PENGEMBANGAN INSTRUMEN UJI KOMPETENSI UNTUK CALON GURU MATEMATIKA

Made Subawo(1*), Akbar Nasrum(2),

(1) Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(2) Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(*) Corresponding Author


Abstract


Institusi pendidikan akan menjadi berkualitas manakala didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas. Sumber daya yang paling berpengaruh dalam satuan pendidikan tidak lain adalah guru. Untuk menghadirkan sosok guru yang berkualitas harus dimulai dari satuan pendidikan yang menghasilkan guru. Dari sana seharusnya sudah bisa tersaring mana yang bisa jadi guru professional mana yang tidak. Untuk itu perlu adanya filter yang dapat memisahkan antara calon guru berkualitas baik dan yang tidak. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat suatu aplikasi  yang berguna untuk menguji kompetensi calon guru matematika. Dengan aplikasi ini diharapkan dapat membantu dosen dalam menilai calon guru apakah pantas untuk diluluskan atau masih perlu ditempa. Untuk menghasilkan suatu aplikasi yang dapat diimplementasikan dibutuhkan empat tahapan yaitu: investigasi awal, tahap desain, tahap konstruksi/realisasi dan terakhir adalah evaluasi dan revisi. Tahap investigasi awal menentukan butir soal seperti apa yang ingin dimasukkan kedalam aplikasi. Pada tahap desain merancang tampilan soal dalam aplikasi seperti apa yang baik untuk para calon guru. Dalam tahap konstruksi/realisasi yaitu membuat aplikasi berdasarkan tahapan pertama dan kedua. Tahapan terakhir mengevaluasi dan merevisi kekurangan yang terdapat pada aplikasi yang telah dibuat. Hasil akhir diperoleh sebuah aplikasi ujian berbasis web yang telah teruji dan dinyatakan layak digunakan untuk menguji komptetensi calon guru matematika di Universitas Sembilanbelas November Kolaka.


Educational institutions will be of high quality if they are supported by quality human resources. The most influential resource in an educational unit is none other than the teacher. To present a qualified teacher, it must start from the education unit that produces teachers. From there, you should be able to filter out which ones can be professional teachers and which are not. For this reason, it is necessary to have a filter that can separate good quality teacher candidates and those who are not. The purpose of this study is to make an application that is useful for testing the competence of prospective mathematics teachers. With this application, it is hoped that it can help lecturers in assessing prospective teachers whether they are appropriate for graduation or still need to be forged. To produce an application that can be implemented, four stages are needed, namely: the initial investigation, the design stage, the construction/realization stage, and last is evaluation and revision. The initial investigation stage determines what items you want to include in the application. At the design stage, designing the appearance of questions in what kind of application is good for prospective teachers. In the construction/realization stage, namely making applications based on the first and second stages. The last stage is to evaluate and revise the shortcomings contained in the application that has been made. The results of the material evaluation and media evaluation from the two validation teams showed numbers in the good category. The final result is a web-based exam application that has been tested and declared suitable to be used to test the competence of prospective mathematics teachers at the University of Sembilanbelas November Kolaka.


Keywords


Evaluasi online, Instrumen evaluasi, Ispring Suite, pengembangan

References


Anggraini, S. dan D. (2013). Pengembangan Bank Soal Dan Pembahasan Ujian Nasional Berbasis Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Macromedia Authorware 7.0. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3, 394–408. https://doi.org/10.21831/cp.v0i3.1138

Cahyanti, A. D., Farida, F., & Rakhmawati, R. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Berupa Tes Online/Offline Matematika dengan Ispring Suite 8. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 363–371. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4362

Candra Rolisca, R. U., & Achadiyah, B. N. (2014). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Dalam Bentuk Online Berbasis E-Learning Menggunakan Software Wondershare Quiz Creator Dalam Mata Pelajaran Akuntansi Sma Brawijaya Smart School (Bss). Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 12(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v12i2.2706

Dafitri, H. (2017). Pemanfaatan Wondershare Quiz Creator Dalam Tes Berbasis Komputer. QUERY : Jurnal Sistem Informasi, 01(01), 8–18.

Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda dan fungsi Distraktor. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(2), 37–64.

Iqbal, W. M. G., Fadhilah, R., & Hardiati, D. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Wondershare Quiz Creator Pada Materi Koloid Kelas XI di SMA Koperasi Pontianak. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 6(1), 11–15.

Kusumaningrum, Y., Handayani, T., & Wakhidah, N. (2019). Pengembangan Aplikasi Mobile Untuk Try Out Ujian Nasional Matematika Pada Siswa Smk Kelas Xii. Jurnal Pengembangan Rekayasa Dan Teknologi, 15(1), 33. https://doi.org/10.26623/jprt.v15i1.1487

Muhammad, A., Mappeasse, M. Y., & Arfandi, A. (2018). Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Berbasis E-Xam Caraka Di SMK Negeri 1 Bantaeng. Jurnal Pendidikan, 1(2), 26–29.

Muntoha, M., Akhlis, I., & Subali, B. (2010). Pengembangan Sistem Evaluasi Pembelajaran Berbasis Web (Web Based Learning Assessment System). Pertemuan Ilmiah XXIV, April, 195–199.

Nasrum, A. (2020). Pengembangan Instrumen Evaluasi Pemahaman Konsep Kalkulus Berbasis Komputer. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 79–92. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31100/histogram.v4i1.540

Nofitasari, & Ahsani, E. L. F. (2020). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Google Form Selama Masa Pandemi Pada Peserta Didik SD/MI. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 107–118.

Seftiani, I. (2019). Alat Evaluasi Pembelajaran Interaktif Kahoot pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4 . 0. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba) 2019, 284–291.

Supriatini, Refson, & Mustofa. (2020). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Kahoot pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa kelas VII. Bindo Sastra, 4(1), 48–62. https://jurnal.um-palembang.ac.id/bisastra/article/view/2206

Susilowati, E. B., & Ashari, A. (2013). Pengembangan Sistem Evaluasi Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis Web Studi Kasus : di SMA Negeri 1 Surakarta. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 7(2), 199–208. https://doi.org/10.22146/ijccs.3360

Sutopo, H. (2011). PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN FLASH, PHP, DAN MySQL. Jurnal Informatika, 11(1), 79–85. https://doi.org/10.9744/informatika.11.1.1-7

Utin, E., Duda, H. J., & Julung, H. (2021). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Komputer Berbasis Wondershare Quiz Creator. Journal Education and Technology, 1, 1–10.

Widyoko, E. P. (2012). Teknik Penyususnan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3951

Refbacks

  • There are currently no refbacks.