amin, I., Sukestiyarno, Y., Waluya, S. B., & Mariani, S. (2020). Kualitas Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan Implementasinya dalam pembelajaran Matematika SMA. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 125. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2914
Edgington, C. (2011). Learning Trajectories as a tool for Mathematics lesson planning.
Erwin, E., Rustaman, N. Y., Firman, H., & Ramalis, T. R. (2019). Profile of the prospective teachers response to the development of scientific communication skills through physics learning. Journal of Physics: Conference Series, 1157(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032040
Fuadiah, N. F., Suryadi, D., & Turmudi, T. (2016). Some difficulties in understanding negative numbers faced by students: A qualitative study applied at secondary schools in Indonesia. International Education Studies, 10(1), 24. https://doi.org/10.5539/ies.v10n1p24
Hartini, H. (2021). Meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) melalui kegiatan workshop. Jurnal Pedagogiana, 8(49), 1–12.
Hasanah, R. Z., W.S, R., & Lidinillah, D. A. M. (2017). Desain didaktis konsep skala berbasis RME. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 80. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7501
Herdawati, H., Rochaminah, S., & Paloloang, B. (2019). Kemampuan guru matematika dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran di Sma Negeri 3 Palu. Aksioma, 8(1), 63–71. https://doi.org/10.22487/aksioma.v8i1.204
Kaino, L. M., & Moalosi, S. (2013). Teachers’ Mathematical pedagogical content knowledge: some trends in search of adequate knowledge for effective teaching. Journal of Social Sciences, 37(2), 189–196. https://doi.org/10.1080/09718923.2013.11893217
Kilicoglu, E. (2019). Planning skills of the prospective elementary teachers in Mathematics course To cite this article : Kilicoglu , E . ( 2019 ). Planning skills of the prospective elementary school teachers in Planning Skills of the Prospective Elementary School Teachers in.
Li, Y., Chen, X., & Kulm, G. (2009). Mathematics teachers’ practices and thinking in lesson plan development: A case of teaching fraction division. ZDM - International Journal on Mathematics Education, 41(6), 717–731. https://doi.org/10.1007/s11858-009-0174-8
Matić, L. J. (2019). The pedagogical design capacity of a lower secondary mathematics teacher and her interaction with curriculum resources. Redimat: Journal of Research in Mathematics Education, 8(1), 53–75. https://doi.org/10.4471/redimat.2019.2396
Mireles, S. V, Acee, T. W., & Gerber, L. N. (2014). FOCUS: Sustainable Mathematics Successes. Journal of Developmental Education, 38(1), 26–36. https://ezp.lib.unimelb.edu.au/login?url=https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=ehh&AN=101143300&site=eds-live&scope=site
Muhtarom, Juniati, D., & Siswono, T. Y. E. (2019). Examining the pedagogical content knowledge of prospective mathematics teachers on the subject of limits. Journal on Mathematics Education, 10(2), 185–202. https://doi.org/10.1080/0020739X.2019.1703148
Norton, S. (2019). The relationship between mathematical content knowledge and mathematical pedagogical content knowledge of prospective primary teachers. Journal of Mathematics Teacher Education, 22(5), 489–514. https://doi.org/10.1007/s10857-018-9401-y
Nur’anini, K. D., & Pagiling, S. L. (2020). Analisis pedagogical content knowledge guru matematika sekolah menengah pertama ditinjau dari segi gender. Aksioma, 9(4), 1036–1047.
Putri, D. P., Manfaat, B., & Haqq, A. A. (2020). Desain didaktis pembelajaran matematika untuk mengatasi hambatan belajar pada materi matriks. Jurnal Analisa, 6(1), 56–68. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index
Putri, N. S., Hartoyo, A., & Jamiah, Y. (2018). Desain didaktis melalui Naïve Geometri untuk mengatasi hambatan epistemologis dalam persamaan kuadrat di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9), 1–11.
Ratumanan, T. G., & Tetelepta, Y. (2019). Analisis pembelajaran matematika berdasarkan kurikulum 2013 Pada Sma Negeri 1 Masohi. JUMADIKA : Jurnal Magister Pendidikan Matematika, 1(1), 25–34. https://doi.org/10.30598/jumadikavol1iss1year2019page25-34
Sari, R. K. (2019). Analisis Problematika pembelajaran matematika di sekolah menengah pertama dan solusi alternatifnya. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 2(1), 23–32. https://doi.org/10.33503/prismatika.v2i1.510
Shulman, L. S. (1986). Those who understand: knowledge growth in teaching. Educational Researcher, 15(2), 4–14. https://doi.org/10.3102/0013189X015002004
Siregar, D. (2019). Peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan. Aksioma, 8(1), 1–12.
Süral, S. (2019). An examination of pre-service teachers’ competencies in lesson planning. Journal of Education and Training Studies, 7(3), 1. https://doi.org/10.11114/jets.v7i3.3902
Wilson, S., & Mcchesney, J. (2018). From course work to practicum: Learning to plan for teaching mathematics. Mathematics Teacher Education and Development, 20(July), 96–113.
Yanti, N., Septiati, E., & Fuadiah, N. F. (2020). Analisis learning obstacle pembelajaran luas belah ketupat untuk kelas VII SMP. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 53–62. https://doi.org/10.26877/aks.v11i1.4953
Zulkarnaen, R. (2021). Desain Pembelajaran berbasis riset. Prosiding Sesiomadika 2020, 27–44
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.4017
Refbacks
- There are currently no refbacks.