PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI KUBUS BERDASARKAN PENDEKATAN OPEN ENDED BERBANTUAN GEOGEBRA
(1) Universitas PGRI Palembang
(2) Universitas PGRI Palembang
(3) Universitas PGRI Palembang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk bahan ajar bangun ruang sisi datar pokok bahasan kubusberdasarkan pendekatan Open Endded yang valid dan praktis dengan bantuan geogebra untuk siswa SMP kelas VIIIberdasarkan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berada di Desa Muara Burnai I, Kecamatan Lempuing Jaya, Kabupaten Oki yang mengumpulkan 15 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui validasi lembar angket dan lembar angket respons siswa. Teknik analisis data dilakukan secara deskriftif kuantitatif.. Dari proses pengembangan menghasil data kevalidan dan data kepraktisan bahan ajar.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar mata pelajaran sisi datar kubus berbasis pendekatan Open Endded yang valid dan praktis dengan bantuan Geogebra untuk siswa kelas VIII SMP berbasis model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementasi dan Evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berada di Desa Muara Burnai I Kecamatan Lemrub Jaya Kabupaten Oki yang berjumlah 15 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar angket validasi dan lembar angket respon siswa. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Dari proses pengembangan tersebut menghasilkan data validitas dan kepraktisan bahan ajar. Setelah data dianalisis, Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang telah dikembangkan dikategorikan valid dengan rata-rata skor validitas 97,22% dan dikategorikan praktis dengan skor kepraktisan rata-rata 93,6%. Melalui proses pengembangan, dihasilkan dua jenis bahan ajar, yaitu bahan ajar cetak berupa LKS yang berisi langkah-langkah penggunaan dan bahan ajar non-cetak berupa soft file dalam aplikasi geogebra.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agitsna, L. D., Wahyuni, R., & Friansah, D. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 429–437. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2360
Asdarina, O., & Khatimah, H. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Matriks Berbantuan Aplikasi Geogebra. Aksioma : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 860–871.
Aspriyani, R., & Suzana, A. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Persamaan Lingkaran Berbasis Realistic Mathematics Education Berbantuan Geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1099. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3123
Branch, R.M. (2009). Instructional Design : The ADDIE. Approach Springer.
Ekawati, A., & Mathematic, M. (2016). PENGGUNAAN SOFTWARE GEOGEBRA DAN MICROSOFT. 2(3).
Irawan, I. P. E., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (n.d.). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA : PENGETAHUAN AWAL ,. 69–73.
Kusuma, R. A., & Lestari, H. P. (n.d.). PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK PEMBELAJARAN DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK KELAS VIII. 1.
Latifah, S., Setiawati, E., & Basith, A. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai-Nilai Agama Islam melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 43–51. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.104
Loviana, S., & Baskara, W. N. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Kesiapan Pembelajaran Tadris Matematika Iain Metro Lampung. Journal Epsilon, 2(1), 62–70.
Mahmudi, A. (2011). Pemanfaatan Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika.
Mahuda, I., Suhamah, A., Nasrullah, A., & Junaedi, B. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA EKONOMI BERBASIS V-LOG BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIS. 9(3), 516–529.
Melilana, P., Krisdiana, I., & Setyansah, R. K. (n.d.). Pengembangan Media Pembelajaran dengan Menggunakan Geogebra pada Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Development Of Learning Media Using Geogebra In Substitute Mathematics Learning Discussion. 85.
Nugroho, P. B., Badawi, & Prihatmojo, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Video Pembelajaran Berbasis Data Covid-19 Untuk Meningkatkan Kewaspadaan Mahasiswa Terhadap Hoaks. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 467–478.
Octariani, D., & Rambe, I. H. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning Berbantuan Software Geogebra. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 16–21.https://doi.org/10.30743/mes.v4i1.864
Ramdhani, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Konsep Luas Bidang Datar Berbasis Perangkat Lunak Geogebra. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 3(2), 95. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v3i2.684
Rohati. (2011). Pengembangan Bahan Ajar Materi Bangun Ruang dengan Menggunakan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) Di Sekolah Menengah Pertama. 01, 61–73.
Soeyono, Y. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pendekatan Open-ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMA Developing Mathematics Teaching Materials Using Open-ended Approach to Improve Critical and Creative Thinking Skills of SMA. Phytagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 205–218.
Syahbana, A. (2016). Belajar Menguasai GeoGebra (Program Aplikasi Pembelajaran Matematika).
Tanzimah. (2019). Pemanfaatan geogebra dalam pembelajaran matematika. 610–616.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.4014
Refbacks
- There are currently no refbacks.