PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI STATISTIS SISWA
(1) Institut Pendidikan Indonesia Garut
(*) Corresponding Author
Abstract
Literasi statistis adalah bagian dari literasi digital yang sangat penting dimiliki oleh siswa dalam era informasi ini. Strategi dalam meningkatkan kemampuan literasi statistis ini salah satunya dengan pengembangan pembelajaran menggunakan modul yang didesain untuk mengembangkan kemampuan literasi statistis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul statistika untuk mengembangkan kemampuan literasi statistis siswa Madrasah Tsanawiyah/ MTs dan Sekolah Menengah Pertama/SMP yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development). Dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Dessiminate). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII di salah satu MTs di Kabupaten Garut. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar validasi yang diisi oleh ahli bidang pendidikan matematika, lembar penilaian kepraktisan siswa, dan tes hasil belajar dengan soal literasi statistis. Kualitas modul yang dikembangkan ditinjau dari aspek kevalidan, aspek kepraktisan dan aspek keefektifan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah modul termasuk kategori valid, dengan nilai kepraktisan termasuk kategori tinggi. Aspek efektifitas berdasarkan tes hasil belajar dengan soal literasi statistis mengalami peningkatan ditinjau dari hasil pretest dan posttest. Demikian juga dengan hasil pengembangan dalam penelitian ini adalah produk modul pembelajaran statistika yang valid, praktis dan efektif dan layak digunakan untuk siswa MTs/ SMP. Kontribusi dari penelitian ini adalah modul ini dapat digunakan dalam pembelajaran matematika dalam materi statistika.
Abstract
Statistical literacy is a part of digital literacy which is very important for students in this information age. One of the strategies to improve statistical literacy skills is the development of learning using modules designed to develop statistical literacy skills. This study aims to develop a statistical module to develop valid, practical, and effective statistical literacy skills for students at Madrasah Tsanawiyah/MTs (Junior Islamic Schools) and Sekolah Menengah Pertama/ SMP (Junior High Schools). This research method is a research development (Research & Development). By using the 4D development model (Define, Design, Develop, Disseminate). The data analysis technique used is descriptive qualitative analysis The research subjects were students of class VIII at one of the MTs in Garut Regency. The instruments used consisted of validation sheets filled in by experts in the field of mathematics education, student practicality assessment sheets, and learning outcomes tests with statistical literacy questions. The quality of the developed modules is viewed from the aspects of validity, aspects of practicality and aspects of effectiveness. The result of this research is that the module is categorized as valid, with the practicality value is in the high category. The aspect of effectiveness based on the test of learning outcomes with statistical literacy questions has increased in terms of the results of the pretest and posttest. Likewise, the results of the development in this study are statistics learning module products that are valid, practical and effective and suitable for use for MTs/ SMP students. The contribution of this research is that this module can be used in mathematics learning in statistics material.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amin, A. K. (2010). Analisis Bahan Ajar Modul Statistika Pada Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI BOJONEGORO.
Anis Farida Jamil, Hendarto Cahyono, M. S. A. (2021). Pengembangan Handout Matematika Bercirikan Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Volume 10, No. 1, 2021, 48-62 DOI: Https://Doi.Org/10.24127/Ajpm.V10i1.3260 ISSN 2089-8703 (Print) ISSN 2442-5419 (Online), 10(1), 48–62.
As’ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., & Taufiq, I. (2017). Buku Guru Matematika (Revisi). Pusat Kurikulum Dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud Jakarta.
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. In Pustaka Pelajar.
Bela, M. E., Wewe, M., & Lengi, S. (2021). Pengembangan Modul Matematika Materi Aritmatika Sosial Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.461
Furqoni, A. N., & Destania, Y. (2020). Pengembangan Soal Statistika Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 212–228. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i2.212-228
Gravemeijer, K., Stephan, M., Julie, C., Lin, F., & Ohtani, M. (2017). What Mathematics Education May Prepare Students for the Society of the Future ? International Journal of Science and Mathematics Education, 15, 105–123. Https://Doi.Org/10.1007/S10763-017-.
