PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(3) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Ceker, E., & Ozdamli, F. (2016). Features and characteristics of problem based learning. Cypriot Journal of Educational Sciences, 11(4), 195–202. https://doi.org/10.18844/cjes.v11i4.1296
Dwijayani, N. M. (2018). Pembelajaran Lingkaran Berbantuan Permasalahan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 34. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i1.1249
Endro, S., & Rizki, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Barisan Dan Deret Matematika Berbasis Multimedia Interaktif. AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7(3), 465–472.
Hadi, H., & Agustina, S. (2016). Pengembangan Buku Ajar Geografi Desa-Kota Menggunakan Model Addie. Jurnal Educatio, 11(1), 90–105.
Hamidah, S. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkakan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Muaro Jambi. Universitas Islam Negeri Sultan Thaha saifuddin.
Hidayatulloh, M. S. (2017). Pengembangan E- Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Pada Materi Bilangan Bulat. Aksioma, 7(2), 24. https://doi.org/10.26877/aks.v7i2.1416
Kay, R., & Kletskin, I. (2012). Evaluating the use of problem-based video podcasts to teach mathematics in higher education. Computers and Education, 59(2), 619–627. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.03.007
Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D. Kurnia, 1(1), 516–525.
Lamb, R. L., & Annetta, L. (2013). The Use of Online Modules and the Effect on Student Outcomes in a High School Chemistry Class. Journal of Science Education and Technology, 22(5), 603–613. https://doi.org/10.1007/s10956-012-9417-5
Larkin, K., & Calder, N. (2016). Mathematics education and mobile technologies. Mathematics Education Research Journal, 28(1), 1–7. https://doi.org/10.1007/s13394-015-0167-6
Maryam, Masykur, R., & Andriani, S. (2019). Pengembangan E-modul Matematika Berbasis Open Ended pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Valiabel Kelas VIII. Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 1–12.
McIntyre, T., Wegener, M., & McGrath, D. (2018). Dynamic e-learning modules for student lecture preparation. Teaching and Learning Inquiry, 6(1), 126–145. https://doi.org/10.20343/teachlearninqu.6.1.11
Neo, M., Park, H., Lee, M. J., Soh, J. Y., & Oh, J. Y. (2015). Technology acceptance of healthcare e-learning modules: A study of Korean and malaysian students’ perceptions. Turkish Online Journal of Educational Technology, 14(2), 181–194.
Prayudha, D. R. (2017). Pengembangan E-Modul Dengan Model Problem Based Learning Pada Materi Bilangan Bulat Kelas Vii. Aksioma, 7(1), 48. https://doi.org/10.26877/aks.v7i1.1409
Ramdan, Z. M., Veralita, L., Rohaeti, E. E., & Purwasih, R. (2018). Analisis Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smk Pada Materi Barisan Dan Deret. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 171. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1335
Santosa, A. S. E., Santyadiputra, G. S., & Divayana, D. G. H. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Administrasi Jaringan Kelas XII Teknik Komputer Dan Jaringan Di Smk Ti Bali Global Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 6(1), 62. https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9269
Serevina, V., & Sunaryo, Raihanati, I Made Astra, I. J. S. (2018). Development of E-Module Based on Problem Based Learning (PBL) on Heat and Temperature to Improve Student’s Science Process Skill. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology –, 17(3), 26–36.
Setyadi, A., & Saefudin, A. A. (2019). Pengembangan modul matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk siswa kelas VII SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 12–22. https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.16771
Smith, P. L., & Ragan, T. J. (2015). Instructional Design. International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition, pp. 1–29. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.92032-4
Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 264–275. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2171
Subekti, F. E., & Akhsani, L. (2020). Pengembangan Modul Statistika Deskriptif Berbasis Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 530. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2869
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung: Alfabeta.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal Pendidikan, 11(1), 16.
Trilaksono, D., Darmadi, D., & Murtafi’ah, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Adobe Flash Professional Berbasis Literasi Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 180. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1428
Uz, L. M. Z., Haryono, & Wardani, S. (2019). The Development of Chemical E-Module Based on Problem of Learning to Improve The Concept of Student Understanding. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 8(2), 59–66.
Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279
Yuherni, Maimun, & Yunita, P. (2020). Bahan Ajar Matematika Berbasis Kontekstual Pada Materi Fungsi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1293–1306. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.2976
Zhafirah, T., Erna, M., & Rery, R. U. (2020). Development of E-Module Based on Problem Based Learning (Pbl) in Hydrocarbon Material. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 12(2), 216–229. https://doi.org/10.35445/alishlah.v12i2.263
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3908
Refbacks
- There are currently no refbacks.