ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SOAL BERBASIS HIGH ORDER THINKING DITINJAU DARI KEMAMPUAN SPASIAL

Mahfuddin Mahfuddin(1*), Caswita Caswita(2),

(1) 
(2) Universitas Lampung
(*) Corresponding Author


Abstract


Kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan spasial memiliki peran yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal geometri  transformasi berbasis high order thinking ditinjau dari kemampuan spasial. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Instrumen dalam penelitian, yaitu tes kemampuan spasial, tes kemampuan pemecahan masalah berbasis HOTS, dan pedoman wawancara. Analisis data penelitian ini yaitu analisis pemecahan masalah yang berorientasi HOTS dan analisis wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan siswa dengan kemampuan spasial tinggi mampu melalui tahapan pemecahan masalah dengan level kognitif menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Siswa dengan kemampuan spasial sedang mampu melalui tahapan pemecahan masalah dengan level kognitif menganalisis dan mengevaluasi serta belum mampu melaksanakan penyelesaian dengan baik dan menemukan gagasannya dalam  memecahkan permasalahan. Siswa dengan kemampuan spasial rendah  hanya mencapai tahap level kognitif menganalisis, dan pada level kognitif mengevaluasi, hanya mampu memahami permasalahan tanpa memberikan penyelesaian. Hal ini menunjukkan kemampuan spasial tinggi lebih baik dalam menyelesaikan soal geometri transformasi berbasis high order thinking.


Keywords


HighOrder Thingking; Kemampuan Spasial; Geometri Transformasi

References


Agoestanto, Arief, & Safitri, S. N. (2013). Keefektifan Pembelajaran Matematika Mengacu Pada Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika VII UNNES, 71–77.

Arifin, & Ratu, N. (2018). Profil Higher Order Thingking Skill Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar Segi Empat. Maju, 5(2), 52–63.

Azizah, F. R. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi SOLO pada Sub Pokok Bahasan Balok Siswa Kelas VIII-H SMP, 1–241.

Capriora, D. (2015). Problem Solving-Purpose and Means of Learning Mathematics in School. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 1(9), 1859–1864.

Faizah, S. (2016). Kemampuan Spasial Siswa SMP Dalam Memecahkan masalah geometri ruang berdasarkan kecerdasan spasial dan kecerdasan Logika. Ed Humanistic, 1(1), 62–72.

Fajri, H. N., Johar, R., & Ikhsan, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Spasial dan Self-Efficacy Siswa Melalui Model Discovery Learning Berbasis Multimedia. Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 180–196.

Febriana, E. (2015). Profil Kemampuan Spasial Siswa Menengah Pertama (SMP) Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Dimensi Tiga Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Jurnal Elemen, 1(1), 13–23.

Gunur, B., Alberta, & Apolonia. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Numerik dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Pedesaan. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 148–160.

Gurun, J., Kubang, A., & Agam, P. (2018). Profil Kemampuan Spasial Mahasiswa Camper Dalam Merekonstruksi Irisan Prisma Ditinjau Dari Perbedaan Gender. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 31–39.

Hodiyanto, H. (2018). Kemampuan spasial sebagai prediktor terhadap prestasi belajar geometri mahasiswa. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 59–65. https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.364

Imamah, F. U., & Toheri. (2014). Pengaruh Penggunaan Kombinasi Metode Pembelajaran Discovery Learning Dan Brain Storming Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pokok Bahasan Himpunan. EduMa, 3(1), 120–137.

Komala, E. (2012). Pembelajaran dengan Pendekatan Diskursif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Concept Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis Pada SPS UPI. Tidak Dipublikasikan.

Kusuma, A. P. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division dan Team Assisted Individualization ditinjau dari Kemampuan Spasial Siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 135–144.

Kusumawati, S. W. (2014). Penerapan Model Pembelajaran SAVI Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. JPGSD, 2(2), 1–10.

Lailly, N. R., & Wisudawati, A. W. (2015). Analisis Soal Tipe Higher Order Thingking Skill ( HOTS) Dalam Soal UN Kimia SMA Rayon B Tahun 2012/2013. Kaunia, XI(1), 27–39.

Mahmudiati, R., & Alawiyah, L. (2018). Peningkatan Kemampuan Visual Spasial Siswa Melalui Penggunaan Butir Soal Hots. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, (September).

Mita, D. S., Tambunan, L. R., & Izzati, N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal PISA. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 25–33.

Negara, H. R., Atmojo, T., & Sujadi, I. (2014). Eksperimentsi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Pendekatan CTL terhadap Prestasi belajar dan Aspek Afektif Siswa pada Materi bangun Ruang Sisi Datar DItinjau dari Kemampuan Spasial. JMME, 4(2), 47–63.

Ngaeni, E. N., & Saefudin, A. A. (2017). Menciptakan Pembelajaran Matematika yang Efektif Dalam Pemecahan Masalah Matematika Dengan Model pembelajaran Problem Posing. Jurnal Aksioma, 6(2), 264–274.

Nurhayati, E., Mulyana, T., & Martadiputra, B. A. P. (2016). Penerapan Scaffolding untuk Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah matematis. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 2(2), 107–112.

Putra, M., & Novita, R. (2014). Pemecahan Masalah Matematika Tipe PISA Pada Siswa Sekolah Menengah Dengan Konten Hubungan dan Perubahan. Jurnal MAJU ( Jurnal Pendidikan Matematika), 1(1), 37–46.

Putri, A. H. (2017). Pengaruh Kemampuan Spasial Terhadap Kemampuan Geometri Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Swasta Di Kecamatan Kebomas Gresik. Didaktika, 23(2), 114–121.

Ramadhani, R. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Melalui Guided Discovery Learning Berbantuan Autograph. JPPM, 10(2), 72–81.

Rikanah, D., & Winarso, W. (2016). Penguasaan Konsep Lingkaran Terhadap Kemampuan Spasial Matematika Siswa Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 15–27.

Simanjuntak, E., Hia, Y., & Manurung, N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gender. School Education Journal, 9(3), 213–220.

Suroyya, D. N., & Rochmad. (2015). Studi Komparasi Pembelajaran Novick Dan Group Investigation Terhadap Kemampuan Spasial Siswa Kelas VIII Materi Geometri. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(1), 96–102.

Yurniati, & Wahyuningrum, E. (2015). Pembelajaran Berbasis ICARE Dalam Tutorial Online Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa UT. Infinity, 4(2), 182–189.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.