PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Ihwatul Islahiyah(1*), Heni Pujiastuti(2), Anwar Mutaqin(3),

(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(3) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development) yang mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi ahli, lembar penilaian kepraktisan siswa, dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) e-modul yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran matematika berdasarkan persentase keseluruhan ahli media 79%, ahli materi 78%, ahli bahasa 77%, dan respon siswa 87% dengan kriteria valid, b) berdasarkan pada tes evaluasi hasil, e-modul efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan persentase 80% siswa mencapai ketuntasan klasikal. Hasil pengembangan adalah e-modul dengan model pembelajaran berbasis masalah yang valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika kelas XI SMA.

Keywords


E-Modul, Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Pemecahan Masalah

References


Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ceker, E., & Ozdamli, F. (2016). Features and characteristics of problem based learning. Cypriot Journal of Educational Sciences, 11(4), 195–202. https://doi.org/10.18844/cjes.v11i4.1296

Dwijayani, N. M. (2018). Pembelajaran Lingkaran Berbantuan Permasalahan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 34. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i1.1249

Endro, S., & Rizki, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Barisan Dan Deret Matematika Berbasis Multimedia Interaktif. AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7(3), 465–472.

Hadi, H., & Agustina, S. (2016). Pengembangan Buku Ajar Geografi Desa-Kota Menggunakan Model Addie. Jurnal Educatio, 11(1), 90–105.

Hamidah, S. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkakan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Muaro Jambi. Universitas Islam Negeri Sultan Thaha saifuddin.

Hidayatulloh, M. S. (2017). Pengembangan E- Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Pada Materi Bilangan Bulat. Aksioma, 7(2), 24. https://doi.org/10.26877/aks.v7i2.1416

Kay, R., & Kletskin, I. (2012). Evaluating the use of problem-based video podcasts to teach mathematics in higher education. Computers and Education, 59(2), 619–627. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.03.007

Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D. Kurnia, 1(1), 516–525.

Lamb, R. L., & Annetta, L. (2013). The Use of Online Modules and the Effect on Student Outcomes in a High School Chemistry Class. Journal of Science Education and Technology, 22(5), 603–613. https://doi.org/10.1007/s10956-012-9417-5

Larkin, K., & Calder, N. (2016). Mathematics education and mobile technologies. Mathematics Education Research Journal, 28(1), 1–7. https://doi.org/10.1007/s13394-015-0167-6

Maryam, Masykur, R., & Andriani, S. (2019). Pengembangan E-modul Matematika Berbasis Open Ended pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Valiabel Kelas VIII. Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 1–12.

McIntyre, T., Wegener, M., & McGrath, D. (2018). Dynamic e-learning modules for student lecture preparation. Teaching and Learning Inquiry, 6(1), 126–145. https://doi.org/10.20343/teachlearninqu.6.1.11

Neo, M., Park, H., Lee, M. J., Soh, J. Y., & Oh, J. Y. (2015). Technology acceptance of healthcare e-learning modules: A study of Korean and malaysian students’ perceptions. Turkish Online Journal of Educational Technology, 14(2), 181–194.

Prayudha, D. R. (2017). Pengembangan E-Modul Dengan Model Problem Based Learning Pada Materi Bilangan Bulat Kelas Vii. Aksioma, 7(1), 48. https://doi.org/10.26877/aks.v7i1.1409

Ramdan, Z. M., Veralita, L., Rohaeti, E. E., & Purwasih, R. (2018). Analisis Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smk Pada Materi Barisan Dan Deret. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 171. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1335

Santosa, A. S. E., Santyadiputra, G. S., & Divayana, D. G. H. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Administrasi Jaringan Kelas XII Teknik Komputer Dan Jaringan Di Smk Ti Bali Global Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 6(1), 62. https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9269

Serevina, V., & Sunaryo, Raihanati, I Made Astra, I. J. S. (2018). Development of E-Module Based on Problem Based Learning (PBL) on Heat and Temperature to Improve Student’s Science Process Skill. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology –, 17(3), 26–36.

Setyadi, A., & Saefudin, A. A. (2019). Pengembangan modul matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk siswa kelas VII SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 12–22. https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.16771

Smith, P. L., & Ragan, T. J. (2015). Instructional Design. International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition, pp. 1–29. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.92032-4

Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 264–275. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2171

Subekti, F. E., & Akhsani, L. (2020). Pengembangan Modul Statistika Deskriptif Berbasis Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 530. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2869

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal Pendidikan, 11(1), 16.

Trilaksono, D., Darmadi, D., & Murtafi’ah, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Adobe Flash Professional Berbasis Literasi Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 180. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1428

Uz, L. M. Z., Haryono, & Wardani, S. (2019). The Development of Chemical E-Module Based on Problem of Learning to Improve The Concept of Student Understanding. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 8(2), 59–66.

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279

Yuherni, Maimun, & Yunita, P. (2020). Bahan Ajar Matematika Berbasis Kontekstual Pada Materi Fungsi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1293–1306. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.2976

Zhafirah, T., Erna, M., & Rery, R. U. (2020). Development of E-Module Based on Problem Based Learning (Pbl) in Hydrocarbon Material. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 12(2), 216–229. https://doi.org/10.35445/alishlah.v12i2.263




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3908

Refbacks

  • There are currently no refbacks.