PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE

Syarifah Fadillah(1*), Yadi Ardiawan(2),

(1) IKIP PGRI Pontianak
(2) IKIP PGRI PONTIANAK
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) membandingkan pengaruh model problem solving dan problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis (KPMM) siswa, (2) mendeskripsikan pengaruh self confidence terhadap KPMM siswa, dan (3) menguji interaksi antara model pembelajaran dan self confidence terhadap KPMM siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan rancangan post-test-only-non-equivalent control design. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes KPMM dan angket untuk mengukur self confidence. Pengujian hipotesis penelitian, menggunakan teknik analisis variansi dua jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) model pembelajaran tidak berpengaruh terhadap KPMM siswa. Kedua model memberikan pengaruh yang hampir sama terhadap KPMM siswa, (2)  self confidence berpengaruh terhadap KPMM siswa. Siswa yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi memiliki KPMM yang lebih baik daripada siswa yang memiliki kepercayaan diri sedang dan rendah, dan (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran (problem posing dan problem solving) dan self confidence (tinggi, sedang, dan rendah) terhadap KPMM siswa. Hal ini menunjukkan bahwa pada kedua model, KPMM siswa dengan self confidence tinggi lebih baik daripada siswa dengan self confidence sedang dan rendah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa model problem solving dan problem posing dapat digunakan guru di kelas guna menunjang KPMM siswa. Pembelajaran matematika di sekolah perlu diseting agar dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa, karena self confidence berpengaruh secara signifikan terhadap KPMM siswa.


Keywords


kemampuan pemecahan masalah matematis. problem posing; problem solving; self confidence;

References


Afriansyah, E. A. (2017). Problem Posing sebagai Kemampuan Matematis. Mosharafa Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 163–180.

Arıkan, E., & Ünal, H. (2015). Investigation of Problem-Solving and Problem-Posing Abilities of Seventh-Grade Students. Educational Sciences: Theory & Practice, 15, 1403–1416. https://doi.org/10.12738/estp.2015.5.2678.

Ayaz, M., & Aydoğdu, M. (2008). The Importance of Problem Solving In Mathematics Curriculum. E-Journal of New World Sciences Academy, 3, 537–545.

Dewi, S. N., & Minarti, E. D. (2018). Hubungan antara Self-Confidence terhadap Matematika dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Lingkaran. Mosharafa Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 189–197.

Elwan, A. R. (2016). Mathematics Problem Posing Skills in Supporting Problem Solving Skills of Prospective Teachers. Proceeding of the 40th Conference of The International Group for The Psychology of Mathematics Education in Szeged, Hungary, 2, 1–12.

Ersoy, E. (2016). Problem Solving and Its Teaching in Mathematics. The Online Journal of New Horizons in Education, 6(2), 79-87.

Khatimah, H., & Sugiman, S. (2019). The effect of problem solving approach to mathematics problem solving ability in fifth grade. Journal of Physics: Conference Series, 1157, 042104. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042104.

Maliya, N., Isnarto, & Sukestiyarno. (2018). Analysis of Mathematical Problem Solving Ability Based on Self confidence in Creative Problem Solving Learning and Independent Learning Assisted Module. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 8(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/27120.

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston VA: NCTM.

Nuangchalerm, P., Sombat, T., & Sakorn, P. (2009). Factors Influencing Mathematic Problem-Solving Ability of Sixth Grade Students. Journal of Social Sciences, 5. https://doi.org/10.3844/jssp.2009.381.385.

O’Shea, J., & Leavy, A. (2013). Teaching mathematical problem-solving from an emergent constructivist perspective: The experiences of Irish primary teachers. Journal of Mathematics Teacher Education, 16. https://doi.org/10.1007/s10857-013-9235-6.

Puspitasari, N. (2018). Kemampuan Mengajukan Masalah Direlasikan dengan Kemampuan Berpikir Logis Matematik. Mosharafa Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 121–132.

Ramdan, Z. M., Veralita, L., Rohaeti, E. E., & Purwasih, R. (2018). Analisis Self Confidence terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK Pada Materi Barisan Dan Deret. Aksioma Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 171–179.

Retnowati, E., Fathoni, Y., & Chen, O. (2018). Mathematics Problem Solving Skill Acquisition: Learning by Problem Posing Or By Problem Solving. Cakrawala Pendidikan, XXXVII (1), 1–10.

Sholiha, & Aulia, L. A.-A. (2020). Hubungan Self Concept dan Self Confidence. Jurnal Psikologi, 7(1), 41–45.

Singer, F., Ellerton, N., & Cai, J. (2013). Problem-Posing Research in Mathematics Education: New Questions And Directions. Educational Studies in Mathematics, 83. https://doi.org/10.1007/s10649-013-9478-2.

Srimadevi, T., & Saraladevi, K. (2016). Decision Making and Self Confidence on Problem Solving Ability among Higher Secondary Student Studying Mathematics. International Journal of Innovative Research in Science, Engineering and Technology, 5(3), 3509–3514.

Sumarmo, U., Mulyani, E., & Hidayat, W. (2018). Mathematical Communication Ability and Self Confidence Experiment with Eleventh Grade Students Using Scientific Approach. Journal of Innovative Mathematics Learning, 1, 19. https://doi.org/10.22460/jiml.v1i1.p19-30.

Tambunan, H. (2019). The Effectiveness of the Problem-Solving Strategy and the Scientific Approach to Students’ Mathematical Capabilities in High Order Thinking Skills. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14 (2), 293–302.

Tresnawati, Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMA. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2), 116–122.

Wulandari, A., Nurcahya, A., & Kadarisma, G. (2018). Hubungan antara Self Confidence dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif, 1(4), 799–806.

Wulandari, & Sinambela, N. (2017). Hubungan Kepercayaan Diri (Self-Confidence) dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Problem Based Learning di MAN Kisaran. Jurnal Inspiratif, 3(2), 102–108.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.