EKSPLORASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA

Ervin Azhar(1*), Yana Saputra(2), Ishaq Nuriadin(3),

(1) UHAMKA
(2) UHAMKA
(3) UHAMKA
(*) Corresponding Author


Abstract


Pemecahan masalah matematis menuntut seseorang berpikir sistematis, logis, kritis dan pantang menyerah sampai menemukan solusi dari sebuah permasalahan yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa materi perbandingan. Hasil penenlitian ini dapat dijadikan masukan untuk mengoptimalkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sehingga guru dapat mengkontruksi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis.  Penelitian dilakukan dengan desain penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII-B SMP Kebangsaan Pondok Aren Tahun Pelajaran 2020/2021. Data yang diperoleh dari hasil tes dan wawancara kemudian dianalisis untuk menggambarkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari kemampuan matematis. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa dengan kemampuan matematis tinggi telah memenuhi tahapan Polya menyelesaikan permasalahan mampu memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian dan melaksanakan rencana, dan memeriksa jawaban kembali. Sedangkan siswa kemampuan matematis sedang, dalam menyelesaikan permasalahan soal perbandingan siswa mampu memahami masalah namun kurang dalam merencanakan masalah meskipun dalam melakukan prosedur sudah tepat. Sementara siswa dengan kemapuan matematis rendah, hanya mampu pada tahap memahami masalah tetapi kesulitan dalam merencanakan, melaksanakan rencana. Sehingga perlu menjadi perhatian pendidik khusunya dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa sedang dan rendah.


Keywords


Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Matematika

References


Abdiyani, S. S., Khabibah, S., & Rahmawati, N. D. (2019). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 1 Jogoroto Berdasarkan Langkah-langkah Polya Ditinjau dari Adversity Quotient. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(2), 123–134. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v7i2.774

Achsin, M. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Pada PBL Pendekatan Kontekstual dalam Tinjauan Inventori Kesadaran Metakognitif. Jurnal Dinamika Ilmu, 150, 696–704.

Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas Xi Sma Putra Juang Dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62

Anderson, J. (2014). Mathematics Curriculum Development and the Role of Problem Solving. May.

Andriyani, A., & Ratu, N. (2018). Soal Cerita Pada Materi Program Linear Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 16–22.

Argarini, D. F. (2018). Analisis Pemecahan Masalah Berbasis Polya pada Materi Perkalian Vektor Ditinjau dari Gaya Belajar. Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 91. https://doi.org/10.33477/mp.v6i1.448

Assidiqi, H. (2015). Membentuk Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 45–55.

Dahar, R. W. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Erlangga.

Erbas, A. K., & Okur, S. (2012). Researching students’ strategies, episodes, and metacognitions in mathematical problem solving. Quality and Quantity, 46(1), 89–102. https://doi.org/10.1007/s11135-010-9329-5

Fauzi, L. M. (2018). Identifikasi Kesulitan Dalam Memecahkan Masalah Matematika. JIPMat, 3(1), 21–28. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2286

Gunantara. (2014). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 10(2), 146–152. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671

Hendriani, B. F., Masrukan, & Junaedi, I. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter Mandiri Ditinjau dari Gaya Kognitif pada Pembelajaran Matematika Model 4K. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2000, 38–49.

Hershkowitz, R., Hadas, N., Dreyfus, T., & Schwarz, B. B. (2007). Abstracting processes, from individuals’ constructing of knowledge to a group’s “shared knowledge.” Mathematics Education Research Journal, 19(2), 41–68. https://doi.org/10.1007/BF03217455

Huriaty Dina. (2010). Mengembangkan Komunikasi yang efektif. Al Bidayah, undefined.

Ike, F., & Suhendri, H. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas V Pada Materi Kubus Dan Balok. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(2). https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i2.7308

Ikram, M., & Ikram, M. (2021). Analysis of The Occurrence of Reversible Reasoning for Inverse Cases: A Case Study on The Subject Adjie. International Journal of Progressive Mathematics Education, 8435(1), 1–15. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i1.6635

Indra, Y., Keguruan, F., Ilmu, D. a N., & Tanjungpura, U. (2019). Operasi Hitung Pecahan Kelas V Sdn 03 Pontianak Kota Artikel Penelitian.

Irianti, N. P. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(1), 80. https://doi.org/10.30651/must.v5i1.3622

Irianti, N. P., Subanji, S., & Chandra, T. D. (2016). Proses Berpikir Siswa Quitter dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV Berdasarkan Langkah-langkah Polya. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 133. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i2.582

Karim, A., Soebagyo, J., & Edy Purwanto, S. (2021). Stochastic Block Model Reveals Maps of In Applied Mathematics Studies Using VOS Viewer. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(2), 127–142. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i2.6917

Kosiret, A., Indiyah, F. H., & Wijayanti, D. A. (2021). The Use of Generative Learning Model in Improving Students’ Understanding of Mathematical Concepts of Al-Azhar 19 Islamic High School. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(1), 16–26. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i1.6593

Kurniasih, N., Hidayani, F., & Muchlis, A. (2021). Analisis Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMA Kelas XI Selama Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(2), 117–126. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i2.6568

Lamb, J. H. (2010). Reading gread levels and mathematics assessment: an analysis of Texas mathematics assessment items and their reading difficulty. The Mathematics Educator, 20(1), 22–34.

