PENGGUNAAN MODUL STATISTIKA BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING TERINTEGRASI PROBING-PROMPTING DITINJAU DARI STRES AKADEMIK

Rizki Nurhana Friantini(1*), Rahmat Winata(2),

(1) STKIP Pamane Talino
(2) STKIP Pamane Talino
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika antara mahasiswa yang menggunakan modul Statistika berbasis Creative Problem Solving terintegrasi Probing-Prompting atau mahasiswa tanpa modul, 2) untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika antara mahasiswa dengan stres akademik tinggi, sedang, dan rendah, 3) untuk mengetahui interaksi antara kelas yang menggunakan modul Statistika berbasis Creative Problem Solving terintegrasi Probing-Prompting dengan stres akademik terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental research. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Pamane Talino Semester II sebanyak 43 mahasiswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat perbedaan pengaruh pemberian modul statistika berbasis Creative Problem Solving terintegrasi probing-prompting terhadap prestasi belajar matematika, 2) terdapat perbedaan pengaruh stres akademik terhadap prestasi belajar matematika, 3) terdapat interaksi antara pembelajaran dengan modul statistika berbasis Creative Problem Solving terintegrasi probing-prompting dan tanpa modul dengan stres akademik terhadap prestasi belajar matematika.

 

This research aimed to find  out 1) to determine the comparison of mathematics learning achievement, students who use Statistical modules based on Creative Problem Solving integrated Probing-Prompting or students without modules, 2) to determine the comparison of mathematics learning achievement, students with high academic stress, medium, and low, 3) to determine the interaction between the classes using the Probing-Prompting integrated Creative Problem Solving-based Statistics module with academic stress on mathematics learning achievement. This research was the quasi experimental research. The population of research were students of the STKIP Pamane Talino Semester II Mathematics Education Study Program as many as 43 students. The instruments used in this study were tests and questionnaires. The data analysis technique used two-way analysis of variance with different cells. The results showed 1) there is a difference in the effect of providing a statistical module based on Creative Problem Solving integrated probing-prompting on learning achievement in mathematics, 2) there is a difference in the effect of academic stress on learning achievement in mathematics, 3) there is an interaction between learning with a statistical module based on integrated Creative Problem Solving probing-prompting and without module with academic stress on mathematics learning achievement.


Keywords


Creative Problem Solving; Modul; Probing-Prompting; Statistika; Stres Akademik

References


Akmal, N., & Saputra, E. (2018). Penerapan Pendekatan Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Symmetry | Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 3(2), 137–144.

Atsnan, M. F. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vektor Dengan Pendekatan Creative Problem Solving Kelas Xi Smk Teknokestan. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 66. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.10406

Barseli, M., & Ifdil, I. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143. https://doi.org/10.29210/119800

Barseli, M., Ifdil, I., & Fitria, L. (2020). Stress akademik akibat Covid-19. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 5(2), 95–99.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.

Harahap, A. C. P., Harahap, D. P., & Harahap, S. R. (2020). Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 3(1), 10–14. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i1.4804

Lubis, H., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2021). Stres Akademik Mahasiswa dalam Melaksanakan Kuliah Daring Selama Masa Pandemi Covid 19. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 10(1), 31. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v10i1.5454

Muthmainnah, M., Hapizah, H., & Somakim, S. (2019). Penerapan Strategi Probing Prompting Dalam Pembelajaran Matematika Materi Relasi Dan Fungsi Di Smp. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 27–37. https://doi.org/10.36706/jls.v1i1.9567

Nasution, S. (2011). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Bumi Aksara.

Ningsih, S., & Rochmawati. (2014). Perbedaan Penggunaan Modul Dan Tanpa Modul Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kas Kecil Kelas Xi Ak Smk Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2), 1–10.

Novitasari, D. (2015). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 1(1), 43–56. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/1627/1380

Riyana, C. (2015). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Modul Pembelajaran Universitas Terbuka Tangerang Selatan, 1–43.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Saltifa, P. (2018). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Creative Problem Solving dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 1(1), 39–52.

Satriani, S., & Wahyuddin. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa. Jurnal Derivat, 5(1), 69 – 81.

Sulistyowati, Y., & Sugiman. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang di SMP dengan Pendekatan Creative Problem Solving. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 219–232. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9082

Winata, R., Friantini, R. N., & Astuti, R. (2021). Kemandirian belajar dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi mahasiswa pada perkuliahan daring. Jurnal E-DuMath, 7(1), 18–26.

Windhiyana, E. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/pip.341.1

Yusuf, N. M., & Yusuf, J. M. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Akademik. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 13(2), 235–239. https://doi.org/10.33023/jikep.v5i1.217




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.