WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE?
(1) UIN Alauddin Makassar
(2) UIN Alauddin Makassar
(3) UIN Alauddin Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Pandemi Covid-19 mengubah drastis sistem dan kegiatan pembelajaran di Indonesia. Kegiatan belajar yang biasanya dilakukan secara tatap muka beralih menjadi online (daring) melalui bantuan berbagai aplikasi mulai dari yang paling familiar yaitu WhatsApp sampai aplikasi yang baru bagi kalangan pelajar seperti zoom, gmeet, dan classroom. Perubahan yang tiba-tiba ini tentunya tetap harus dipantau dan ditelaah kemajuan dan keberhasilannya. Penelitian ini merupakan kualitatif yang hasilnya dijabarkan secara deskriptif. Maksud dilaksanakannya penelitian ini untuk mengeksplore sejauh mana keefektifan dari WhatsApp sebagai media dalam pembelajaran daring. Penelitian ini ditujukan kepada para peserta didik kelas VIII di MTs Manongkoki dengan sampel penelitian yang dipilih adalah kelas VIII 3. Jumlah sampel penelitian ialah 32 orang. Data dikumpulkan melalui observasi serta wawancara, kemudian teknik analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif. Hasilnya mengungkapkan bahwa pemanfaatan WhatsApp untuk pembelajaran daring belum efektif karena adanya beberapa kendala baik dari pihak pendidik maupun peserta didik seperti tidak stabilnya sinyal, pasifnya instruksi guru, hingga kesibukan orang tua untuk bisa mengontrol anaknya. Oleh sebab itu perlu evaluasi kembali terhadap pendidik dalam hal merencanakan rangkaian pembelajaran online.
Abstract
The Covid-19 pandemic has drastically changed the learning system and activities in Indonesia. Learning activities that are usually carried out face-to-face have turned online through the help of various applications, ranging from the most familiar like WhatsApp to applications that are new to students such as zoom, gmeet, and classroom. This research is a qualitative study, the results of which are described descriptively. The purpose of carrying out this research is to explore the extent to which the effectiveness of WhatsApp as a medium in online learning. This research was aimed at students of class VIII at MTs Manongkoki with the research sample chosen was class VIII 3. The number of research samples was 32 people. Data were collected through observation and interviews. The results reveal that the use of WhatsApp for online learning has not been effective due to several obstacles, both on the part of educators and students such as unstable signals, passive teacher instructions, and busy parents to be able to control their children. It is necessary to re-evaluate educators in term of planning online learning series.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alamiah, U. S., & Afriansyah, E. A. (2017). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara yang Mendapat Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education dan Open-Ended. Jurnal Mosharafa, 6(2), 207–216. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.308
Arifa, F. N. (2020). TANTANGAN PELAKSANAAN KEBIJAKAN BELAJAR DARI RUMAH DALAM MASA DARURAT COVID-19. Info Singkat, 12(7), 13–18. https://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-XII-7-I-P3DI-April-2020-1953.pdf
Barlian, T., Roni, K. A., Sofiah, & Apriani, Y. (2021). APLIKASI WHATSAPP SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF UJIAN ONLINE DI SIT MUSH’AB BIN UMAIR. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 268–273. https://doi.org/10.31604/jpm.v4i1.268-273
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi). Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112
Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI VIRUS CORONA. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 74–84. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950
Daheri, M., Juliana, Deriwanto, & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445
Daheri, M., & Warsah, I. (2019). Akhlak: Relasi antara Sekolah dan Keluarga. At-Turats: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 13(1), 3–20. https://doi.org/https://doi.org/10.24260/at-turats.v13i1.1285
Dahlia, I., & Hoiriyah. (2020). KOMPARASI TINGKAT EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID 19 (STUDI KASUS WHATSAPP DAN GOOGLE CLASSROOM ) DI DESA PAMAROH. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 270–274. http://proceeding.uim.ac.id/index.php/senias/article/view/551
Dewi, W. A. F. (2020). DAMPAK COVID-19 TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Kemendikbud. (2020). SE Mendikbud: Pembelajaran Secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). 17 Maret. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19
Kurniati, E., Kusumanita, D., & Andriani, F. (2021). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241–256. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/541/pdf
Kusuma, J. W., & Hamidah. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika dengan Penggunaan Platform WhatsApp Group dan Webinar Zoom dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. JIPMat: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 97–106. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5942
Lestari, W. (2021). Pemanfaatan WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran dalam Jaringan Masa Pademi Covid-19 di Kelas VI Sekolah Dasar [Universitas Jambi]. https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15971
Muhdi, & Nurkolis. (2021). Keefektivan Kebijakan E-Learning Berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 212–228. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.535
Munawaroh, I. (2019). Penggunaan Media Sosial Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas 9 SMP N 1 Sindangkasih Kabupaten Ciamis. Prosiding Seminar Nasional & Call For Paper. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1050
Muttaqin, T., & Kurniawan, K. (2021). Pemanfaatan Media Sosial WhatsApp sebagai Media Pembelajaran Kelas VI A dan B di MI Miftahul Huda Jatisari Krenceng Kepung Kediri Tahun Pelajaran 2020/2021 M. SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(1), 97–125. https://doi.org/https://doi.org/10.2906/salimiya.v2i1.284
N, S. A., Bayu, Rani, & Meidawati. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship, 1–5. http://conference.upgris.ac.id/index.php/snse/article/view/204
Nabilla, R., & Kartika, T. (2020). Whatsapp Grup Sebagai Media Komunikasi Kuliah Online. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 193–202. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/interaksi.v4i2.4595
Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 129–135. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4763
Parinduri, T. H. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KESEHATAN PELABUHAN KELAS I MEDAN [Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara]. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1675
Sar’an, S. L., & Budiman, F. (2020). Pengaruh Literasi Akidah Akhlak Dan Teman Sebaya Terhadap Akhlak Siswa. Jurnal Al-Karim: Jurnal Pendidikan, Psikologi, Dan Studi Islam, 5(2), 107–124. https://jurnal.stai-yaptip.ac.id/index.php/alkarim/article/view/126
Singh, A. (2018). Facebook, WhatsApp, and Twitter: Journey towards Education. SOSHUM Jurnal Sosial Dan Humaniora [Journal of Social Sciences and Humanities], 8(2), 139–149. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31940/soshum.v8i2.987
Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pemanfaatan Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai MOdel Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 61–68. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25078/aw.v5i1.1306
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3724
Refbacks
- There are currently no refbacks.