IDENTIFIKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ANAK DIDIK LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK

Adi Slamet Kusumawardana(1*), Muhammad Islah Bebe Kewa(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author


Abstract


Salah satu sasaran pendidikan dan pembelajaran yang menjadi lahan besar proses pembinaan diri adalah LPKA atau Lembaga Pembinaan Khusus Anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran matematika di LPKA Kelas 1 Kota Blitar dengan melihat dari tiga aspek yang akan diteliti yaitu motivasi belajar matematika, hasil test soal latihan, dan implementasi pelajaran matematika dalam kehidupan di LPKA. Adapun yang menjadi subjek penelitianya beberapa tingkat siswa di LPKA mulai dari SD-SMP- SMA dengan rincian 3 siswa SD, 6 Siswa SMP dan 6 Siswa SMA, serta guru mata pelajaran matematika pada setiap tingkatan. Metode penelitian menggunakan  deskriptif kualitatif, dengan hasil pengumpulan data dari observasi dan wawancara untuk mengetahui keadaan dan kualifikasi pembelajaran matematika di LPKA Kelas 1 Blitar. Hasil penelitian dalam aspek motivasi belajar matematika anak didik di LPKA menunjukkan bahwa pada tingkat SD dan SMP berada pada tingkat kurang. Selanjutnya secara menyeluruh pada tingkat SMA termasuk dalam kategori cukup. Dalam aspek hasil test soal latihan anak didik, hanya 4 anak didik dari 15 anak didik yang mampu menyelesaikan test soal latihan meski membutuhkan aktifitas Scaffolding. Sementara dalam aspek implementasi pelajaran matematika dalam kehidupan sehari-hari hanya 3 anak dari 15 anak didik yang mampu menjelaskan keterkaitan antara matematika dengan kehidupan sehari-hari.


Keywords


Anak Didik; LPKA Kelas 1 Blitar; Pembelajaran Matematika

References


Afriani, D., Folastri, S., & Syahputra, Y. (2020). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di SMKN 59 Jakarta. Psychocentrum Review, 2(2). https://doi.org/10.26539/pcr.22356

Ahmad, G. (2019). Hakikat Pendidikan Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak. Journal ISTIGHNA, 1(1), 42–59. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.17

Aisah, I., Fadilah, F. N., & Suyudi, M. (2017). Aplikasi logika matematika pada aljabar untaian dna dalam proses hibridisasi. Jurnal Sigma-Mu, 9(2).

Budijanto, O. W. (2013). PEMENUHAN HAK PENDIDIKAN BAGI ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK. Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum, 7(1).

Evi, S. (2011). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(2).

Ginanjar, M. H. (2020). Learning Integration of Islamic Education for ex-prison Children at SMK Istimewa Tangerang Banten. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2). https://doi.org/10.14421/jpi.2019.82.223-238

Iik Faiqotul Ulya, Riana Irawati, and M. (2016). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 121–130. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2940

Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2.

Karim, A. (2011). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Penalaran. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(2).

Kiswoyowati, A. (2011). Pengaruh motivasi belajar dan kegiatan belajar siswa terhadap kecakapan hidup siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(1).

Maspupah, A., & Purnama, A. (2020). Analisis Kesulitan Siswa MTs Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.193

Munawwir, A., & Nur Hanip, S. P. (2021). Sekolah Pesisi Juang: Pendidikan Non-Formal Anak Pesisir. Jurnal Pendidikan Nonformal, 16(1). https://doi.org/10.17977/um041v16i1p1-11

Novitriani, A., & Hidayati, F. (2018). Pengaruh Spiritual Emotional Freedom Technique terhadap Self-Acceptance Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1). https://doi.org/10.15575/psy.v5i1.2322

Pradestya, R., Imswatama, A., & Siti Balkist, P. (2020). Analisis Kemampuan Kognitif Pada Langkah-Langkah Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Kecerdasan Logis-Matematis. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, volume 5. https://doi.org/10.23969/symmetry.v5i1.1723

Rahmayani, V. R. A. (2020). Strategi Peningkatan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas. Journal On Teacher Education, 2(1), 18–24.

Razkia, D., Safitri, A., & Santoso, S. (2021). Menemukan makna hidup dengan Forgiveness, Studi Pada Siswa Binaan Remaja Di Lembaga Pemasyarakatan Anak. Psychopolytan : Jurnal Psikologi, 4(2). https://doi.org/10.36341/psi.v4i2.1530

Ritonga, R. P. Y., & Hasibuan, L. R. (2019). PEMBELAJARAN ANALOGI UNTUK MEMBENTUK SIKAP DAN MORAL SISWA PADA KONSEP LOGIKA MATEMATIKA. JURNAL EDUSCIENCE, 6(2). https://doi.org/10.36987/jes.v6i2.1533

Safitri, R. M., & Leonardi, T. (2013). Hubungan antara Disonansi Kognitif dengan Keterlibatan Siswa dalam Menempuh Pendidikan Formal di Lembaga Pemasyarakatan Anak Blitar. Jurnal Psikologi Klinis Dan Kesehatan Mental, 03(02).

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1).

Siti Aisah, L., & Wicanti, I. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (Tgt) Pada Materi Trigonometri. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 172–182. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.158

Sofyan, I., & Gunardi, K. (2020). Implementasi Pendidikan Formal bagi Anak yang Berkonflik dengan Hukum di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandung. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 7(1). https://doi.org/10.24036/scs.v7i1.173

Supriyanto, S., Wahidin, U., & Ginanjar, M. H. (2019). Implementasi Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Narapidana Muslim Di Pesantren Al-Hidayah Lembaga Pemasyarakatan Kelas Ii a Kota Bogor Tahun 2019. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(1B), 186–201. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ppai/article/view/572

Suwanto, E. (2020). Matematika Menggunakan Model Teams Games Tournaments ( Tgt ) Pada Peserta Didik Xii Ipa 2 Sma N 1 Karangrayung. IJRP: Internasional Jurnal Riset, 1(1), 1–8.

Wahyu Epriliyanti, L. (2017). Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Dan Spasial-Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp. MATHEdunesa, 6(2).

Widodo, W., & Soedjarwo, S. (2019). Analisis Kebutuhan Pendidikan Non Formal di Sekolah. … Nasional & Temu Kolegial Jurusan PLS ….




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.