BAGAIMANA PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN ONLINE?

Mayya Shofa Mahfud(1*), Mardiyana Mardiyana(2), Laila Fitriana(3),

(1) 
(2) mardiyana@staff.uns.ac.id
(3) Faculty of Teacher Training and Education, UniversitasSebelas Maret, Surakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep berdasarkan gender pada saat pembelajaran online yang bertempat di SMP Negeri 2 Patebon. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Pemilihan Subjek dengan purposive sampling. Data di peroleh dengan memberi soal kepada siswa kemudian  melakukan wawancara secara daring. Hasil penelitian ini menunjukkan Siswa laki-laki cenderung ceroboh, namun memiliki keyakinan yang tinggi bahwa jawabannya yang dimilikinya sudah benar, dan memiliki pemahaman matematika lebih cepat. Siswa perempuan memiliki emosi yang berlebihan sehingga dalam memahami konsep matematika dibutuhkan waktu, dan memiliki rasa cemas yang lebih ketika dihadapi dengan masalah matematika. Indikator pemahaman konsep yang belum tercapai adalah siswa dapat menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu atau algoritma pada pemecahan masalah. Perempuan memiliki pemahaman konsep kurang dibandingkan dengan laki-laki, namun laki-laki memiliki tingkat kecerobohan yang tinggi dibandingkan perempuan.

References


Aida, N., Kusaeri, K., & Hamdani, S. (2017). Karakteristik Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Ranah Kognitif yang Dikembangkan Mengacu pada Model PISA. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 130.

Anwar, S., & Amin, S. M. (2013). Jurnal Pendidikan Matematika e-Pensa. Jurnalmahasiswa.Unesa.Ac.Id, 01, 87–94.

Çetinkaya, M., Özgören, Ç., Orakci, Ş., & Özdemir, M. Ç. (2018). Metaphorical perceptions of middle school students towards math. International Journal of Instruction, 11(3), 31–44.

Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229.

Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 120–135.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89.

Kusumaningsih, W., Saputra, H. A., & Aini, A. N. (2019). Cognitive style and gender differences in a conceptual understanding of mathematics students. Journal of Physics: Conference Series, 1280(4).

Mania, S., Sriyanti, A., Junari, J., Suharti, S., Baharuddin, B., Halimah, A., Taufiq, A. U., Nur, F., Kusumayanti, A., & Ms, A. T. (2018). Diagnostic Test Instrument of Twi-Tier Multiple Choices to Identify Mathematic Concept Understanding. Journal of Physics: Conference Series, 1114(1).

Nasution, M. L., & Hafizah, N. (2020). Development of students’ understanding of mathematical concept with STAD type cooperative learning through student worksheets. Journal of Physics: Conference Series, 1554(1).

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Rahayu, L. D., & Kusuma, A. B. (2019). Peran pendidikan matematika di era globalisasi. Prosiding Sendika, 5(1), 534–541.

Sari, D. N., Usodo, B., & Pramudya, I. (2019). Analysis of Concept Understanding Student in Class X Inequalities Material. Journal of Physics: Conference Series, 1306(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.