PENELITIAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI INDONESIA
(1) Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
(2) Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Sejumlah penelitian terkait implementasi pembelajaran matematika pada anak berkebutuhan khusus (ABK) telah banyak dilakukan di Indonesia dan terpublikasi dalam jurnal-jurnal nasional terakreditasi. Namun, belum ada survei artikel mengenai penelitian-penelitian implementasi pembelajaran matematika pada ABK di Indonesia. Sehingga, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengklasifikasikan seluruh penelitian tersebut ke dalam beberapa kategori yang berhubungan dengan penelitian implementasi pembelajaran matematika pada ABK di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) yang digunakan untuk mengindentifikasi, mengkaji, mengevaluasi, dan menafsirkan penelitian-penelitian pada topik implementasi pembelajaran matematika pada ABK di Indonesia. Data yang digunakan berasal dari 17 artikel yang terdapat dalam 13 jurnal pendidikan matematika yang telah terakreditasi oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia pada kategori Sinta 1 dan 2. Hasil penelitian ini mengelompokkan seluruh artikel yang di analisis ke dalam lima kategori, yaitu subjek, jenjang pendidikan, materi, kemampuan siswa, dan metode yang digunakan dalam penelitian-penelitian tersebut. Hasil ini berkontribusi dalam memberikan informasi yang komprehensif terkait tren penelitian implementasi pembelajaran matematika pada ABK di Indonesia, sehingga nantinya dapat menjadi rekomendasi dan ide awal dalam penelitian implementasi pembelajaran matematika bagi ABK selanjutnya.
Abstract
Several studies related to implementing mathematics learning in Children with Special Needs have been widely carried out in Indonesia and published in accredited national journals. However, there has been no article survey on research on mathematics learning for children with special needs in Indonesia. Thus, the purpose of this study is to classify all of these studies into several categories related to research on the implementation of mathematics learning in children with special needs in Indonesia. This study uses the Systematic Literature Review (SLR) method, which is used to identify, review, evaluate, and interpret research on implementing mathematics learning for children with special needs in Indonesia. The data used comes from seventeen articles contained in thirteen mathematics education journals that have been accredited by the Ministry of Research, Technology and Higher Education of the Republic of Indonesia in the Sinta 1 and 2 categories. The results of this study grouped all analyzed articles into five categories, such as subject, level of education, topic, student abilities, and research methods used in these studies. It also contributes comprehensive information about research trends in implementing mathematics learning for children with special needs in Indonesia. Later, they can become recommendations and initial ideas in research on implementing mathematics teaching and learning for children with special needs.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ariyantika, D., Farida, & Rakhmawati, R. (2019). Pengembangan Pocket Book of Mathematic pada Siswa Berkebutuhan Khusus untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 175–183.
Aziz, A. N., Sugiman, & Prabowo, A. (2015). Analisis Proses Pembelajaran Matematika pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Slow Learner di Kelas Inklusif SMP Negeri 7 Salatiga. Kreano, 6(2), 111–120.
Bektiningsih, K. (2009). Program Terapi Anak Autis di SLB Negeri Semarang. Jurnal Kependidikan, 39(2), 95–110.
Calderón, A., & Ruiz, M. (2015). A systematic literature review on serious games evaluation: An application to software project management. Computers & Education, 87, 396-422.
Desiningrum, D. R. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain.
Lusiana, L., & Suryani, M. (2014). Metode SLR untuk mengidentifikasi isu-isu dalam Software Engineering. SATIN (Sains Dan Teknologi Informasi), 3(1), 1–11.
Mujib. (2016). Komunikasi Matematis Siswa Tunarungu dalam Pembelajaran Matematika Didasarkan pada Teori Schoenfeld. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 85–90.
Nopriana, T. (2015). Disposisi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Geometri Van Hiele. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 1(2), 80–94.
