DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS
(1) Universitas Sebelas Maret
(2) Universitas Sebelas Maret
(3) Universitas Sebelas Maret
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari disposisi matematis. Penelitian dilakukan di kelas VIII B SMP Takhassus Al Qur'an Pekuncen. Subjek penelitian adalah enam siswa yang diambil dari kategori disposisi matematika tinggi, sedang, dan rendah. Data diambil dari hasil angket disposisi matematis, hasil tes dan hasil wawancara kemampuan pemecahan masalah. Hasil dari penelitian ini adalah siswa dengan kemampuan disposisi matematis tinggi memiliki kemampuan yang baik dalam memahami masalah terbukti dari hasil wawancara, menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan dengan bahasanya sendiri tetapi belum menuliskannya secara lengkap. Tepat dalam merencanakan penyelesaian, perhitungan dan pelaksanaan rencana sehingga memperoleh hasil yang benar. Tahap memeriksa kembali tidak dilaksanakan oleh siswa dengan kemampuan disposisi tinggi kecuali merasa ada keganjalan pada solusi yang diperoleh. Siswa dengan kemampuan disposisi matematis rendah sudah berusaha menuliskan data yang diperoleh dalam bahasanya sendiri tetapi membutuhkan stimulus pertanyaan pada saat wawancara, kurang tepat dalam merencanakan solusinya, perhitungan dan memanfaatkan data sehingga menghambat tahap melaksanakan rencana. Siswa dengan kemampuan disposisi matematis rendah memerlukan perhatian khusus dari guru karena masih kesulitan memahami masalah sehingga tidak dapat melewati empat tahapan pemecahan masalah. Siswa dengan kemampuan disposisi matematis sedang dan rendah tidak melaksanakan tahap memeriksa kembali.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akbar, Gaza Ahmad Malik et al. 2018. “Analisis Kemampuan Kemampuan Penalaran Dan Self Confidence Siswa Sma Dalam Materi Peluang.” Journal On Education 1(1): 14–21.
Amam, A. 2017. “Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp.” Teorema 2(1): 39.
Andayani, F, and A.N Lathifah. 2019. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 3(1): 1–10.
Bernard, M, N Nurmala, S Mariam, and N Rustyani. 2018. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar.” SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) 2(2): 77–83.
Bhat, M. 2019. “Learning Styles in the Context of Reasoning and Problem Solving Ability: An Approach Based on Multivariate Analysis of Variance.” International Journal of Psychology and Educational Studies 6(1): 10–20.
Carson, J. 2007. “A Problem With Problem Solving: Teaching Thinking Without Teaching Knowledge.” Mathematics Educator 17(2): 7–14.
Chotimah, Si, I.P Sari, and L.S Zanthy. 2019. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Pada Materi Kubus Dan Balok.” P2M STKIP Siliwangi 6(2): 1–4. http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/p2m/article/view/1283.
Hamimah. 2019. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.” (May): 230–39.
Harahap, E. R, and E Surya. 2017. “KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL.” Edumatica 7(1): 44–54.
Hutajulu, Masta, Tommy Tanu Wijaya, and Wahyu Hidayat. 2019. “The Effect of Mathematical Disposition and Learning Motivation on Problem Solving: An Analysis.” Infinity Journal 8(2): 229.
Jimenez, E.C. 2020. “Problem Solving Ability of First Year High School Students in Mathematics as Affected by Cognitive Development Levels and Teaching Strategies.” INSTABRIGHT e-GAZETTE ISSN: I(III).
Khabibah, S, and T Wibowo. 2006. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Berdasarkan Langkah Polya.” Jurnal Pendidikan Matematika 1(1): 151–56.
Kusmaryono, Imam, Hardi Suyitno, Dwijanto Dwijanto, and Nurkaromah Dwidayati. 2019. “The Effect of Mathematical Disposition on Mathematical Power Formation: Review of Dispositional Mental Functions.” International Journal of Instruction 12(1): 343–56.
Mansyur. 2011. “Pengembangan Model Assessment for Learning Pada Pembelajaran Matematika Di Smp.” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 15(1): 71–91.
Mariam, S., E.E. Rohaeti, and R. Sariningsih. 2018. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Aliyah Pada Materi Pola Bilangan.” Journal on Education 1(2): 156–62.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Yearbook : NCTM Inc.
Novita, S, and E Surya. 2017. “Efektivitas Penggunaan Teknik Scaffolding Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Swasta Al-Washliyah Medan.” EDUMATICA | Jurnal Pendidikan Matematika 7(1): 1–10. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987.
OECD. 2019a. OECD Publishing PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing. https://www.oecd-ilibrary.org/docserver/9789264190511-en.pdf?expires=1569847112&id=id&accname=guest&checksum=08AEA3FD9105123D4555A383BD097B5E.
———. 2019b. “PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do.” In OECD, Paris: OECD Publishing. https://www.oecd-ilibrary.org/docserver/5f07c754-en.pdf?expires=1602971333&id=id&accname=guest&checksum=580336F78E8F9189B9132C8DB999103D.
Polya, G. 1973. Journal of Chemical Information and Modeling How to Solve It. Princeton and Oxford: Princeton University Press.
Prabawa, E.A, and Zaenuri. 2017. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Pada Model Project Based Learning Bernuansa Etnomatematika.” Unnes Journal of Mathematics Education Research 6(1): 120–29.
Pratiwi, I. 2019. “EFEK PROGRAM PISA TERHADAP KURIKULUM DI INDONESIA PISA EFFECT ON CURRICULUM IN INDONESIA.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 4(1): 51–71. http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/1157.
Priya, J. 2017. “RESEARCH PAPERS MATHEMATICAL PROBLEM SOLVING ABILITY OF By.” i-manager’s Journal on Educational Psychology 11(2): 36–44.
Sari, Novita, Izwita Dewi, and Edy Surya. 2020. “Development of Learning Devices Based on Guided Discovery to Improve Students’ Mathematical Reasoning Ability and Self-Esteem.” Journal of Education and Practice 11(2): 122–28.
Syaiful, Kamid, Muslim, and N Huda. 2020. “Identifiying of Problem Solving Abilities in Mathematics among Junior High School Students.” Journal of Education and Learning (EduLearn) 14(2): 176.
Syarifah, F.S.D, S Nuraidah, M.L.E.J Riadjanto, and R Maya. 2018. “Analisis Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp.” JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 1(2): 201–6.
Ulya, H. 2016. “Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving.” Jurnal Konseling GUSJIGANG 2(1): 90–96.
Utami, R.W, and D.U Wutsqa. 2017. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri Di Kabupaten Ciamis.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 4(2): 166.
Vendiagrys, L, and I Junaedi. 2015. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Soal Setipe Timss Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Model Problem Based Learning.” Unnes Journal of Research Mathematics Education 4(1): 34–41.
Wahyuni, E. T. 2015. “PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN, PEMECAHAN MASALAH, DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMK.”
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3685
Refbacks
- There are currently no refbacks.