PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MODEL GROUP INVESTIGASI BERBASIS PENALARAN BERBANTUAN SOAL OPEN-ENDED PADA KURIKULUM MATEMATIKA SMP

Moh. Mahfud Effendi(1*), Silvia Irene(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author


Abstract


Tujuan kurikulum dapat dicapai dengan cara mengimplementasikannya dalam bentuk pembelajaran di kelas melalui model pembelajaran tertentu. Rendahnya penalaran siswa SMP menunjukan proses pembelajaran tidak berjalan secara efektif dan efisien, untuk itu memerlukan pengembangan model pembelajarannya. Atas dasar itulah, maka tujuan penelitian ini adalah pengembangan pembelajaran model Group Investigasi berbasis penalaran berbantuan soal open-ended pada Kurikulum Matematika SMP. Metode yang digunakan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan penalaran matematika siswa, adalah metode research and development (R&D). Sedangkan data diperoleh melalui teknik dokumen, observasi, angket, dan tes. Berdasarkan uji validitas, perangkat pembelajaran yang dihasilkan dinyatakan valid/layak dan bisa digunakan. Sedangkan hasil uji coba dalam praktik pembelajaran di SMPN 3 Batu, Malang, Jawa Timur, Indonesia didapat bahwa uji keterlaksanaan dalam kategori sangat sesuai, sikap siswa baik, dan dapat meningkatkan penalaran matematika siswa. Untuk mengetahui peningkatan penalaran, maka menggunakan instrument tes berbasis penalaran yang sudah divalidasi pada pre-test dan post-test. Hasil posttest lebih tinggi dari pretest, dan ada perbedaan yang signifikan antara keduanya, dengan t-tes = -10,54, dan sig. (2-tailed) = 0,000. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran model Group Investigasi berbasis penalaran dengan soal open-ended ini dapat dan layak digunakan dalam Kurikulum Matematika di SMP.


Keywords


kurikulum matematika SMP, model grup investigasi, open-ended, penalaran

References


Ario, M. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMK Setelah Mengikuti Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Ilmiah Edu Research, 5(2), 125–134.

Bintang Wicaksono, Laela Sagita, W. N. (2017). Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan. 8(2), 1–8.

Een, Hardianto, L. E. A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas. E-Journal Mahasiswa Prodi Matematika, 1(1), 4–7.

Fitri, R., Helma, & Syarifuddin, H. (2014). Penerapan Strategi The Firing Line pada Pembalajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batipuluh. Jurnal Pendidikan Matematika,3(1),18–22. https://doi.org/10.7537/marsjas120916.12.Keywords

Foong, Pui Yee. (2000). Using Short Open-ended Mathematics Questions to Promote Thinking and Understanding. National Institute ofEducation,Singapore, pyfoong@nie.edu.sg

Fuadi, R.R.J.S.M. (2016). Peningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Kontekstual. Didaktika Matematika, 3(1), 47– 54.

Gay, L.R, et.al, (2006). Educational Research: Competencies for Analysis and Applications. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 182–190.

Gurbuz, G. A. and F. (2013). Group Investigation Teaching Technique in Turkish Primary Science Courses. Balkan Physics Letters, 21(May), 99–106.

Hidayati, A., & Widodo, S. (2015). Proses Penalaran Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Pokok Dimensi Tiga Berdasarkan Kemampuan Siswa di SMA Negeri 5 Kediri. Jurnal Math Educator Nusantara, Vol 1(2), 131–143.

Iswardati. (2016). The Implementation of Group Investigation to Improve the Students’ Speaking Skill. Dinamika Ilmu, 16(2), 245–261.

Kemendikbud, Dirjen GTK (2019). Buku Penilaian Berorientas HOTs. Kemendikbud. Jakarta.

Kholid, M., Mukhlis, Y., & Khasanah, U. (2014). Learning Model Experimentation of Student Team Achievement Division (STAD) and Think Pair Share (TPS) of Assesment for Learning (AFL) Based. Proceeding of International Conference on Research, Implementation and Education Of Mathematics And Sciences, 1– 8.

Kurniati, D.; R. H.; N. A. J. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Di Kabupaten Jember Dalam Menyelesaikan Soal Berstandar Pisa. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.8058

Leonard, & Supardi U.S. (2010). Pengaruh konsep diri, sikap siswa pada matematika, dan kecemasan siswa terhadap hasil belajar matematika. Cakrawala Pendidikan, 29(3),341–352. https://doi.org/ 10.21831/cp.v3i3.362

Mahmudi, A. (2008). Mengembangkan Soal Terbuka (Open-Ended Problem) dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1–11.

McMillan, James H. (2008). Educational Research: Fundamentals for The Consumer, 5th Edition USA: Person Education, Inc.

Nilasari, A., Effendi, Moh. Mahfud., Putri, Octavina Rizky Utami. (2020). Analisis Self-Confidence dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA dalam Kurikulum Berbasis UKBM. Jurnal AKSIOMA Volume 9 No 2 2020, Juni 2020. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/issue/view/167

Nataliasari, I. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTS. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1), 1–12.

Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Pitoyo, A., Waluyo, H. J., & Suwandi, S. (2014). The Effect of Group Investigation Learning Model, Accelerated Learning Team and Role Playing on Elementary School Students’ Writing Skills viewed from Cognitive Style. 5(2), 95–104.

Rawa, Sutawidjaja, Sudirman. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Learning Cycle-7e Pada Materi Trigonometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 6 Bulan Juni Tahun 2016 Halaman: 1042—1055, EISSN: 2502-471X

Riyanto, B., & Siroj, R. A. (2011). Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Prestasi Matematika dengan Pendekatan Konstruktivisme Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 111–128.

Sobarningsih, N.; T. K. R. (2018). Pengaruh Model Group Investigation dan Model Group Investigation dengan AfL Terhadap Hasil Belajar Matematika. JPPM, 11(2), 145–156.

Sukmadinata. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tuna, A. P. D. A., Biber, A. P. D. A. C., & Incikapi, A. P. D. L. (2013). Analysis of Mathematics Teacher Candidates’ Logical Thinking Levels: Case of Turkey. Jurnal of Educational and Instructional Studies, 3(1), 83–91.

Ufuktepe, Ü., & Özel, C. T. (2002). Avoiding mathematics trauma: Alternative teaching methods. International Conference on the Teaching of Mathematics, 21, 33–46.

Zaman, A., Farooq, R. A., Hussain, A., Ghaffar, A., & Niwaz, A. (2017). Logical Thinking in Mathematics: a Study of Secondary School Students in Pakistan. Journal of Research Sociery of Pakistan, 54, 47–54. http://pu.edu.pk/images/journal/history/PDF-FILES/4_54_1_17.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.