ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ALJABAR LINEAR BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA

Ira Vahlia(1), Dwi Rahmawati(2*), Mustika Mustika(3), Tina Yunarti(4), Nurhanurawati Nurhanurawati(5),

(1) Universitas Muhammadiyah Metro
(2) Universitas Muhammadiyah Metro
(3) Universitas Muhammadiyah Metro
(4) Universitas Lampung
(5) Universitas Lampung
(*) Corresponding Author


Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahan ajar aljabar linear yang perlu dikembangkan bagi mahasiswa pendidikan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika yang menempuh matakuliah aljabar linear tahun ajaran 2020/2019 di Universitas Muhammadiyah Metro. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar pada perkuliahan aljabar linear masih menggunakan satu buah bahan ajar lama, mahasiswa membutuhkan bahan ajar yang mudah dipahami dan dapat digunakan secara mandiri, mahasiswa membutuhkan bahan ajar yang  menuntun mahasiswa menemukan pengetahuan melalui pertanyaan-pertanyaan maupun langkah-langkah, serta mahasiswa membutuhkan bahan ajar yang mendukung dalam pembelajaran daring. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa perlu dikembangkan bahan ajar Aljabar linear sesuai karakteristik mahasiswa dan perkembangan teknologi yang ada. Bahan ajar berupa e-modul berbasis Socrates merupakan salah satu alternatif bahan ajar aljabar linear yang diperlukan dalam memmfasititasi pembelajaran daring. Selain itu, dengan modul berbasis Socrates yang berisi pertanyaan yang dapat menuntun mahasiswa dalam menemukan pengetahuan secara mandiri.


Keywords


bahan ajar; e-modul; socrates

References


Andi, P. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Cetakan ke-4 (Yogyakarta. Diva Press.

Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (p. Jakarta: Bumi Aksara.).

Changwong, K., Sukkamart, A., & Sisan, B. (2018). Critical thinking skill development: Analysis of a new learning management model for Thai high schools. Journal of International Studies Vol, 11(2), 11–12.

Dimas, A., Cari, C., Suparmi, A., Sarwanto, S., & Handhika, J. (2017). Profil Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Mahasiswa Materi Dinamika Gerak pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 1, 42–45.

Ernawati, & A Muhajir Nasir. (2018). Efektivitas Metode Pembelajaran Socrates Kontekstual Berbasis Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar Statistik Dasar. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 31–44.

Firdaus, F., Kailani, I., Bakar, M. N. Bin, & Bakry, B. (2015). Developing Critical Thinking Skills of Students in Mathematics Learning. Journal of Education and Learning (EduLearn), 9(3), 226–236. https://doi.org/10.11591/edulearn.v9i3.1830

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191.

Holla, S., & Katti, M. M. (2012). Android based mobile application development and its security. International Journal of Computer Trends and Technology, 3(3), 486–490.

Perdana, F. A., Sarwanto, S., Sukarmin, S., & Sujadi, I. (2017). Development of e-module combining science process skills and dynamics motion material to increasing critical thinking skills and improve student learning motivation senior high school. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 1(1), 45–54.

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sari, N. K., & Anantyarta, P. (2018). Pengembangan Petunjuk Praktikum Histologi Program Studi Pendidikan Biologi. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 3(2).

Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 2(3), 193. https://doi.org/10.23887/janapati.v2i3.9800

Tania, L. (2017). pengembangan bahan ajar e-modul sebagai pendukung pembelajaran kurikulum 2013 pada materi ayat jurnal penyesuaian perusahaan jasa siswa kelas x akuntansi smk negeri 1 surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2).

Vahlia, I. dan R. E. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E Learning Pada Matakuliah Evaluasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 169. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.1038

Yunarti, T. (2011). Pengaruh Metode Socrates terhadap Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA. Disertasi Tidak Diterbitkan. Bandung: UPI.

Yunarti, T. (2016). Metode Socrates Dalam Pembelajaran Berpikir Kritis. Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.