PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MIND MAPPING BERORIENTASI PADA HIGHER ORDER THINKING SKILLS

Reny Wahyuni(1*), Efuansyah Efuansyah(2),

(1) STKIP PGRI LUBUKLINGGAU
(2) STKIP PGRI Lubuklinggau
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS Berbasis Mind Mapping yang berorientasi pada berpikir Tingkat Tinggi siswa kelas VIII yang valid dan praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research & Development (R&D). Perancangan pengembangan LKS ini menggunakan model pengembangan 4-D yaitu Tahap Define yang terdiri dari analisis masalah, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan analisis tujuan pembelajaran. Tahap Desain yang meliputi persiapan instrumen, pemilihan format, dan desain awal produk. Pengembangan terdiri dari validasi LKS, One to One, Small Group, dan Field Test. Menyebarkan. Dari hasil penelitian dan analisis data,diketahui bahwa LKS Berbasis Mind Mapping berorientasi pada Higher Order Thinking Skills berada pada kategori Valid dengan skor rata-rata 3,92. Dimana untuk aspek tampilan skor rata-rata 4,75 dan berada pada kategori praktis, pada aspek penyajian materi skor rata-rata 4,14 dan berada pada kategori praktis, sedangkan untuk aspek manfaat skor rata-rata 4,21 dan termasuk dalam kategori praktis Secara keseluruhan, Terkunci bahwa LKPD berbasis Mind Mapping yang berorientasi pada Higher Order Thinking Skills yang dikembangkan sangat praktis dengan skor rata-rata 4,37. Sehingga produk akhir yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika.pada aspek penyajian materi nilai rata-rata 4,14 dan termasuk dalam kategori praktis, sedangkan untuk aspek manfaat nilai rata-rata 4,21 dan berada pada kategori praktis. Secara keseluruhan, disimpulkan bahwa LKPD berbasis Mind Mapping berorientasi pada Higher Order Thinking Skills yang dikembangkan sangat praktis dengan skor rata-rata 4,37. Sehingga produk akhir yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika. pada aspek penyajian materi nilai rata-rata 4,14 dan termasuk dalam kategori praktis, sedangkan untuk aspek manfaat nilai rata-rata 4,21 dan berada pada kategori praktis. Secara keseluruhan, Terkunci bahwa LKPD berbasis Mind Mapping yang berorientasi pada Higher Order Thinking Skills yang dikembangkan sangat praktis dengan skor rata-rata 4,37. Sehingga produk akhir yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika.


Keywords


Higher Order Thinking Skills, Mind Mapping, Worksheet, 4-D

References


Afrilianto, M., Rosyana, T., & Senjawati, E. (2018). Strategi

Formulate-Share-Listen-Create untuk Meningkatkan Kemampuan

Masalah Matematika Siswa SMK dan Disposisi Matematika pada

Konsep Probabilitas. Infinity : Journal of Mathematics Education,

(1), 1-6.

Agitsna, L. D., Wahyuni, R., & Friansah, D. (2019). Pengembangan

Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning pada

Materi Bangun Ruang Sisi Datar. AKSIOMA : Jurnal Program Studi

Pendidikan Matematika, 8(3), 429-437.

Arfiliana, Rajagukguk, W., & Surya, E. (2018). Pengembangan Komik

dan Lembar Kerja Siswa dengan Pendekatan Matematika Realistik

untuk Meningkatkan Hasil Belajar di SD. Jurnal Tematik, 8(3),

-237.

Ario, M. (2015). Penalaran Matematis dan Mathematical Habbits of

Mind Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dan Penemuan

Terbimbing. Edusentris : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(1),

-46.

Chandra, F. E. (2019). Penerapan Sistem Pendidikan Pramuka dalam

Pembelajaran Matematika Guna Meningkatkan Disposisi

Matematika Siswa. Axioma : Jurnal Program Studi Pendidikan

Matematika Universitas Islam Jember, 4(1), 16-26.

Faelasofi, R. (2016). Penerapan Metode Mind Mapping pada

Pembelajaran Matematika. Jurnal e-DuMath, 2(2), 185-192.

Faelasofi, R., Arnidha, Y., & Istiani, A. (2015). Metode Pembelajaran

Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Matematika Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal

e-DuMath, 1(2), 122-136.

Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika

dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan

Universitas Garut, 13(1), 17-25.

Haryanti, Y. D. (2017). Model PBL Membangun Kemampuan Berpikir

Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 57-63.

Hidayati, A. U. (2017). Melatih Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi

dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal

Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 143-156.

Ibrahim, & Suparni. (2012). Pembelajaran Matematika Teori dan

Aplikasinya. Yogyakarta: SUKA Press.

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Proses

Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa.

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (pp. 17-26). Serang:

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah. Al-

Khawarizmi : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika,

(1), 21-32.

Masjudin. (2016). Kooperatif Investigasi untuk Meningkatkan

Pemahaman Siswa Materi Barisan dan Deret. JEMS : Jurnal

Edukasi Matematika dan Sains, 4(2), 76-84.

Nanang. (2012). Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam

Pemecahan Masalah Matematik Melalui Pendekatan Metakognitif.

Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-6.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misyikat, 3(1), 171-187.

Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2020). Pengembangan Lembar Kerja

Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skills

(HOTS). AKSIOMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika,

(4), 894-908.

Riadi, A. (2016). Problem Based Learning Meningkatkan Higher

Order Thinking Skill Siswa Kelas VIII SMPN 1 dan SMPN 2 Daha

Utara. Math Didactic : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 154-

Sanusi, Suprapto, E., & Apriandi, D. (2015). Pengembangan

Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran pada Pokok

Bahasan Dimensi Tiga di Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal

Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 398-416.

Sastrawati, E., & Novallyan, D. (2017). Pengembangan Media

Pembelajaran Interaktif Berbasis Android untuk Pemahaman

Konsep Trigonometri. IEJR (Jurnal Riset Pendidikan Indonesia),

(2), 72-76.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.