KECEMASAN MENGAJAR MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN ONLINE DAN DAMPAKNYA PADA METODE PENGAJARAN GURU

Endah Wulantina(1*), Fertilia Ikashaum(2), Juitaning Mustika(3), Nur Indah Rahmawati(4), Angga Kurniawan(5),

(1) IAIN Metro
(2) Institut Agama Islam Negeri Metro
(3) Institut Agama Islam Negeri Metro
(4) Institut Agama Islam Negeri Metro
(5) Institut Agama Islam Negeri Metro
(*) Corresponding Author


Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) tingkat  kecemasan guru matematika di sekolah  terhadap pembelajaran online; 2) faktor-faktor kecemasan mengajar matematika pada pembelajaran online, 3) dampak dari kecemasan mengajar matematika terhadap metode mengajar guru pada pembelajaran online. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan pada 31 guru matematika yang mengajar pada pembelajaran online. Data dikumpulkan melalui kuesioner Mathematics Teaching Anxiety Scale (MTAS) sebanyak 19 item. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa level kecemasan mengajar matematika guru pada pembelajaran online sebanyak 7 orang (22,6%) kategori tingkat kecemasan tinggi, sebanyak 14 orang (58%) kategori tingkat kecemasan sedang dan sebanyak 6 orang (19,4%) kategori tingkat kecemasan rendah. Kecemasan mengajar matematika yang paling banyak dirasakan adalah terkait siswa yang tidak dapat berpartisipasi secara aktif dalam pelajaran matematika online serta siswa yang tidak mampu memahami materi yang disampaikan oleh guru. Tingkatan kecemasan mengajar matematika memberikan dampak berbeda terhadap metode yang dipakai guru pada pembelajaran online. Responden dengan tingkat kecemasan mengajar tinggi secara umum menggunakan media whatsapp, mengajar dengan mengirimkan video pembelajaran yang diunduh dari youtube kemudian menjelaskan materi berdasarkan video dan buku paket. Responden dengan  tingkat kecemasan mengajar matematika sedang menggunakan media pembelajaran seperti video dari youtube, membuat kuis sebelum dan sesudah pembelajaran serta menyiapkan rencana pembelajaran sebelum jadwal pembelajaran berlangsung. Responden dengan  tingkat kecemasan mengajar matematika rendah menggunakan metode pemecahan masalah, metode kooperatif serta diskusi tanya jawab melalui google meet maupun google classroom.


Keywords


Kecemasan Mengajar Matematika, Metode Pengajaran Guru, Pembelajaran Online

References


Alkan, V., Coşguner, T., & Fidan, Y. (2019). Mathematics Teaching Anxiety Scale: Construction, Reliability and Validity. International Journal of Assessment Tools in Education, October, 506–520. https://doi.org/10.21449/ijate.625423

Anggianita, S., Yusnira, Y., & Rizal, M. S. (2020). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan. Journal of Education Research, 1(2), 177–182. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.18

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Azwar. Rineka Cipta.

Dzulfikar, A. (2016). Kecemasan Matematika Pada Mahasiswa Calon Guru Matematika. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 34. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i1.508

Goetz, T., Bieg, M., Lüdtke, O., Pekrun, R., & Hall, N. C. (2013). Do Girls Really Experience More Anxiety in Mathematics? Psychological Science, 24(10), 2079–2087. https://doi.org/10.1177/0956797613486989

Gresham, G., & Burleigh, C. (2019). Exploring early childhood preservice teachers’ mathematics anxiety and mathematics efficacy beliefs. Teaching Education, 30(2), 217–241. https://doi.org/10.1080/10476210.2018.1466875

Heru, H., Yuliani, R. E., & Nery, R. S. (2020). Kecemasan mengajar matematika mahasiswa calon guru dalam melakukan praktik mengajar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i1.14308

Istikomah, E., & Wahyuni, A. (2018). Student’s Mathematics Anxiety on The Use of Technology in Mathematics Learning. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 3(2), 69. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v3i2.6364

Lancu, A. E., Rusu, A., Maroiu, C., Pacurar, R., Laurentiu, L. (2017). The Effectiveness of Interventions Aimed at Reducing Teacher Burnout: a Meta-Analysis. Educational Psychology Review. 30(2), 373-396.

Maslach, C., Leiter, M. (2016). Understanding The Burnout Experience: Recent Research and Its Implications for Psychiatry. World Psychiatry.

(2), 103-111.

Peker, M., & Ertekin, E. (2011). The relationship between mathematics teaching anxiety and mathematics anxiety. New Educational Review, 23(1), 213–226.

Quander, J., & Stuart, V. (2016). Math Anxiety in Elementary School. National Coucil of Teachers of Mathematics, 19(7), 405–407.

Rayner, V., Pitsolantis, N., & Osana, H. (2009). Mathematics anxiety in preservice teachers: Its relationship to their conceptual and procedural knowledge of fractions. Mathematics Education Research Journal, 21(3), 60–85. https://doi.org/10.1007/BF03217553

Tatar, E., Zengin, Y., & Kağizmanli, T. B. (2015). What is the relationship between technology and mathematics teaching anxiety? Educational Technology and Society, 18(1), 67–76.

Van der Sandt, S., & O’Brien, S. (2017). Impact of Instructor Teaching Style and Content Course on Mathematics Anxiety of Preservice Teachers Suriza Van der Sandt & Steve O ’ Brien. Journal of Technology Education, 29(1), 95–111.

Vukovic, R. K., Kieffer, M. J., Bailey, S. P., & Harari, R. R. (2013). Mathematics anxiety in young children: Concurrent and longitudinal associations with mathematical performance. Contemporary Educational Psychology, 38(1), 1–10. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2012.09.001

Wilson, S. (2009). “ Better You Than Me ”: Mathematics Anxiety and Bibliotherapy in Primary Teacher Professional Learning . Crossing Divides: Proceedings of the 32nd Annual Conference of the Mathematics Education Research Group of Australasia (Vol. 2)., 2, 603–610.

Yuliani, R. E., Suryadi, D., & Dahlan, J. A. (2019). Analysis of mathematics anxiety of junior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042053




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.