PENGEMBANGAN INSTRUMEN KESIAPAN GURU MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN DARING DALAM PERSPEKTIF TPACK
(1) Universitas Muhammadiyah Palembang
(2) Universitas Muhammadiyah Palembang
(3) Universitas Muhammadiyah Palembang
(4) Universitas PGRI Palembang
(*) Corresponding Author
Abstract
Implementasi pembelajaran daring menghadirkan konsekuensi logis bagi para guru untuk dapat mengintegrasikan kemampuan pedagogik (pedagogical knowledge), penguasaan konten/materi (content knowledge) dan penggunaan teknologi (technological knowledge) pada pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Instrumen kesiapan guru matematika dalam melaksanakan pembelajaran daring dalam perspektif Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK). Peneliatian ini, merupakan penelitian pengembangan (development research). Pengembangan instrumen TPACK pembelajaran daring menggunakan prosedur pengembangan yang terdiri dari beberapa langkah antara lain: 1) perumusan latar belakang (background); 2) konseptualisasi (questionnaire conceptualization); 3) format dan analisis data (Format and Data Analysis); 4) penentuan validitas (Establishing Validity), dan; 5) penentuan reliabilitas (Establishing Reliability). Subjek penelitian adalah guru yang mengajar muatan pelajaran Matematika SD kelas atas (kelas 4,5, dan 6), guru mata pelajaran Matematika SMP sederajat dan SMA sederajat sebanyak 40 orang guru. Berdasarkan hasil validasi konstruk dan Bahasa yang dilakukan oleh expert review menunjukkan bahwa instrumen telah valid dan siap untuk di uji validasi lapangan. Hasil uji validasi lapangan yang dianalisis menggunakan Rasch model diperoleh satu pernyataan pada komponen Technology Knowledge(TK) yang tidak valid, sementara 44 pernyataan laiinya dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen kuiseoner reliabel. Berdasarkan hasil analisis validitas dan reliabilitas menggunakan Rasch model, hanya 44 pernyataan yang dapat digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 44 pernyataan instrumen yang telah dikembangkan layak digunakan untuk mengukur kesiapan guru matematika pada pembelajaran daring dalam perspektif TPACK.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Azzahra, N. F. (2020). Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Retrieved from https://repository.cips-indonesia.org/media/309163-mengkaji-hambatan-pembelajaran-jarak-jau-99409337.pdf
Chen, Z., Chen, W., Jia, J., & An, H. (2020). The effects of using mobile devices on language learning : a meta ‑ analysis. Educational Technology Research and Development, (0123456789). https://doi.org/10.1007/s11423-020-09801-5
Fajriana, & Safriana. (2021). Analisis Kesiapan Guru Fisika dan Matematika dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 293–304. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19162
Jamal S. (2020). Analisis Kesiapan Pembelajaran E-Learning Saat Pandemi Covid-19 Di Smk Negeri 1 Tambelangan. Jurnal Nalar Pendidikan, 8(1), 16–22.
Kemdikbud. Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor: , Pub. L. No. 36962/MPK.A/HK/2020 (2020).
Kemdikbud. Surat Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri RI. , (2020).
Kemp, S. (2020). Digital 2020: Indonesia. Retrieved from Datareportal website: www.datareportal.com
Kiray, S. A. (2016). Development of a TPACK self-efficacy scale for preservice science teachers. International Journal of Research in Education and Science, 2(2), 527–541. https://doi.org/10.21890/ijres.64750
Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054. https://doi.org/10.1111/j.1467-9620.2006.00684.x
Misieng, J.-, Ramanair, J., & Rethinasamy, S. (2018). Measuring teachers’ readiness to use technology. Journal of IT in Asia, 8(1), 7–13. https://doi.org/10.33736/jita.852.2018
Msila, V. (2015). Teacher Readiness and Information and Communications Technology (ICT) Use in Classrooms: A South African Case Study. Creative Education, 06(18), 1973–1981. https://doi.org/10.4236/ce.2015.618202
Pratama, L. D., Lestari, W., & Astutik, I. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Edutainment Di Tengah Pandemi Covid-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 413–423. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2783
Samnufida, R., Sugiman, S., & Retnawati, H. (2021). Teacher’s Difficulties Junior High School Communication Mathematics during Online Learning. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 774–785. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3467
Schmidt, D. A., Baran, E., Thompson, A. D., Mishra, P., Koehler, M. J., & Shin, T. S. (2009). Technological pedagogical content knowledge (Track): The development and validation of an assessment instrument for preservice teachers. Journal of Research on Technology in Education, 42(2), 123–149. https://doi.org/10.1080/15391523.2009.10782544
Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2013). Aplikasi Model Rasch Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial.
Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan RASCH pada Assessment Pendidikan. Trim Komunikata.
Termit Kaur, R. S., & Samli, C. (2014). Teacher Readiness on Ict Integration in Teaching-Learning : a Malaysian Case Study. International Journal of Asian Social Science, 4(7), 874–885. Retrieved from http://www.aessweb.com/journals/5007%0ATEACHER
Valtonen, T., Sointu, E., Kukkonen, J., Kontkanen, S., Lambert, M. C., & Mäkitalo-Siegl, K. (2017). TPACK updated to measure pre-service teachers’ twenty-first century skills. Australasian Journal of Educational Technology. https://doi.org/10.14742/ajet.3518
Yuliani, R. E., & Heru. (2021). E-Course Design of Middle/MTs Teacher Training Using Google Classroom. International Journal of Elementary Education, 5(3), 350–358. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/37667
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3980
Refbacks
- There are currently no refbacks.