ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERMUATAN HIGHER-ORDER THINKING SKILLS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

Rifda Zahra Amalia(1*), Windia Hadi(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Prof Dr.Hamka
(2) Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.HAMKA
(*) Corresponding Author


Abstract


Kemampuan pemecahan masalah matematika memiliki peran penting pada  pembelajaran matematika pada kurikulum 2013 yang membuat pendidikan harus mempersiapkan generasi baru yang memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan suatu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis bermuatan higher-order thinking skills ditinjau dari gaya belajar. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif  dengan instrumen angket gaya belajar, tes tertulis dan wawancara dengan indikator kemampuan pemecahan masalah. Subyek penelitian ini adalah 36 siswa kelas 8 di kota Tangerang. Siswa diberikan angket terlebih dahulu untuk nantinya diperoleh 3 siswa secara acak melakukan tes tertulis dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan kemampuan pemecahan masalah matematis bermuatan higher oerder thinking skills pada siswa yang memiliki gaya belajar visual mampu memenuhi dengan baik semua indikator pemecahan masalah baik dalam soal menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Siswa dengan gaya belajar auditorial mampu memenuhi semua indikator pemecahan masalah pada soal mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6), kurang mampu dalam memenuhi indikator membuat rencana pemecahan masalah dalam soal menganalisis (C4). Dan siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik mampu memenuhi semua indikator pemecahan masalah pada soal menganalisis (C4) dan mengevaluasi (C5), kurang mampu dalam memenuhi indikator menyelesaikan masalah dalam soal mencipta (C6).


References


Ahmad, M. (2017). P Engembangan P Erangkat P Embelajaran M Atematika R Ealistik Untuk M Embelajarkan K Emampuan P Emecahan M Asalah M Atematika S Iswa Smp D Evelopment of R Ealistic M Athematics L Earning D Evices To T Each S Tudent. Jurnal “Mosharafa,” 6(September), 373–384.

Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas Xi Sma Putra Juang Dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62

Amalia, D., & Hadi, W. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Berdasarkan Kemampuan Penalaran Matematis. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 219–236. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.904

Aprianti, B. D., Sucipto, L., Riska, K., & Kurniawati, A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika kelas viii berdasarkan gaya belajar siswa. Paedogoria: Jurnal Kajian, Penelitian, Dan Pengembangan Kependidikan, 11(3), 289–296. http;//journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria

Harahap, E. R., & Surya, E. (2017). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL. Jurnal Edumatica, 07.

Ilmi, M. B., & Rosyidi, A. H. (2016). Profil Pemecaham Masalah Matematika Siswa SMP Kelas VIII Ditinjau dari Tingkat Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(5), 21–29.

Imamuddin, M., Rusdi, Isnaniah, & Audina, M. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Gaya Belajar. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(5), 55.

Mangwende, E., & Maharaj, A. (2019). Barriers to Mathematics Teachers’ Use of Their Knowledge of Students’ Learning Styles in Mathematics Teaching: A Case of Secondary Schools in Zimbabwe. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(1), 1–15. https://doi.org/10.29333/ejmste/109198

Mariam, S., Rohaeti, E. E., & Sariningsih, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Aliyah pada Materi Pola Bilangan. Journal on Education, 1(2), 156–162.

OECD. (2019). Programme for international student assessment (PISA) results from PISA 2018. Oecd, 1–10. https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf

Purbaningrum, K. A. (2017). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 40–49. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2029

Putra, H. D., Putri, W. A. S., Fitriana, U., & Andayani, F. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Siswa. Supremum Journal of Mathematics Education, 2(1), 60–70.

Rambe, A. Y. F., & Afri, D. L. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 09(2), 175–187.

Richardo, R., Retno, D., & Saputro, S. (2014). MATEMATIKA DIVERGEN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA ( Studi Pada Siswa Kelas IX MTS Negeri Plupuh Kabupaten Sragen Semester Gasal Tahun Pelajaran 2013 / 2014 ). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(2), 141–151.

Saputri, A. E., & Hadi, W. (2021). PENGEMBANGAN E-BOOK BERMUATAN HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS). 10(2), 1008–1021.

Setyadi, D., Masi, L., Salim, S., & Kadir, K. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Perbedaan Gaya Belajar. Jurnal Amal Pendidikan, 1(1), 63–69. http://ojs.uho.ac.id/index.php/japend/article/view/11684

Solihah, S., Mulyani, L. S., & Ardiana, C. (2020). Analisis Gaya Belajar Siswa Berdasarkan Visual, Auditori, Kinestetik Pada Mata Pelajaran Biologi MAN 1 Garut. Gunahumas Jurnal Kehumasan, 3(1), 1–12.

Suratmi, S., & Purnami, A. S. (2017). Pengaruh Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Persepsi Siswa Terhadap Pelajaran Matematika. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 183–194. https://doi.org/10.30738/.v5i2.1241

Umrana, Cahyono, E., & Sudia, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 4(1), 67–76.

Wahyuni, Y. (2017). IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR (VISUAL, AUDITORIAL, KINESTETIK) MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS BUNG HATTA. JPPM, 10(2).

Yusuf, M., Amin, M., Tarbiyah, F., Uin, K., & Makassar, A. (2016). Pengaruh Mind Map dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadris




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.