PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID BERBANTUAN SMART APPS CREATOR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Isnaini Mahuda(1), Ranny Meilisa(2), Anton Nasrullah(3*),

(1) Universitas Bina Bangsa
(2) Universitas Bina Bangsa
(3) Universitas Bina Bangsa
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: a) menguji validitas media pembelajaran matematika berbasis Android berbantuan Smart Apps Creator  menurut para ahli materi dan media; b) menguji tingkat kepraktisan media pembelajaran matematika berbasis Android berbantuan Smart Apps Creator menurut mahasiswa pengguna; dan c) menguji tingkat efektivitas media pembelajaran matematika berbasis Android berbantuan Smart Apps Creator terhadap peningkatan kemampuan penguasaaan pemecahan masalah matematis mahasiswa pengguna. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester dua yang mengambil matakuliah matematika ekonomi di salah satu perguruan tinggi di Banten. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau yang dikenal dengan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 (lima) tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil uji kevalidan dari para ahli materi dan media diperoleh bahwa media pembelajaran matematika berbasis android berbantuan Smart Apps Creator termasuk pada kriteria kelayakan sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Uji kepraktisan oleh mahasiswa pengguna media pembelajaran diperoleh bahwa media pembelajaran matematika berbasis android berbantuan Smart Apps Creator termasuk dalam kriteria sangat praktis. Adapun uji efektivas produk yang dikembangkan diperoleh bahwa media pembelajaran matematika berbasis android berbantuan Smart Apps Creator efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis.

 

Kata kunci: berbasis android, kemampuan pemecahan masalah matematis, media pembelajaran, Smart Apps Creator

 

Abstract

This study aims to: a) test the validity of the Android-based mathematics learning media assisted by Smart Apps Creator according to material and media experts; b) testing the practicality of the Android-based math learning media assisted by Smart Apps Creator according to student users; c) testing the effectiveness of the Android-based mathematics learning media assisted by Smart Apps Creator towards increasing the students' mathematical problem-solving ability. The research subjects were second-semester students who took economics mathematics courses at one of the universities in Banten. The instruments used are questionnaires and tests. This study uses a type of research and development known as Research and Development (R&D) with the ADDIE development model consisting of 5 (five) stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The validity test results from material and media experts showed that the Android-based mathematics learning media assisted by Smart Apps Creator included very valid criteria and could be used without revision. The practicality test by students using learning media obtained that the Android-based mathematics learning media assisted by Smart Apps Creator was included in the very practical criteria. As for the product effect test, it was obtained that the Android-based mathematics learning media assisted by Smart Apps Creator was effective in improving students' problem-solving skills.

 

Keywords: Android based, learning media, mathematical problem-solving ability, Smart Apps Creator.


Keywords


berbasis android, kemampuan pemecahan masalah matematis, media pembelajaran, Smart Apps Creator

References


Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Azizah, A. R. (2020). Penggunaan Smart Apps Creator (SAC) untuk mengajarkan global warming. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF) (Vol. 4, pp. 72-80).

Budyastomo, A. W. (2020). Gim edukasional untuk pengenalan tata surya. Teknologi: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 10(2), 55-66.

Chang, C. C., Liang, C., Chou, P. N., & Lin, G. Y. (2017). Is game-based learning better in flow experience and various types of cognitive load than non-game-based learning? Perspective from multimedia and media richness. Computers in Human Behavior, 71, 218-227.

Dasmo, D., Astuti, I. A. D., & Nurullaeli, N. (2017). Pengembangan pocket mobile learning berbasis android. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 4(2), 71-77.

Fatma, A. D., & Partana, C. F. (2019). Pembelajaran berbantu aplikasi android untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2), 229-236.

Ginantra, N. L. W. S. R., Simarmata, J., Purba, R. A., Tojiri, M. Y., Duwila, A. A., Siregar, M. N. H., ... & Siswanti, I. (2020). Teknologi Finansial: Sistem Finansial Berbasis Teknologi di Era Digital. Yayasan Kita Menulis.

Khoirudin, R., Ashadi, A., & Masykuri, M. (2021). Smart Apps Creator 3 to improve student learning outcomes during the pandemic of COVID-19. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 7(1), 25-34.

Mahuda, I., Suhamah, A., Nasrullah, A., & Junedi, B. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Ekonomi Berbasis V-Log Berorientasi pada Kemampuan Penguasaan Konsep dan Komunikasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 516-529.

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 22-26.

Nurhairunnisah, N., & Sujarwo, S. (2018). Bahan ajar interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep Matematika pada siswa SMA kelas X. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 192-203.

Putra, E. A., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. (2020). Pengembangan Smartphone Learning Management System (S-LMS) sebagai media pembelajaran matematika di SMA. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 36-45.

Qurohman, M. T. (2019). Pengembangan Aplikasi Perangkat Pembelajaran Matematika berbasis Android. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 6(2), 475-513.

Robianto, A., & Wahono, M. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Aplikasi Android untuk Mata Kuliah Ilmu Bahan Teknik pada Prodi D3 Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Jurnal Teknik Mesin dan Pembelajaran, 2(2), 124-133.

Suhartati, O. (2021). Flipped Classroom Learning Based on Android Smart Apps Creator (SAC) in Elementary Schools. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1823, No. 1, p. 012070). IOP Publishing.

Widiastika, M. A., Hendracipta, N., & Syachruroji, A. (2021). Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis android pada konsep sistem peredaran darah di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 47-64.

Yuberti, Y., Wardhani, D. K., & Latifah, S. (2021). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Smart Apps Creator sebagai Media Pembelajaran Fisika. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 90-95.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.