Nuari, L. F., Prahmana, R. C. I., & Fatmawati, I. (2019). Learning of Division Operation for Mental Retardations’ Student Through Math Gasing. Journal on Mathematics Education, 10(1), 127–142.
Nurfaidah, Sudirman, & Mellawaty. (2020). Bagaimanakah Cara Siswa Tunagrahita Ringan Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pembagian?: Exploratory Case Study dalam menggunakan Media Kotak Puzzle Geometri. Kreano, 11(2), 143–152
Pradhitya, R. F., Yunianta, T. N. H., & Ratu, N. (2017). Profil Berpikir Geometri Siswa Tunagrahita berdasarkan Tingkatan Van Hiele di SMPLB Negeri Salatiga. Kreano, 8(1), 85–93.
Prahmana, R. C. I., Sagita, L., Hidayat, W., & Utami, N. W. (2020). Two Decades of Realistic Mathematics Education Research in Indonesia: A Survey. Infinity Journal, 9(2), 223-246.
Pratama, R. A. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. Dimensi, 7(1), 19–35.
Putranto, S., & Marsigit. (2018). Is it Effective using Peer Tutoring with Realistic Mathematics Education Approach to Improve Slow Learners’ Mathematics Attitudes?. International Journal on Emerging Mathematics Education, 2(2), 179–186.
Ramdani, Y. (2006). Kajian Pemahaman Matematika Melalui Etika Pemodelan Matematika. Mimbar, 22(1), 1–14.
Rastuti, M., & Prahmana, R. C. I. (2021). The Programme for International Student Assessment Research in Indonesia. Jurnal Elemen, 7(2), 232-253.
Sabaruddin, S., Mansor, R., Rusmar, I., & Husna, F. (2020). Student with special needs and mathematics learning: A case study of an autistic student. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 5(3), 317-330.
Sadidah, A., & Wijaya, A. (2016). Developing Mathematics Learning Set for Special-Needs Junior High School Student Oriented to Learning Interest and Achievement. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 150–161.
Sari, L., Pratama, R. A., & Permatasari, B. I. (2020). Media Pembelajaran Puzzle Angka dan Corong Angka (PANCORAN) Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Kreano, 11(1), 88–100.
Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka terhadap Perubahan Paradigma Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Ekonomi, 2(2), 30-38.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.
Sumalasia, K. Y., Suarsana, I. M., & Astawa, I. W. P. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Multi Representasi Pada Materi Geometri Kelas VII SMPLB Tunarungu. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 36–47.
Suningsih, A. & Arnidha, Y. (2017). Komunikasi Matematis Siswa Tunarungu Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(3), 375–384.
Supriadi, N., Damayanti, R. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Lamban Belajar dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 1–9.
Suryadinata, N., & Farida, N. (2016). Analisis Proses Berpikir Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam Menyelesaikan Masalah Matematika di SMP Inklusi Kota Metro (Studi Kasus pada Siswa Tunagrahita Ringan). Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(1), 94–104.
Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Infinity, 1(1), 1–9
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003.
Wahyuni, N., Hiltrimartin, C. & Zulkardi. (2008). Pengembangan Materi Pokok Mata Uang dengan Pendekatan PMRI untuk Siswa Tunagrahita Ringan Kelas XI di SLBC Karya Ibu Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–12.
Wanabuliandari, S., Ristiyani, & Kurniasih, N. (2020). Desain Pengembangan Modul Matematika Berbasis Santun Berbahasa untuk Siswa Slow Learner di Sekolah Dasar. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 601–616.
Widyastuti, R. (2016). Pola Interaksi Guru dan Siswa Tunanetra SMPLB A Bina Insani Bandar Lampung. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 257–266.
Yunanto, A. A. & Rochimah, S. (2017). Systematic Literature Review Terhadap Evaluasi Perangkat Lunak Tentang Serious Game. Jurnal Informatika, 4(1), 54–65.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3968
Refbacks
- There are currently no refbacks.