IMPROVING STUDENT’S LEARNING OUTCOMES BY USING MICROSOFT EXCEL AND STATISTICAL PROGRAM OF SOCIAL SCIENCE

Herlina Herlina(1*),

(1) Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstract

One of the factors causing the low score of student learning outcomes Statistics and Probability on midterm exams is that during practice or studying on their own, students feel the complexity of solving questions about data analysis in Statistics and Probability courses and the difficulty of obtaining confirmation of correct answers. This encourages to find alternative solutions. One of them is using Excel and Statistical Program of Social Science (SPSS) software in Statistics and Probability learning. The purpose of this research is to improve the learning outcomes of Statistics and Probability using Excel and SPSS software. The method used in this research is the One-Group Pretest-Posttest Design. Samples were selected using the Cluster Random Sampling technique. To see if there is an increase in learning outcomes, it is done by comparing the average learning outcomes of the midterm exams (before using Excel and SPSS software) and final semester exams (after using Excel and SPSS software). The results of the Wicoxon test showed Asymp. Sig. (2-tailed) 0.000 less than 0.05, so it can be concluded that the pretest and posttest means are significantly different. This shows that there is an increase in learning outcomes before and after learning using Excel and SPSS software, so it is concluded that student learning outcomes in Statistics and Probability courses can be improved through learning by using Excel and SPSS software.

 

Keywords: excel; learning outcomes; software; SPSS

 

Abstrak

Salah satu faktor penyebab rendahnya nilai hasil belajar Statistik dan Probabilitas mahasiswa pada ujian tengah semester disebabkan pada saat latihan atau belajar sendiri. Mahasiswa merasakan rumitnya penyelesaian soal tentang analisis data pada mata kuliah Statistik dan Probabilitas dan sulitnya memperoleh konfirmasi jawaban benar. Hal ini mendorong untuk menemukan alternatif solusi. Salah satu alternative solusi adalah memanfaatkan software Excel dan Statistical Program of Social Science(SPSS) dalam pembelajaran Statistik dan Probabilitas.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Statistik dan Probabilitas menggunakan software Excel dan SPSS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel dipilih dengan teknik Cluster random Sampling. Untuk melihat apakah ada peningkatan hasil belajar, dilakukan dengan membandingkan rata-rata hasil belajar ujian tengah semester (sebelum memanfaatkan software Excel dan SPSS) dan ujian akhir semester (setelah memanfaatkan software Excel dan SPSS). Hasil uji Wicoxon menunjukkan Asymp. Sig. (2-tailed) 0,000 kurang dari 0,05 sehingga disimpulkan bahwa rata-rata pretest dan posttest berbeda  secara signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah pembelajaran memanfaatkan software Excel dan SPSS, sehingga disimpulkan bahwa hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Statistik dan Probabilitas dapat ditingkatkan melalui pembelajaran dengan memanfaatkan software Excel dan SPSS.


Kata kunci: excel; hasil belajar; software; SPSS.

 


Keywords


excel; learning outcomes; software; SPSS

Full Text:

PDF

References


Halidin, H., & Ansar, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Course Review Horay ( CRH ) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1067–1075.

Hasyim, M., & Listiawan, T. (2014). Penerapan Aplikasi IBM SPSS Untuk Analisis Data bagi Pengajar Pondok Hidayatul Mubtadi’in Ngunut Tulungagung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 28–35.

Martiningsih, R. (2015). Efektivitas Pemanfaatan Ms Excel dalam Pembelajaran Matematika di SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Kwangsan, 3(2), 107–120.

Nasyaroeka, J. (2017). Manajemen terhadap Pengolahan Data Skripsi dalam Menggunakan Program Statistical Program for Social Science (Spss). Jurnal Manajemen Magister Darmajaya, 03(01), 64–74. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/jmmd/article/view/966

Nurhalimah, Marwanti, S., & Irianto, H. (2017). Analisis Dampak Pembangunan Pelabuhan Perikanan Pantai Di Tamperan Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Sekitar. Agrista, 5(1), 191–203.

Nurhayati, N. (2020). Pengaruh SPSS terhadap Hasil Belajar pada Materi Statistika Deskriptif. Pengaruh Spss Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Statistika Deskriptif, 9(1), 101–107.

Petro, S., & Swatan, K. H. (2019). Pelatihan Microsoft Excel Sebagai Penunjang Ketrampilan Hard Skill Bagi Siswa Pada SMK Ypsei Palangka Raya. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 280–286. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.6011

Prajawati, Y. K., Triharini, M., & Asmoro, C. P. (2014). Meningkatkan Perilaku Cuci Tangan melalui Metode Bernyanyi. Jurnal Pediomaternal, 3(1), 9–15.

Ramadhani, Rahma, & Amudi, A. (2020). Efektifitas Penggunaan Modul Matematika Dasar pada Materi Bilangan terhadap Hasil Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 64. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2443

Ramadhani, Rahmi, & Sribina, N. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran SPSS untuk Meningkatkan Kemampuan Statistik Siswa SMK. Jurnal SOLMA, 8(1), 159. https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.2996

Sugandi, A. I., Sofyan, D., Maesaroh, S., Linda, & Sumarmo, U. (2021). Efektivitas Pendekatan Induktif Deduktif Berbantuan Geogebra terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Masa Pandemi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(June), 367–376. https://doi.org/10.1016/j.sciaf.2019.e00146

Sundayana, R. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Statistika Melalui Pemberian Praktikum Pengolahan Data Berbantuan Komputer Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Stkip Garut. Mosharafa, 1(2).

Suyono. (2015). Analisis Regresi untuk Penelitian (1st ed.). Deepublish.

Ulya, H., & Rahayu, R. (2021). Hubungan Keterampilan Proses Berpikir Matematis dengan Hasil Belajar Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 262–272.

Widodo, & Widayanti, L. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49), 32–35. https://doi.org/10.22146/jfi.24410




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.