MENGEKPLORASI PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DALAM PENYELESAIAN TUGAS TRANSLASI MATEMATIS

Dona Afriyani(1*), Datia Pramita(2),

(1) Institut Agama Islam Negeri Batusangkar
(2) Institut Agama Islam Negeri Batusangkar
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi pemahaman matematis siswa dalam penyelesaian tugas translasi matematis. Dua puluh tiga siswa SMP menyelesaikan Tugas Translasi Matematis (TMM). Empat dari 23 siswa tersebut dipilih menjadi subjek penelitian berdasarkan kategori pemahaman matematis yang diperoleh.  Hasil kerja TMM dan wawancara subjek dikumpulkan dan dianalisis.Langkah analisis data dimulai dengan mengelompokkan hasil kerja TMM dan membuat transkripsi hasil wawancara. Selanjutnya, peneliti mengeksplorasi dan membuat kode hasil kerja TMM, menemukan perbedaan pemahaman konsep matematis yang digunakan, menjelaskan proses translasi matematis setiap kategori pemahaman, melaporkan hasil temuan, menafsirkan hasil penemuan dan memvalidasi hasil penelitian dengan triangulasi sumber data. Temuan penelitian ini yaitu (1) dua jenis pemahaman matematis siswa dalam penyelesaiaan TMM yang diberi nama pemahaman isntrumental dan pemahaman fungsional. (2) Perbedaan pemahaman matematis terjadi pada langkah koordinasi awal, dan (3) hasil kerja TMM siswa yang menggunakan pemahaman fungsional menghasilkan proses translasi yang lebih bermakna dibandingkan siswa yang menggunakan pemahaman instrumental. Temuan penelitian menunjukkan bahwa beragam jenis pemahaman matematis yang terlibat dalam menyelesaikan TMM dan jenis pemahaman menentukan kebermaknaan proses translasi matematis.


Keywords


Pemahaman matematis ; Penyelesaian tugas; Translasi matematis

References


Adu-Gyamfi, K., Bossé, M. J., & Chandler, K. (2017). Student connections between algebraic and graphical polynomial representations in the context of a polynomial relation. International Journal of Science and Mathematics Education, 15(5), 915–938.

Adu-Gyamfi, K., Stiff, L., & J. Bossé, M. (2012). Lost in translation: examining translation errors associated with mathematical representations. School Science and Mathematics. 112(3). 159-170.

Afriyani, D., Sa’dijah, C., Subanji, & Makbul;, M. (2018). Characteristics of students’ mathematical understanding in solving multiple representation task based on solo taxonomy. International Electronic Journal of Mathematics Education, 13(3), 281–287.

Afriyani, D., & Yuberta, K. R. (2019). Exploring the cognitive process of prospective mathematics teachers in constructing a graph. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 12(1), 26–42.

Barmby, P., Harries, T., Higgins, S., & Suggate, J. (2007). How can we assess mathematical understanding? Proceedings of the 31st Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, 1, 41–48.

Bossé, M. J., Adu-Gyamfi, K., & Chandler, K. (2014). Students’ Differentiated Translation Processes. International Journal for Mathematics Teaching and Learning, 1–28.

Bossé, M. J., Adu-Gyamfi, K., & Cheetam, M. R. (2011). Assessing the difficulty of mathematical translations: synthesizing the literature and novel findings. International Electronic Journal of Mathematics Education, 6(3), 113–133.

Duval, R. (2006). A cognitive analysis of problems of comprehension in a learning of mathematics. Educational Studies in Mathematics, 61(1), 103–131.

Lesh, R., & Behr, M. (1987). Representation and Translations among Representations in Mathematics Learning and Problem Solving. C. Janvier, (Ed.), Problem of Representations in the Teaching and Learning of Mathematics. Lawrence Erlbaum.

Meel, D. E. (2003). Models and theory of mathematical understanding: comparing piere and kieren’s model of the grouth mathematical understanding and theory apos. CBMS Issue in Mathematics Education, 12.

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston Virginia: NCTM.

Nicaud J., B., & Gélis, J. (2001). Syntax and semantics in algebra. Proceedings of the 12th ICMI Study Conference. The University of Melbourne, Australia.

Rahmawati, D., Purwanto, Subanji, Hidayanto, E., & Anwar, R. B. (2017). Process of mathematical representation translation from verbal into graphic. International Electronic Journal of Mathematics Education, 12(3), 367–381.

Sa’dijah, C., Afriyani, D., Subanji, S., Muksar, M., & Anwar, L. (2014). Assessing students’ pseudo-mathematical translation using translation-verification model. AIP Conference Proceedings, 2014(1), 1–8.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.