ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS

Zharifatul Aqilah(1), Kartini Kartini(2*),

(1) 
(2) Universitas Riau
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Komunikasi matematika merupakan kemampuan yang harus dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Tanpa komunikasi dalam matematika, maka hanya akan ada sedikit keterangan, data, dan fakta dalam melakukan proses dan aplikasi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa pada setiap indikator kemampuan komunikasi matematika dengan subjek siswa kelas VIII MTs Negeri Karimun sebanyak 16 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal prisma dan limas Data dari hasil tes yang dilakukan yaitu berupa hasil belajar siswa yang pengumpulan datanya menggunakan instrumen berupa tes uraian. Berdasarkan hasil analisis data berupa hasil tes yang diberikan kepada siswa dapat ditarik kesimpulan bahwa letak kesalahan siswa pada kemampuan komunikasi matematika dalam menyelesaikan soal-soal prisma dan limas yaitu (1) kesalahan dalam memahami representasi gambar; (2) kesalahan dalam memahami makna dari gambar; dan (3) kesalahan prosedur tidak tepat.

 

Kata Kunci: Analisis; Kesalahan; Komunikasi Matematika.

 

Abstract

Mathematical communication is an ability that must be developed in learning mathematics. Without communication in mathematics, there will be little information, data, and facts in carrying out mathematical processes and applications. This study aims to describe students' errors in each indicator of mathematical communication skills with 16 students as the subject of class VIII MTs Negeri Karimun. This study uses a qualitative descriptive approach that describes students' errors in solving prism questions and five. Data from the test results in the form of student learning outcomes were collected using an instrument in the form of a description test. Based on data analysis in the form of test results given to students, it can be concluded that students' errors in mathematical communication skills in solving prism and five problems are (1) errors in understanding image representation; (2) errors in understanding the meaning of the picture; and (3) improper procedural error.

 

Keywords: Analysis; Error; Mathematical communication.


Keywords


Analisis; Kesalahan; Komunikasi Matematika

References


Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Himpunan. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15–22.

Arifin, Z., Trapsilasiwi, D., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Siswa Kelas VIII-C SMP Nuris Jember. Jurnal Edukasi, 3(2), 9. https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i2.3522

Fadilah, & Amalia, R. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Samudra pada Mata Kuliah Aljabar Linier. Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan, 1(1), 555–558.

Lusiana, R., Susanti, V. D., & Andari, T. (2019). Pengaruh Project Based Learning Berbasis Media Interaktif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 354–361. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2203

Mawaddah, S., & Mahmudi, A. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MELALUI PENGGUNAAN PROJECT-BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 167–182. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3179

Mustika, C. Z. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi PSLV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), 1719–1726.

Niasih, Romlah, S., & Zhanty, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP di Kota Cimahi Pada Materi Statistika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 266–277. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.107

Noor Ariani, D. (2017). Strategi Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SD/MI. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 96–107.

Prentha, A., As’ari, A. R., Hidayanto, E., & Nusantara, T. (2021). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis tertulis melalui pendekatan Saintifik pada materi trigonometri bagi Siswa Kelas X MAN 1 Flores Timur. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 69–79.

Rahman, I. H., Yassar, M. M., Fauziah, N. S., Rohmi, N., & Sugilar, H. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Komunikasi Matematis Materi Bangun Ruang. Jurnal Perspektif, 3(1), 47–56. https://doi.org/10.15575/jp.v3i1.36

Rizta, A., & Antari, L. (2018). Pengembangan Tes Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Sistem Persamaan Linear Untuk Mahasiswa Calon Guru Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 291. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1525

Saptika, Y. A., Rosdiana, F., & Sariningsih, R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Bangun Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 873. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p873-880

Septiani, D. T., Septian, A., & Setiawan, E. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Pada Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Yang Menggunakan Pendekatan Saintifik. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 6(2), 65. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v6i2.2832

Susanti, E., & Ashari, M. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Materi Fungsi Dengan Menggunakan Metode GASING (Gampang, Asyik, dan Menyenangkan). Seminar Nasional Matematika Dan Terapan, 1, 489–492.

Syahrir, Kusnadin, & Nurhayati. (2013). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep dan Prinsip Materi Pokok Dimensi Tiga Siswa Kelas XI SMK Keperawatan Yahya Bima. Jurnal Prisma Sains, 1(1), 88–102.

Utami, N., Sukestiyarno, Y. L., & Hidayah, I. (2020). Kemampuan Literasi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas IX A. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 626–633.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.