Hariyanti, F. (2020). Statistical Literacy Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan. https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i2.564
Heni Pujiastuti,Rudi Haryadi, E. S. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kontekstual Pada Materi Aljabar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Volume 10, No. 1, 2021, 63-72 DOI: Https://Doi.Org/10.24127/Ajpm.V10i1.3392 ISSN 2089-8703 (Print) ISSN 2442-5419 (Online), 10(1), 63–72.
Irawati, S. (2017). Problematika Pembelajaran Statistik di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). KABILAH : Journal of Social Community, 2(1), 202–217. https://doi.org/10.35127/kbl.v2i1.3113
Kemdikbud. (2017). Buku Guru Matematika Kurikulum 2013 Revisi 2017.
Lestari, L., Sukasno, & Hadayani, S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Statistika Kelas XI IPS 2 MA Negeri 2 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2016/2017. Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Lubuklinggau.
Lubis Muzaki, Slamin, D. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Metode Guided Discovery Learning Berbantuan E-Learning Dengan Aplikasi Atutor Pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII SMP. Pancaran, Vol. 3, No. 2, Hal 25-34.
Maryati, I., & Priatna, N. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Statistis Siswa Madrasah Tsanawiyah dalam Materi Statistika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 205. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.640
Masfingatin, T., & Suprapto, E. (2020). Student’s Statistical Literacy skills Based on the Reflective and Impulsive Cognitive Styles. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 273–286. https://doi.org/10.24042/ajpm.v11i2.6902
Murod, R. R., Priatna, N., & Martadiputra, B. A. P. (2019). The Scaffolding Approach to Enhance Senior High School Student’s Statistical Literacy Ability. Journal of Physics: Conference Series, 1227(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1227/1/012028
Nahdi, D. S., Araniri, N., Jatisunda, M. G., Kurino, Y. D., & ... (2021). Statistical Literacy of Pre-Service Islamic Religious Education Teachers. Jurnal Cendekia: Jurnal …, 05(02), 900–908. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/494
Nu’man, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Statistika Penelitian Pendidikan Matematika. 3(2), 114–128.
Nurmeidina, R., Lazwardi, A., &, & Ariyanti, I. (2020). Pengembangan Modul Teori Peluang untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Disposisi Matematis. Aksioma, FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 9(2), 440–450. Jurnal Pendidikan Matematika.
Priatna Martadiputra, B. A. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Statistis Mahasiswa S1 Melalui Pembelajaran MEAs yang Dimodifikasi. Infinity Journal, 1(1), 79. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.8
Qomario, Koestoro, B., & Herpratiwi. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Modul Matematika Kelas VIII SMP di Bandar Lampung. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan.
Rachmawati, A. D., & Effendi, M. M. (2020). Developing Web-Assisted Interactive Media to Improve Mathematical Creative- Thinking Ability. 11(2), 211–226.
Ratih Kusumawati, A. N. (2018). Developing Mathematics Learning Strategy Module Based on Journal Review. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 9, No. 2, 2018, Hal 111 - 120, 111–120.
Rembulan, A., Wahyu, R., & Putra, Y. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Gamifikasi Pada Materi Statistika Kelas VIII. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 2, 3(2), 84–98.
Restu Lusiana, T. A. (2019). Developing an Algebra Textbook Based on Problem Solving to Improve Student’ Learning Achievement. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 10, No. 2, 2019, Hal 293 - 306, 10(2), 293–306.
Ruhyana. (2016). Analisis kesulitan siswa dalam belajar statistik khususnya pada histogram. Jurnal Computech & Bisnis, 10(2), 106–118.
Sabbag, A., Garfield, J., & Zieffler, A. (2018). Assessing statistical literacy and statistical reasoning:
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3779
Refbacks
- There are currently no refbacks.