APA SAJA TIPE BERPIKIR PROBLEM-SOLVERS DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI ANALITIK?

Muhammad Noor Kholid(1*), Ahmad Zul Fakar(2), Annisa Swastika(3), SWASTI MAHARANI(4),

(1) 
(2) Mathematics Education - Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Mathematics Education - Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Mathematics Education - Universitas PGRI Madiun
(*) Corresponding Author


Abstract


Setiap problem-solver memiliki tipe yang berbeda. Adapun tipe berpikir digolongkan menjadi tipe berpikir konseptual, semi-konseptual, dan komputasional. Namun demikian belum ada penelitian terkait tipe berpikir dalam memecahkan masalah geometri analitik. Penelitian bertujuan memaparkan tipe karakteristik berpikir problem-solvers dalam memecahkan masalah geometri analitik. Penelitian merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan partisipan yaitu mahasiswa calon guru di Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Instrumen penelitian yang dipekerjakan yaitu masalah/tes geometri analitik, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Instrumen divalidasi oleh beberapa ahli. Data diperoleh menggunakan metode tes, observasi, dan wawancara mendalam. Keabsahan data yang dipekerjakan yaitu triangulasi metode. Data dianalisis melalui tahap reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Adapun penelitian menyimpulkan tipe berpikir konseptual, semikonseptual, dan komputasional. Ketiga tipe berpikir memiliki penciri utama dalam memecahkan masalah geometri analitik.

 

Each problem-solver has different characteristics. The characteristics of thinking are classified into conceptual, semi-conceptual, and computational thinking characteristics. However, the thinking characteristics in solving analytical geometry is not known yet. The research aims to explain how the characteristics of thinking problem-solvers in solving the problem of analytical geometry. Research is descriptive qualitative research with participants, namely prospective teachers in the Mathematics Education Program FKIP University of Muhammadiyah Surakarta. The research instruments employed are analytical geometry problems/tests, observation sheets, and interview guidelines. Some experts validate the instrument. The data was obtained using a test, observation, and in-depth interview methods. The validity of the data employed is the triangulation method. The data is analyzed through the stages of reduction, presentation, and withdrawal of conclusions. The study concluded the characteristics of conceptual, semi conceptual, and computational thinking. The each thinking characteristics have their own main feature.


Keywords


berpikir konseptual; berpikir semi-konseptual; berpikir komputasional; karakteristik berpikir; pemecahan masalah geometri analitik.

References


Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77–83. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2700

Cahyo, A. N., & Setianingsih, R. (2013). Tipe Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah pada Materi Sistem Persamaanlinear Dua Variabel di Kelas VIII SMPN 1 Pacet. MATHEdunesa, 2(3), 1–8. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/download/3875/6421

Eccles, D. W., & Arsal, G. (2017). The Think Aloud Method: What is It and How Do I Use It? Qualitative Research in Sport, Exercise and Health, 9(4), 514–531. https://doi.org/10.1080/2159676X.2017.1331501

Effendi, K. N. S., & Farlina, E. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP kelas VII dalam Penyelesaian Masalah Statistika. Jurnal Analisa, 3(2), 130–137. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/ja.v3i2.2013

Filah, A. N. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Generalisasi Deret. Universitas Jember.

Halpem, D. F. (2013). Thought and Knowledge: An Introduction to Critical Thinking. Psychology Press.

Handayani, U. F., Sa’Dijah, C., Sisworo, Sa’Diyah, M., & Anwar, L. (2020). Mathematical creative thinking skill of middle-ability students in solving contextual problems. AIP Conference Proceedings, 2215(April), 060007-1-060007–7. https://doi.org/10.1063/5.0000645

Harahap, E. R., & Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Persamaan Linier Satu Variabel. Prosiding Seminar Nasional Matematika Universitas Negeri Medan, 258–279.

Harso, Y. Y. (2013). Tipe Berpikir Siswa SMPN 6 Surabaya dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Cerita Persamaan Linear Satu Variabel. MATHEdunesa, 2(1), 1–8.

Komariyah, S., & Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 55–60. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/jp3m.v4i2.523

Kusumo, M. H., & Suliani, M. (2020). Identifikasi Tipe Berpikir Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematika. MANDALIKA Mathematics and Educations Journal, 2(2), 76–84. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29303/jm.v2i2.1752

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. Sage.

Nafi’an, M. I. (2016). Analisis Berpikir Konseptual, Semikonseptual Dan Komputasional Siswa Sd Dalam Menyelesaikan Soal Cerita. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 2(2), 72–77. https://doi.org/https://doi.org/10.29100/jp2m.v2i2.208

Ngilawajan, D. A. (2013). Proses Berpikir Siswa SMK Dalam Memecahkan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Pedagogia, 2(1), 71–83. https://doi.org/http://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.48

Putranta, H., & Jumadi. (2019). Physics Teacher Efforts of Islamic High School in Yogyakarta to Minimize Students’ Anxiety When Facing The Assessment of Physics Learning Outcomes. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(2), 119–136. https://doi.org/10.17478/JEGYS.552091

Rahmatina, S., Sumarmo, U., & Johar, R. (2014). Tingkat Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 62–70. https://doi.org/10.24815/jdm.v1i1.1242

Sagala, R., Nuangchalerm, P., Saregar, A., & El Islami, R. A. Z. (2019). Environment-friendly education as a solution to against global warming: A case study at Sekolah Alam Lampung, Indonesia. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(2), 85–97. https://doi.org/10.17478/jegys.565454

Susandi, A. D., & Widyawati, S. (2017). Proses Berpikir dalam Memecahkan Masalah Logika Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. NUMERICAL (Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika), 1(1), 45–52. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/numerical.v1i1.122

Wibawa, K. A. (2019). Fragmentation of the Thinking Structure of Translation in Solving Mathematical Modelling Problems. Southeast Asian Mathematics Education Journal, 9(1), 25–36.

Zhang, X. H., Kubota, K., Kubota, M., & Li, K. (2019). Teacher’s Developmental Stages of Exploring Thinking Tools in a Blended Learning Environment. International Conference on Blended Learning, 186–202. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-3-030-21562-0_16

Zuhri, D. (1998). Proses Berpikir Peserta didik Kelas II SMP Negeri 16 Pekanbaru dalam Menyelesaikan Soal-Soal Perbandingan Senilai dan Perbandingan Berbalik Nilai. Universitas Negeri Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3790

Refbacks

  • There are currently no refbacks.