KONFLIK INTRAPERSONAL SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA SECARA DARING SYNCHRONOUS
(1) Universitas Puangrimaggalatung
(2) Universitas Puangrimaggalatung
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang konflik intrapersonal siswa yang terjadi saat belajar matematika secara daring synchronous. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian ini di SMA Negeri 3 Wajo pada siswa kelas XI sebanyak 44 orang yang melaksanakan pembelajaran secara daring menggunakan Zoom. Proses pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen kuesioner, lembar observasi, dan wawancara. Menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman pada penelitian ini menunjukkan hasil bahwa konflik intrapersonal masih tetap terjadi pada siswa ketika belajar matematika secara daring synchronous, berdasarkan hasil wawancara siswa mengalami Approach-approach, Avoidance-avoidance, dan Approach-avoidance mereka mengalami kondisi tegang, cemas, takut, dan kebingungan ketika diberikan soal atau pertanyaan. Penyebab utama dari konflik intrapersonal yang dialami oleh siswa tersebut dikarenakan pemikiran bahwa belajar matematika itu menakutkan, ada 77,3% siswa merasa takut ketika disuruh menjawab soal matematika oleh guru, terlebih materi pembelajaran yang dilakukan secara daring yang tidak mampu dipahami dengan baik karena kendala teknis jaringan. Berdasarkan hasil kuesioner, terdapat 72,2% siswa mengalami kendala jaringan saat belajar matematika secara daring synchronous.
Kata Kunci: Konflik intrapersonal; Pembelajaran matematika; Synchronous
Abstract
The purpose of this study is to provide an overview of the intrapersonal conflicts students that occurred while learning mathematics online synchronously. This research uses descriptive methods with a qualitative approach. The implementation of this research at SMA Negeri 3 Wajo in grade XI students as many as 44 people who conducted online learning using Zoom. The data collection process is conducted using questionnaire instruments, observation sheets, and interviews. Using data analysis techniques from the Miles and Huberman models in this study, the results show that intrapersonal conflicts still occur in students when learning mathematics online synchronously, based on the results of interviews, students experience Approach-approach, Avoidance-avoidance, and Approach-avoidance they experience tense conditions, anxiety, fear, and confusion when given a question or question. The main cause of intrapersonal conflict experienced by the student is because of the thought that learning mathematics is scary. 77.3% of students feel afraid when told to answer math problems by teachers, especially learning materials conducted online that are not able to be understood properly because of network technical constraints. Based on the results of the questionnaire, 72.2% of students experienced network problems while learning math online synchronously.
Keywords: Intrapersonal Conflict; Math Learning; Synchronous
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akhrani, L. A., & Supriyono, Y. (n.d.). KONFLIK INTRAPERSONAL DALAM MEMELUK AGAMA PADA REMAJA DENGAN ORANG TUA YANG BERBEDA AGAMA. Retrieved from shorturl.at/ruMR2
Al Halik, & Aini, Z. (2020). Analisis Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam), 3(2), 131–141. https://doi.org/10.32505/enlighten.v3i2.1887
Annur, M. F. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian, Pnelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11, 195–201.https://doi.org/https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i2.2544
Dodi, N. (2016). Pentingnya guru untuk mempelajari psikologi pendidikan. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1). Retrieved from http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/93/93
Fahmi, M. H. (2020). KOMUNIKASI SYNCHRONOUS DAN ASYNCHRONOUS DALAM E-LEARNING PADA MASA PANDEMIC COVID-19. Jurnal Nomosleca, 6(2). https://doi.org/10.26905/nomosleca.v6i2.4947
Hamidy, A. (2021). Zoom Meeting vs Google Classroom : Perbedaan Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Platform Pembelajaran Daring. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 61–68. https://doi.org/https://doi.org/10.21093/twt.v8i1.3225
Henra, K. (2020). Analisis Konflik Intrapersonal pada Pembelajaran Matematika dan Dampak yang ditimbulkan Pada Siswa Kelas XII SMK Persada Wajo. Celebes Education Review, 2(1), 43–49. https://doi.org/10.37541/cer.v2i1.345
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=lCh_DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Qualitative+data+analysis:+A+methods+sourcebook.+&ots=2SbqMCvjdh&sig=oQAMzuB3eus9iLIpvmyWorhCIWc&redir_esc=y#v=onepage&q=Qualitative data analysis%3A A methods sourcebook.&f=false
Muslim, A. (2014). Manajemen Konflik Interpersonal Di Sekolah. Administrasi Pendidikan, FIP, IKIP Mataram, 1(1), 17–25. Retrieved from https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/3055
Narayana, I. W. G. (2016). Analisis terhadap hasil penggunaan metode pembelajaran synchronous dan asynchronous. Semnasteknomedia Online, 4(1), 139–144. Retrieved from https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1255
Nezhad, A. S., & Vahedi, M. (2011). The Role of Educational Psychology in Teacher Education Programs. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 30, 327–330. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.10.064
PARAMITHA, K., Sofah, R., & Sumarni, S. (2018). STUDI KASUS SISWA “EA” YANG MENGALAMI KONFLIK INTRAPERSONAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 10 PALEMBANG. Retrieved from Sriwijaya University website: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/7714
Perdiansyah, V. A. M. (2015). Komflik Intrapersonal Anggota Keluarga (Studi Kasus Keluarga yang memiliki Anak Ataupun Saudara Kandung dengan Kecenderungan Gangguan Identitas Gender). 151, 10–17. https://doi.org/10.1145/3132847.3132886
Siregar, N. (2018). Psikologi dan Pembelajaran Matematika.
Syafri, F. S. (2017). Ada Apa dengan Kecemasan Matematika? Journal of Medives, 1(1), 59–65. Retrieved from http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/458/516
Wiryanto, W. (2020). PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR DI TENGAH PANDEMI COVID-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2), 125–132. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p125-132
Wulan, D. R., Rosita, C. D., & Nopriana, T. (2021). Bagaimana Psikologi Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika Online pada Masa Pandemi Covid-19. … Nasional Pendidikan Matematika …, 5(1), 51–65. Retrieved from http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/JNPM/article/view/4392
Yamagata-Lynch, L. C. (2014). Blending online asynchronous and synchronous learning. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 15(2). https://doi.org/https://doi.org/10.19173/irrodl.v15i2.1778
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3801
Refbacks
- There are currently no refbacks.