KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH BERDASARKAN TAHAPAN POLYA
(1) Unibersitas Pendidikan Indonesia Universitas Kuningan
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa calon guru sekolah menengah berdasarkan tahapan Polya pada penerapan konsep bangun layang-layang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yang dilakukan pada 10 mahasiswa calon guru matematika semester 8, di salah satu perguruan tinggi swasta di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui triangulasi data berdasarkan hasil tes, observasi dan wawancara. Analisis nilai mata kuliah geometri terdapat lima kategori tinggi (KT), tiga kategori sedang (KS) dan dua kategori rendah (KR). Triangulasi data menunjukkan bahwa seluruh mahasiswa calon guru KT, KS, dan KR tidak memeriksa kembali sousi yang diperoleh dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. Mahasiswa KT melakukan tahap penyelesaian maslah sampai pada tahap 3, terdapat dua mahasiswa yang memperoleh solusi yang benar, satu mahasiswa memperoleh solusi yang salah disebabkan kesalahan operasi hitung, dua mahasiswa tidak mempeleh solusi disebabkan kurang teliti dalam membaca soal dan kesulitan operasi hitung. Mahasiswa KS, tahap penyelesaian maslah sampai pada tahap 3, terdapat satu mahasiswa yang memperoleh solusi yang benar, dua mahasiswa memperoleh solusi yang salah disebabkan kesalahan operasi hitung. Mahasiswa KR, satu mahasiswa menyelesaikan masalah sampai pada tahap 3, memperoleh solusi namun solusinya salah disebabkan kesalahan operasi hitung, satu mahasiswa tidak memahami soal yang diberikan dan lupa konsep yang harus digunakan dalam menyelesaikan masalah.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afdila, N. F., & Roza, Y. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah konstekstual materi bangun ruang sisi datar berdasarkan tahapan Kastolan. LEMMA : Letters of Mathematics Education, 5(1), 65–72.
Barham, A. I. (2019). Investigating the Development of Pre-Service Teachers’ Problem-Solving Strategies via Problem-Solving Mathematics Classes. European Journal of Educational Research, 9(1), 129–141. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.129
Fadzil, H. M. (2017). Exploring early childhood preservice teachers ’ problem-solving skills through socioscientific inquiry approach. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 18(1), 1–20.
Harahap, Z. I. S., Muchlis, E. E., & Maulidiya, D. (2019). Faktor – faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal luas permukaan kubus dan balok. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(3), 342–352.
Iqbal, T., & Akbar, R. (2020). Pelatihan Internet dan Powerpoint untuk Guru-Guru di Sekolah Dasar Negeri 19 Kota Sabang. BAKTI BANUA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 18–24.
Khoirunnisa, S., Sulhan, Kalsum, U., Timbu, D. L., Ngongo, O. B., & Ambarawati, M. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 2(2), 21–32.
Koyuncu, I., Akyuz, D., & Cakiroglu, E. (2014). Investigasi plane geometry problem-solving startegies of prospective mathematics teachers in technology and paper-and-pencil environments. International Journal of Science and Mathematics Education, 13, 837–862. https://doi.org/10.1007/s10763-014-9510-8
Leong, K. E., Chew, C. M., & Rahim, S. S. A. (2015). Understanding Malaysian Pre-Service Teachers Mathematical Content Knowledge and Pedagogical Content Knowledge. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(3), 363–370. https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1346a
Masfingatin, T., Murtafiah, W., & Krisdiana, I. (2018). Prospective Student Teachers Of Mathematics Abilities In Problem Solving Geometry Theorem Proving. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 41–50.
Mulyana, E., Turmudi, & Juandi, D. (2014). Model pengembangan desian didaktis subject specific pedagogy bidang matematika melalui program pendidika profesi guru. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(2), 141–149.
National Council for Accreditation of Teacher Education (NCATE). (2008). Professional standards for the accreditation of teacher preparation institutions. washington DC: NCATE.
Nugroho, A., & Dwijayanti, I. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Calon Guru Matematika Pada Mata Kuliah Program Linier. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 277–284.
Pratiwi, D., Santi, D., & Maharani, A. (2019). Kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam menyelesaikan soal cerita berbasis karakter pada materi bilangan pecahan A . PENDAHULUAN Matematika sebagai ratu dan pelayannya ilmu dapat membantu memecahkan permasalahan manu. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 194–202. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5110
Punding, W. (2019). Punding: Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran. Jurnal Pendidikan, 19(2), 129–142.
Saputro, B. A., & Sumarni, S. (2017). Desain Pembelajaran Garis Bagi Sudut Dengan Pendekatan Matematika Realistik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 136. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i1.915
Sari, A. R., & Aripin, U. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Segiempat ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6), 1135–1142.
Sumarni, Darhim, & Fatimah, S. (2020). Didactic trajectory of learning device development using project-based learning. Journal of Physics: Conference Series, 1470(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012065
Sumarni, Darhim, Fatimah, S., Widodo, S., & Riyadi, M. (2019). Mathematics Content Knowledge Prospective Teachers Through Project-Based Learning Assisted By GeoGebra 5.0. In ICSTI 2018 (p. 2281289). https://doi.org/10.4108/eai.19-10-2018.2281289
Sumarni, S., Darhim, D., & Siti, F. (2019). Profile of mathematical knowledge for teaching of prospective mathematics teachers in develop the lesson plan. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042107
Tanujaya, B., Mumu, J., & Margono, G. (2017). The Relationship between Higher Order Thinking Skills and Academic Performance of Student in Mathematics Instruction. International Education Studies, 10(11), 78–85. https://doi.org/10.5539/ies.v10n11p78
Tatto, M. T., Banvok, K., Becker, A., Brese, F., Byun, S.-Y., Carstens, R., … Yu, A. (2013). The Teacher Education and Development Study in Mathematics (TEDS-M): Policy, Practice, and Readiness to Teach Primary and Secondary Mathematics in 17 Countries. Technical Report. https://doi.org/10.1038/nn.2116
Tatto, M. T., & Senk, S. (2011). The mathematics education of future primary and secondary teachers: Methods and findings from the teacher education and development study in mathematics. Journal of Teacher Education, 62(2), 121–137. https://doi.org/10.1177/0022487110391807
Usta, N. (2020). Evaluation of Preservice Teachers ’ Skills in Solving Non-Routine Mathematical Problems through Various Strategies. Asian Journal of Education and Training, 6(3), 362–383. https://doi.org/10.20448/journal.522.2020.63.362.383
Yayuk, E., & Husamah, H. (2020). The Difficulties of Prospective Elementary School Teachers in Item Problem Solving for Mathematics : Polya ’ s Steps. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(March), 361–378.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3717
Refbacks
- There are currently no refbacks.