PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MIND MAPPING BERORIENTASI PADA HIGHER ORDER THINKING SKILLS
(1) STKIP PGRI LUBUKLINGGAU
(2) STKIP PGRI Lubuklinggau
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS Berbasis Mind Mapping yang berorientasi pada berpikir Tingkat Tinggi siswa kelas VIII yang valid dan praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research & Development (R&D). Perancangan pengembangan LKS ini menggunakan model pengembangan 4-D yaitu Tahap Define yang terdiri dari analisis masalah, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan analisis tujuan pembelajaran. Tahap Desain yang meliputi persiapan instrumen, pemilihan format, dan desain awal produk. Pengembangan terdiri dari validasi LKS, One to One, Small Group, dan Field Test. Menyebarkan. Dari hasil penelitian dan analisis data,diketahui bahwa LKS Berbasis Mind Mapping berorientasi pada Higher Order Thinking Skills berada pada kategori Valid dengan skor rata-rata 3,92. Dimana untuk aspek tampilan skor rata-rata 4,75 dan berada pada kategori praktis, pada aspek penyajian materi skor rata-rata 4,14 dan berada pada kategori praktis, sedangkan untuk aspek manfaat skor rata-rata 4,21 dan termasuk dalam kategori praktis Secara keseluruhan, Terkunci bahwa LKPD berbasis Mind Mapping yang berorientasi pada Higher Order Thinking Skills yang dikembangkan sangat praktis dengan skor rata-rata 4,37. Sehingga produk akhir yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika.pada aspek penyajian materi nilai rata-rata 4,14 dan termasuk dalam kategori praktis, sedangkan untuk aspek manfaat nilai rata-rata 4,21 dan berada pada kategori praktis. Secara keseluruhan, disimpulkan bahwa LKPD berbasis Mind Mapping berorientasi pada Higher Order Thinking Skills yang dikembangkan sangat praktis dengan skor rata-rata 4,37. Sehingga produk akhir yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika. pada aspek penyajian materi nilai rata-rata 4,14 dan termasuk dalam kategori praktis, sedangkan untuk aspek manfaat nilai rata-rata 4,21 dan berada pada kategori praktis. Secara keseluruhan, Terkunci bahwa LKPD berbasis Mind Mapping yang berorientasi pada Higher Order Thinking Skills yang dikembangkan sangat praktis dengan skor rata-rata 4,37. Sehingga produk akhir yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afrilianto, M., Rosyana, T., & Senjawati, E. (2018). Strategi
Formulate-Share-Listen-Create untuk Meningkatkan Kemampuan
Masalah Matematika Siswa SMK dan Disposisi Matematika pada
Konsep Probabilitas. Infinity : Journal of Mathematics Education,
(1), 1-6.
Agitsna, L. D., Wahyuni, R., & Friansah, D. (2019). Pengembangan
Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning pada
Materi Bangun Ruang Sisi Datar. AKSIOMA : Jurnal Program Studi
Pendidikan Matematika, 8(3), 429-437.
Arfiliana, Rajagukguk, W., & Surya, E. (2018). Pengembangan Komik
dan Lembar Kerja Siswa dengan Pendekatan Matematika Realistik
untuk Meningkatkan Hasil Belajar di SD. Jurnal Tematik, 8(3),
-237.
Ario, M. (2015). Penalaran Matematis dan Mathematical Habbits of
Mind Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dan Penemuan
Terbimbing. Edusentris : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(1),
-46.
Chandra, F. E. (2019). Penerapan Sistem Pendidikan Pramuka dalam
Pembelajaran Matematika Guna Meningkatkan Disposisi
Matematika Siswa. Axioma : Jurnal Program Studi Pendidikan
Matematika Universitas Islam Jember, 4(1), 16-26.
Faelasofi, R. (2016). Penerapan Metode Mind Mapping pada
Pembelajaran Matematika. Jurnal e-DuMath, 2(2), 185-192.
Faelasofi, R., Arnidha, Y., & Istiani, A. (2015). Metode Pembelajaran
Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi
Matematika Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal
e-DuMath, 1(2), 122-136.
Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika
dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan
Universitas Garut, 13(1), 17-25.
Haryanti, Y. D. (2017). Model PBL Membangun Kemampuan Berpikir
Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 57-63.
Hidayati, A. U. (2017). Melatih Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi
dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal
Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 143-156.
Ibrahim, & Suparni. (2012). Pembelajaran Matematika Teori dan
Aplikasinya. Yogyakarta: SUKA Press.
Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Proses
Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa.
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (pp. 17-26). Serang:
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah. Al-
Khawarizmi : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika,
(1), 21-32.
Masjudin. (2016). Kooperatif Investigasi untuk Meningkatkan
Pemahaman Siswa Materi Barisan dan Deret. JEMS : Jurnal
Edukasi Matematika dan Sains, 4(2), 76-84.
Nanang. (2012). Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam
Pemecahan Masalah Matematik Melalui Pendekatan Metakognitif.
Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-6.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misyikat, 3(1), 171-187.
Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2020). Pengembangan Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skills
(HOTS). AKSIOMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika,
(4), 894-908.
Riadi, A. (2016). Problem Based Learning Meningkatkan Higher
Order Thinking Skill Siswa Kelas VIII SMPN 1 dan SMPN 2 Daha
Utara. Math Didactic : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 154-
Sanusi, Suprapto, E., & Apriandi, D. (2015). Pengembangan
Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran pada Pokok
Bahasan Dimensi Tiga di Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal
Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 398-416.
Sastrawati, E., & Novallyan, D. (2017). Pengembangan Media
Pembelajaran Interaktif Berbasis Android untuk Pemahaman
Konsep Trigonometri. IEJR (Jurnal Riset Pendidikan Indonesia),
(2), 72-76.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3899
Refbacks
- There are currently no refbacks.