KEMAMPUAN REPRESENTASI: IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN DESAIN DIDAKTIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Elsa Komala(1*), Didi Suryadi(2), Dadan Dasari(3),

(1) Universitas Suryakancana
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika di sekolah yang digunakan sebagai alat bantu untuk menemukan solusi dari masalah matematika, akan tetapi siswa masih kesulitan dalam melakukan kemampuan representasi matematis dan minim kemampuan representasi yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil implementasi dari desain didaktis hasil pengembangan untuk meminimalisir learning obstacle yang terjadi terkait kemampuan representasi pada pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi fenomenologi dan pengembangan dengan Didactical Design Research (DDR). Subjek terdiri dari 38 siswa kelas X beserta 3 orang guru matematika. Soal tes kemampuan representasi dan studi dokumentasi digunakan pada saat implementasi desain didaktis. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa berdasarkan learning obstacle yang terjadi terkait kemampuan representasi siswa yang diperoleh selanjutnya dibuat dan dikembangkan desain didaktis berdasarkan learning obstacle yang telah teridentifikasi sebagai pendahuluan kemudian diimplementasikan, sehingga pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan desain didaktis terlaksana dengan baik akibatnya kemampuan representasi matematis siswa dapat diminimalisir kesalahannya terutama pada proses membuat pemodelan matematika, selain itu proses visual dan pembuatan kata-kata tertulis.

Kata kunci: Desain Didaktis, Kemampuan Representasi.

 

Abstract

Mathematical representation ability is one of the objectives of learning mathematics in schools which is used as a tool to find solutions to mathematical problems, but students still have difficulty in performing mathematical representation skills and lack good representation skills. The purpose of this study is to analyze the results of the implementation of the didactic design as a result of the development to minimize learning obstacles that occur related to representational abilities in mathematics learning. This research uses qualitative methods with phenomenological studies and development with Didactical Design Research (DDR). The subjects consisted of 38 students of class X and 3 mathematics teachers. Representational ability test questions and documentation studies are used during the implementation of the didactic design. The results of the study show that based on the learning obstacle that occurs related to the student's representation ability obtained, then a didactic design is made and developed based on the learning obstacle that has been identified as an introduction and then implemented, so that the implementation of mathematics learning by using a didactic design is carried out properly as a result, students' mathematical representation abilities can be achieved. errors are minimized, especially in the process of making mathematical modeling, in addition to the visual process and the creation of written words.

Keywords: Didactic Design, Representation Ability.


Keywords


Desain Didaktis, Kemampuan Representasi

References


Amiripour, P., Amir-Mofidi, S., & Shahvarani, A. (2012). Scaffolding as an Effective Method for Mathematical Learning. Indian Journal of Science and Technology, 5(9), 3328–3331.

Arnidha, Y. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal E-DuMath, 2(1), 128–137.

Brousseau, G., Sarrazy, B., & Novotná, J. (2020). Didactic Contract in Mathematics Education. In Encyclopedia of Mathematics Education (pp. 197–202).

Cadez, T. H. (2018). Exploring Processes in Constructing Mathematical Concepts and Reasoning Through Linking Representations. Center for Educational Policy Studies Journal, 8(2), 5–8.

Dahlan, J. A., & Juandi, D. (2011). Analisis Representasi Matematik Siswa Sekolah Dasar Dalam Penyelesaian Masalah Matematika Kontekstual. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 16(1), 128–137.

Devesh, S., & Nasseri, D. A. L. (2014). Effectiveness of Mathematics Module in Foundation Programme in Majan College. International Journal of Emerging Engineering Research and Technology, 2(1), 1–7.

Goldin, G. A. (2002). Representation in Mathematics Learning and Problem Solving. In Handbook of International Research in Mathematics Education (IRME) (p. 209). Lawrence Erlbaum Associates.

Khasanah, U. (2015). Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Siswa SMP. Skripsi Universitas Muhammadiyah: Malang.

Kholiqowati, H., Sugiarto, I., & Hidayah. (2016). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir Peserta Didik dalam Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(3), 234–242.

Komala, E., Suryadi, D., & Dasari, D. (2020). Learning Obstacle Related to the Ability of High School Student Representation to the Trigonometry Concept. In Proceeding books: The 2nd International Conference and Innovation Exhibition Global Education (ICEGE) (pp. 43–49).

Mulyana, E., Turmudi, & Juandi, D. (2014). Model Pengembangan Desain Didaktis Subject Specific Pedagogy Bidang Matematika Melalui Program Pendidikan Profesi Guru. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(2), 141–149.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. NCTM.

Putra, B. (2018). Peningkatan Kemampuan Representasi dan Abstraksi Matematis serta Self-Awareness SIswa SMP Melalui Cognitive Apprenticeship Instruction. Universitas Pendidikan Indonesia.

Rezeki, S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Novick. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 281–291.

Wilujeng, H. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Aljabar dan Multi Representasi Matematis Serta Pencapaian Self-Determination Siswa SMP Melalui MERRIL’S First Principles of Instruction. Universitas Pendidikan Indonesia.

Yunarti, T. (2014). Desain Didaktis Teori Peluang SMA. Jurnal Pendidikan MIPA, 15(1), 15–20.

Yusnita, I., Maskur, R., & Suherman, S. (2016). Modifikasi Model Pembelajaran Gerlach dan Ely Melalui Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 29–38.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3971

Refbacks

  • There are currently no refbacks.