Lewier, F., Tutuhatunewa, E., & Mataheru, W. (2019). Profil Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan Melalui Penggunaan Model Quantum Teaching Di Kelas Vii Smp Negeri 6 Ambon. JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 32–40. https://doi.org/10.30598/jupitekvol1iss1pp32-40

Maarif, S., Setiarini, R. N., & Nurafni, N. (2020). Hambatan Epistimologis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Didaktik Matematika, 7(1), 72–89. https://doi.org/10.24815/jdm.v7i1.15234

Mairing, J., Budayasa, I., & Juniati, D. (2011). Profil Pemecahan Masalah Siswa Peraih Medali OSN Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 18(1), 57–64.

Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 672–688.

Maulidya, A. (2018). Berpikir Asosiatif, yaitu suatu ide merangsang timbulnya ide-ide lain. 1, 11–29.

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakag) di SMPn Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. In CEUR Workshop Proceedings (Vol. 1304, pp. 89–92). SAGE Publications.

Mulyati, T. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar (Mathematical Problem Solving Ability of Elementary School Students). EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 1–20.

Nabilah, E., Azhar, E., Purwanto, S. E., & Nabilah, E. (2021). Kecemasan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Modelling Matematika Pada Praktek Kelas Virtual. Internatioinal Journal of Progressive Mathematics Education, 1(1), 41–60. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i1.6595

NCTM. (2000). A Vision for School Mathematics. Principles and Standards for School Mathematics, 3–8.

Nuriadin, I. (2021). Analysis of Students Mathematical Reasoning Abilities on Number Topics. Psychology and Education Journal, 58(1), 4750–4755. https://doi.org/10.17762/pae.v58i1.1634

Nuriadin, I., Kusumah, Y. S., Sabandar, J., & Dahlan, J. a. (2015). Enhancing Of Students’ Mathematical Reflective Thinking Ability Through Knowledge Sharing Learning Strategy In Senior High School. International Journal of Education and Research, 3(9), 255–268.

Okenews. (2018). Indonesia Gawat Darurat Matematika. Https://News.Okezone.Com/Read/2018/11/12/65/1976537/Indonesia-Gawat-Darurat-Matematika.

Phonapichat, P., Wongwanich, S., & Sujiva, S. (2014). An Analysis of Elementary School Students’ Difficulties in Mathematical Problem Solving. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116(2012), 3169–3174. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.728

Purwanto, S. E. (2014). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik. Sigma Journal, VI(1).

Rani, A. M., & Istiqomah, I. (2019). Profil kemampuan pemecahan masalah matematika Materi Vektor. Prosiding SENDIKA, 1(1).

Ranti, M. G., Budiarti, I., & Trisna, B. N. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar (Self Regulated Learning) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Math Didactic, 3(1), 75–83. https://doi.org/10.33654/math.v3i1.57

Risani, R. T., & Nuriyatin, S. (2021). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 14(2), 13–20.

Sabaruddin. (2019). Penggunaan Model Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Aanalisis Peserta Didik Pada Materi Gravitasi Newton. Lantanida Journal, 7(1).

Saida, A., Ikram, M., Saida, A., & Ikram, M. (2021). Analysis of Students ’ Creative Thinking in Solving Cuboid Problems Analysis of Students ’ Creative Thinking in Solving Cuboid Problems. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(2), 104–116. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i2.7307

Sanders, S. (2016). Critical and Creative Thinkers in Mathematics Classrooms. Journal of Student Engagement: Education Matters, 6(1), 19.

Saputri, R. A. (2019). Analisis Pemecahan Masalah Soal Cerita Materi Perbandingan Ditinjau Dari Aspek Merencanakan Polya. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 3(1), 21–38.

Sari, L., & Maidiyah, E. (2019). Proses Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Materi Bentuk Aljabar Melalui Model Problem-Based Learning. Jurnal Peluang, 7(2), 77–84. https://doi.org/10.24815/jp.v7i2.15099

Schleicher, A. (2018). PISA 2018 Insights and Interpretations. 24(1), 12–17.

Tan, L. S., & Ang, K. C. (2016). A school-based professional development programme for teachers of mathematical modelling in Singapore. Journal of Mathematics Teacher Education, 19(5), 399–432. https://doi.org/10.1007/s10857-015-9305-z

Tisngati, U. (2015). Proses berpikir reflektif mahasiswa dalam pemecahan masalah pada materi himpunan ditinjau dari gaya kognitif berdasarkan langkah polya. Beta:Jurnal Tadris Matematika, 8(2), 142–152.

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. December 2019, 20–22. https://doi.org/10.31219/osf.io/pcjvx

Umam, K. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa melalui pembelajaran Reciprocal Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(2), 57–61.

Umam, K., & Kowiyah, K. (2018). The Effect of Non-Routine Geometry Problem on Elementary Students Belief in Mathematics: A Case Study. JETL (Journal Of Education, Teaching and Learning), 3(1), 99. https://doi.org/10.26737/jetl.v3i1.552

Wahyu Hidayat, R. S. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109. https://doi.org/10.1016/S0962-8479(96)90008-8

Wang, P. &. (2003). Middle school children’s strategic behavior: Classification and relation to academic achievement and mathematical problem solving. Instructional Science, 31(6), 419–449.

Widodo, S. A. (2013). Analisis Kesalahan Dalam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Membuktikan Pada Mahasiswa Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(2), 106–113.

Yarmayani, A. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Xi Mipa Sma Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(2), 12–19.

Zhang, D., Ding, Y., Barrett, D. E., Xin, Y. P., & Liu, R. De. (2014). A comparison of strategic development for multiplication problem solving in low-, average-, and high-achieving students. European Journal of Psychology of Education, 29(2), 195–214. https://doi.org/10.1007/s10212-013-0194-1




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.