DISPOSISI MATEMATIS MAHASISWA PGSD/PGMI, SEPERTI APAKAH DI ERA PANDEMI COVID-19?

Wanda Tri Utami(1*), Marsigit Marsigit(2), Heri Retnawati(3),

(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(3) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengupas bagaimanakah disposisi matematis mahasiswa PGSD/PGMI di era pandemic covid-19 yang menjadikan mahasiswa harus melakukan perkuliahan secara daring. Penelitian ini merupakan kuantitatif survei jenis cross-sectional dengan analisis deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket secara online menggunakan google form dengan adaptasi instrumen dan disebarkan pada partisipan mahasiswa PGSD/PGMI. Adapun subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 22 universitas negeri dan swasta dengan 165 mahasiswa. Untuk melihat hasil dari penelitian tersebut peneliti melakukan konversi data agar dapat mengklasifikasikan hasil dari penelitian. Pembagian klasifikasi terbagi atas 5 bagian yaitu sangat baik, baik, cukup baik, kurang, dan sangat kurang. Berdasarkan dari hasil analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukan bahwa disposisi matematis mahasiswa PGSD/PGMI Indonesia secara keseluruhan adalah sebagai berikut: 23,64% sangat baik (A), 30,91% baik (B), 44,85% cukup baik (C), 0,6% kurang (D), dan 0% sangat kurang (E). Hal ini dikarenakan indikator tentang emosi dan perilaku mempengaruhi hasil akhir dengan kriteria cukup baik (C) dengan masing-masing persentase 60,61% dan 56,36%. Sehingga, kesimpulan dari analisis data tersebut bahwa disposisi matematis secara keseluruhan mahasiswa PGSD/PGMI di era pandemi covid-19 tergolong dalam kriteria cukup rendah yaitu 44,85% yang termasuk dalam kategori cukup baik (C).


Keywords


Disposisi Matematis; Mahasiswa PGSD/PGMI; dan Pandemi Covid-19

References


Agarwal, S., & Kaushik, J. S. (2020). Student’s Perception of Online Learning during COVID Pandemic. Indian Journal of Pediatrics, 87(7), 554. Https://doi.org/10.1007/s12098-020-03327-7

Almerino, Jr., P. M., Etcuban, J. O., De Jose, C. G., & Almerino, J. G. F. (2019). Students’ Affective Belief as The Component in Mathematical Disposition. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(3), 475–487. Https://doi.org/10.29333/iejme/5750

Aristovnik, A., Keržič, D., Ravšelj, D., Tomaževič, N., & Umek, L. (2020). Impacts of the COVID-19 pandemic on life of higher education students: A global perspective. Sustainability (Switzerland), 12(20), 1–34. Https://doi.org/10.3390/su12208438

Azwar, S. (2016). Penyusunan Skala Psikologi (II). Pustaka Pelajar.

Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif (Edisi Ke-5). Pustaka Pelajar.

Fitrianna, A. Y., Dinia, S., Mayasari, M., & Nurhafifah, A. Y. (2018). Mathematical Representation Ability of Senior High School Students: An Evaluation from Students’ Mathematical Disposition. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 3(1), 46–56. Https://doi.org/10.23917/jramathedu.v3i1.5872

Irawan, A. W., Dwisona, D., & Lestari, M. (2020). Psychological Impacts of Students on Online Learning During the Pandemic COVID-19. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 7(1), 53–60. Https://doi.org/10.24042/kons.v7i1.6389

Izzati, N. (2017). Pengaruh Kemampuan Koneksi dan Disposisi Matematis terhadap Hasil Belajar Geometri Bidang Datar Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Eduma, 6(2), 33–40.

Khofiatun, Akbar, S., & Ramli, M. (2016). Peran Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1(Mei), 984–988. Http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6336

Kusmaryono, I., & Dwijanto, D. (2016). Peranan Representasi dan Disposisi Matematis Siswa terhadap Peningkatan Mathematical Power. Jipmat, 1(1), 19–28. Https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i1.1089

Laurens, T., Batlolona, F. A., Batlolona, J. R., & Leasa, M. (2018). How does realistic mathematics education (RME) improve students’ mathematics cognitive achievement? Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 569–578. Https://doi.org/10.12973/ejmste/76959

Lestari, I., & Andinay, Y. (2020). Kemampuan Penalaran Matematika melalui Model Pembelajaran Metaphorical Thinking Ditinjau dari Disposisi Matematis. Jurnal Elemen, 6(1), 1–12. Https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1179

Lestari, S. D., Kartono, & Mulyono. (2018). Mathematical Literacy Ability and Mathematical Disposition on Team Assisted Individualization Learning with RME Approach and Recitation. Journal of Mathematics Education Research, 8(2), 157–164. Http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer

Lin, S.-W., & Tai’, W.-C. (2016). A Longitudinal Study for Types and Changes of Students’ Mathematical Disposition. Universal Journal of Educational Research, 4(8), 1903–1911. Https://doi.org/10.13189/ujer.2016.040821

Mahmudi, A., & Saputro, B. A. (2018). Analisis Pengaruh Disposisi Matematis, Kemampuan Berpikir Kreatif, dan Persepsi Pada Kreativitas Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 205–212. Https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.276

Miliyawati, B., & Herman, T. (2019). Effect of Problem Based Learning with Didactical Engineering on Student Mathematical Disposition. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1). Https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012021

Mulhamah. (2018). Fobia dalam Pembelajaran Matematika di Pendidikan Dasar. El-Midad : Jurnal Jurusan PGMI, 10(1), 1–12. Https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/501

Muslim, A. P. (2016). Penerapan TAPPS disertai Hypnoteaching (Hypno-ttapps) dalam Meningkatkan Disposisi Matematis Siswa SMP. Pendidikan Unsika, 4(1), 1–16.

Nari, N. (2015). Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Geometri. Ta’dib, 18(2), 150–162.

O’ Shea, S., Stone, C., & Delahunty, J. (2015). “I ‘Feel’ Like I am at university Even though I am Online.” Exploring How Students Narrate heir Engagement with Higher Education Institutions in an Online Learning Environment. Distance Education, 36(1), 41–58. Https://doi.org/10.1080/01587919.2015.1019970

Oktaviani, D. N., Sholikhakh, R. A., & Istiqomah. (2020). Kemampuan Disposisi Matematik Mahasiswa pada Mata Kuliah Geometri Analitik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 76–85.

Rianti Rahmalia, Hajidin, H., & BI. Ansari. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Disposisi Matematis Siswa SMP melalui Model Problem Based Learning. Numeracy, 7(1), 137–149. Https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.1038

Siregar, N. A. R., Deniyanti, P., & Hakim, L. El. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Core Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). Https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2997

Untari, E. (2017). Pentingnya Pembelajaran Multiliterasi untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar dalam Mempersiapkan Diri Menghadapi Kurikulum 2013. Wahana Sekolah Dasar, 25(1), 16–22. Https://doi.org/10.17977/um035v25i12017p016

Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169–177.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.