PERSEPSI GURU MATEMATIKA TERHADAP PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING)

Rizka Juni Anisa(1), Padrul Jana(2*), Marsiyam Marsiyam(3),

(1) Universitas PGRI Yogyakarta
(2) Universitas PGRI Yogyakarta
(3) SMK N 4 Yogyakarta
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Selama pandemi wabah Covid-19, guru melakukan pembelajaran secara daring. Pembelajaran daring menjadi pilihan utama karena adanya pandemi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru terhadap pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika. Persepsi guru yang digali meliputi aspek materi ajar, interaksi belajar, dan lingkungan belajar matematika dalam pembelajaran daring. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori kualitatif deskriptif. Pengambilan data penelitian menggunakan angket Google Form dan wawancara. Data diperoleh dari guru matematika tingkat SMP dan SMA sederajat di Daerah Istimewa Yogyakarta sebanyak 30 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Selanjutnya dilakukan keabsahan data untuk mengecek data yang didapatkan dari angket dengan data wawancara menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek materi ajar persepsi guru dalam kategori baik. Hal ini di dukung oleh pendapat guru bahwa dalam menyampaikan materi guru sebelumnya sudah merancang materi tersebut. Tentunya disesuaikan dengan kompetensi dasar agar materi yang diberikan sesuai dengan kebutuhan dan mudah untuk dipahami oleh siswanya. Pada aspek interaksi belajar menurut persepsi guru matematika itu dalam kategori  kurang. Hal ini karena tidak semua siswa menjadi aktif ketika pembelajaran daring berlangsung. Sedangkan pada aspek lingkungan belajar guru memiliki persepsi kurang. Hal ini juga di dukung oleh pendapat guru bahwa lingkungan belajar selama pembelajaran daring lebih susah dikondisikan karena tidak bertatap muka secara langsung, sehingga guru susah untuk memantau siswanya.

 

Kata kunci: Matematika; Pembelajaran Daring; Persepsi Guru.

 

Abstract

During the Covid-19 pandemic, teachers conducted online distance learning. Online learning the main choice because of this pandemic. This study aims to describe the teacher's perceptions of learning online on mathematics. Teacher perceptions that are explored include aspects of teaching materials, learning interactions, and the mathematics learning environment in online learning. This type of research is included in the descriptive qualitative category. Retrieval of research data using a questionnaire Google Form and interviews. Data obtained from mathematics teachers at the junior and senior high school levels in the Special Region of Yogyakarta as many as 30 respondents. The data analysis technique used was data reduction, data presentation, and conclusion drawing. Furthermore, the validity of the data was carried out to check the data obtained from the questionnaire with interview data using triangulation. The results showed that in the aspect of teaching material, the teacher's perception was in a good category. This is supported by the teacher's opinion that in delivering the material, the teacher had previously designed the material. Of course, it is adjusted to essential competencies so that the material provided is following the needs and is easy for students to understand. In the aspect of learning interaction, according to the mathematics teacher's perception, it is in a low category. This is because not all students become active when online learning takes place. Meanwhile, in the aspect of the learning environment, teachers have fewer perceptions. This is also supported by the teacher's opinion that the learning environment during online learning is more difficult to the condition because it does not meet face to face so that it is difficult for teachers to monitor their students.

Keywords: Mathematics; Online Learning; Teacher Perception.


Keywords


Matematika; Pembelajaran Daring; Persepsi Guru

References


Adijaya, N., & Santosa, L. P. (2018a). Persepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran Online. Wanastra Jurnal, 10(2), 105–110.

Adijaya, N., & Santosa, L. P. (2018b). Persepsi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online. 10(2).

Anggianita, S., Yusnira, & Rizal, M. S. (2020). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan. Journal of Education Research, 1(2), 177–182. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.18

Anggraini, A. (2018). Keefektifan Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Sebagai Pengganti Perkuliahan Konvensional Untuk Meningkatkan Kemampuan Analitis Mahasiswa. Jurnal Sosial Humaniora, 9(2), 95–105. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30997/jsh.v9i2.1101

Annur, M. F., & Hermasyah. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian, Pnelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 195–201.

Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring dalam Menghadapi Wabah Pandemi COVID-19. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880–889.

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367–375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514

Fortune, M. F., Spielman, M., & Pangelinan, D. T. (2011). Students’ Perceptions of Online or Face-to-Face Learning and Social Media in Hospitality, Recreation and Tourism. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005

Hidayah, A. F., Adawiyah, R. A., & Mahanani, P. R. (2020). No Title. Jurnal Penelitian Ilmu-Lmu Sosial, 21, 2.

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19 Achmad. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199. https://doi.org/10.5281/zenodo.3892262

Kusumaningrum, B., & Wijayanto, Z. (2020). Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif? (Studi Kasus pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 139–146. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/25029

Mastura, & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 634. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.293

Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646

Mutia, I., & Leonard, L. (2013). Kajian Penerapan E-Learning Dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Faktor Exacta, 6(4), 278–289.

Purwasih, R., & Elshap, D. S. (2021). Belajar Bersama Covid-19:Review Impelementasi, Tantangan Dan Solusi Pembelajaran Daring Pada Guru-Guru Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 940–950.

Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Taufik, A. (2019). Perspektif Tentang Perkembangan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. Jurnal Pendidikan&Konseptual. https://doi.org/DOI:http://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i4.111

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study at home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 1(1), 20–26. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.252

Wahyuniar, L. S., Rochana, S., Mahdiyah, U., Shofia, N., & Widodo, S. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DENGAN GOOGLE CLASSROOM DAN GOOGLE MEET TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA DISKRIT Universitas Nusantara PGRI Kediri , Kediri , Jawa Timur E-mail : Abstrak PENDAHULUAN Pada masa pandemi sekarang ini , seluruh sekolah dan univer. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 1063–1073.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.