LITERASI DIGITAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN MEDIA SPACE GEOMETRY FLIPBOOK (SGF)
(1) University of Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(3) Universitas Muhammadiyah Malang
(4) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andini, S., Fitriana, L., & Budiyono, B. (2018). Geometry in flipbook multimedia, a role of technology to improve mathematics learning quality: The case in madiun, east Java. Journal of Physics: Conference Series, 1008(1).
Anggraeni, H., Fauziyah, Y., & Fahyuni, E. F. (2019). Penguatan Blended Learning Berbasis Literasi Digital Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 190–203.
Asri, E. Y., & Noer, S. H. (2015). Guided Discovery Learning dalam [1] E. Y. Asri and S. H. Noer, “Guided Discovery Learning dalam Pembelajaran Matematika,” in Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 2015, pp. 891–896.Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 891–896.
Casey, L., & Hallissy, M. (2016). Live Learning: Online Teaching, Digital Literacy and the Practice of Inquiry. Irish Journal of Technology Enhanced Learning, 1(1), 1–7.
Febriyanti, C., & Irawan, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Pembelajaran Matematika Realistik. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 31–41.
Fernandes, R. (2019). Relevansi Kurikulum 2013 dengan Kebutuhan Peserta Didik di Era Revolusi 4.0. Journal of Sociology Research and Education, 6(2), 70–80.
Hardiansyah, D. (2016). Pengembangan Media Flash Flipbook dalam Pembelajaran Perakitan Komputer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 7 Surabaya. It-Edu, 1(02), 5–11.
Hasanah, S. N., Effendi, M. M., & Putri, O. R. U. (2020). Pengembangan Space Geometry Flipbook Audio Visual Berbasis Literacy Digital Untuk Siswa Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 506.
Indariani, A., Ayni, N., Pramuditya, S. A., & Noto, M. S. (2019). Teknologi Buku Digital Matematika dan Penerapan Potensialnya dalam Distance Learning. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 1.
Komariah, S., Suhendri, H., & Hakim, A. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Siswa SMP Berbasis Android. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 43.
Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator, 8(2), 52–66.
Lestari, E., Sunardi, & Suryani, N. (2017). Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan http://jurnal.fkip.uns.ac.id/teknodika. Teknodika, Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan, 15(01), 16–25.
Rahayu, T., & Mayasari, T. (2018). Profil kemampuan awal literasi digital dalam pembelajaran fisika siswa SMK Kota Madiun. Seminar Nasional Quantum, 25, 431–437. Retrieved from
Rahmawaty, M. E., & Karwanto. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Upaya Memotivasi Minat Membaca Buku Digital Siswa. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(01), 13–23.
Raihanah, A., Putri, O. R. U., & Effendi, M. M. (2020). Literasi Digital dan Pemahaman Konsep Himpunan Siswa SMP Menggunakan Media Pembelajaran GUI Matlab. Jurnal Elemen, 6(1), 13–24.
Reflianto, & Syamsuar. (2018). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–13.
Rusli, M., & Antonius, L. (2019). Meningkatkan Kognitif Siswa SMAN I Jambi Melalui Modul Berbasis E-Book Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON), 1(1), 59.
Setyaningsih, R., & Prihantoro, E. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan e-Learning. ASPIKOM, 3, 1200–1214.
Setyono, T., Eka, L., & Deswita, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian, 2(1), 1–10.
Swara, G. Y., Ambiyar, A., Fadhilah, F., & Syahril, S. (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran matematika sebagai upaya mendukung proses pembelajaran blended learning. 7(2), 105–117.
Uswatun Khasanah, & Herina. (2019). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 21, 999–1015.
Utami, F. M. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Literasi Digital Matematika. Seminarmat.Ump.Ac.Id, (20), 2011–2019.
Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147.
Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., & Setyansah, R. K. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas 7 Smp. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 101–112.
Yustinaningrum, B. (2018). The Implementation of E-Learning Web-based Model Centric Course (Edmodo) toward The Mathematics’ Interest and Learning Outcomes. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 25–32.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3898
Refbacks
- There are currently no refbacks.