KEMAMPUAN AWAL : BAGAIMANA PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS?

Nurul Azizah(1*), Budiyono Budiyono(2), Siswanto Siswanto(3),

(1) Sebelas Maret University
(2) Sebelas Maret University
(3) Sebelas Maret University
(*) Corresponding Author


Abstract


Salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa dalam belajar matematika adalah kemampuan pemahaman konsep. Kemampuan ini dipengaruhi dari perbedaan kemampuan awal matematika masing masing siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal teorema pythagoras ditinjau dari kemampuan awal siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif  kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing or verification). Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Surakarta. Instrumen penelitian ini menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep dan wawancara. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu 1) Siswa dengan kemampuan awal tinggi (KAT) memiliki pemahaman konsep yang baik dalam menerapkan konsep dalam perhitungan matematis, menentukan konsep-konsep yang tepat , dan menerjemahkan gambar dalam soal menjadi bentuk lain, 2) Siswa dengan kemampuan awal sedang memiliki pemahaman konsep yang cukup baik dalam menerjemahkan gambar dalam soal menjadi bentuk lain  dan menerapkan konsep dalam pertihungan matematis, walaupun masih lemah dalam siswa mampu menentukan konsep-konsep yang tepat untuk digunakan dalam menyelesaikan soal, 3) Siswa dengan kemampuan awal rendah memiliki pemahaman konsep yang cukup baik dalam menerjemahkan gambar dalam soal menjadi bentuk lain walaupun masih lemah pada aspek menerapkan konsep dalam pertihungan matematis dan menentukan konsep-konsep yang tepat untuk digunakan dalam menyelesaikan soal.


Keywords


kemampuan awal, pemahaman konsep, dan teorema pythagoras.

References


Budiyono. (2016). Pengantar Penilaian hasil Belajar. UNS Press.

C, G., S, C., L, C., C, M., V, S., & S, J. (2018). Understanding arithmetic concepts: The Role of Domain-Specific and Domain-General Skills. PLoS ONE Journal, 13(9).

Fachrurrozy, M., & Saehana, S. (2017). Error analysis of mathematical concepts in students of Physical education courses. E-Jurnal Mitra Sains, 5(2), 1–10.

Fahrudin. (2018). Pembelajaran Problem Solving Modifikasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP 1. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 181–189.

Fatri, F. F., Maison, M., & Syaiful, S. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. Jurnal Didaktik Matematika, 6(2), 98–111.

Fuadiah, N. F. (2020). Miskonsepsi Sebagai Hambatan Belajar Siswa Dalam Memahami Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP, 7(2), 1689–1699.

Huda, S., Firmansyah, M., Rinaldi, A., Suherman, S., Sugiharta, I., Astuti, D. W., Fatimah, O., & Prasetyo, andika E. (2019). Understanding of Mathematical Concepts in the Linear Equation with Two Variables: Impact of E-Learning and Blended Learning Using Google Classroom. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 261–270.

Kartika, Y. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas vii smp pada materi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(58), 777–785.

Latif, S. (2017). Mathematical Connection Ability in Solving Mathematics Problem Based on Initial Abilities of Students At Smpn 10 Bulukumba. Jurnal Daya Matematis, 4(2), 207.

Lestari, F., Saryantono, B., Syazali, M., Saregar, A., Jauhariyah, D., & Umam, R. (2019). Cooperative Learning Application with the Method of Network Tree Concept Map : Based on Japanese Learning System Approach. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(1), 15–32.

Lestari, L., & Surya, E. (2017). The Effectiveness of Realistic Mathematics Education Approach on Ability of Students ’ Mathematical Concept Understanding. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 34(1), 91–100.

Nasution, M. L., & Hafizah, N. (2020). Development of students’ understanding of mathematical concept with STAD type cooperative learning through student worksheets. Journal of Physics: Conference Series, 1554, 012035.

Netriwati. (2018). Penerapan Taksonomi Bloom Revisi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 347–352.

Panaoura, A., Michael-Chrysanthou, P., Gagatsis, A., Elia, I., & Philippou, A. (2017). A Structural Model Related to the Understanding of the Concept of Function: Definition and Problem Solving. International Journal of Science and Mathematics Education, 15(4), 723–740.

Payung, L. M., Ramadhan, A., & Made, I. (2018). Pengaruh Pengetahuan Awal, Kecerdasan Emosional, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Parigi. E-Jurnal Mitra Sains.

Purwaningrum, D., & Sumardi, S. (2016). Efek Strategi Pembelajaran Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas XI IPS. Manajemen Pendidikan.

Purwati, S. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal terhadap Pemahaman Konsep Usaha dan Energi. In Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) (Vol. 1, p. 100).

Rambe, N., Syahputra, E., & Elvis, E. (2020). The Effect of the Jigsaw Cooperative Learning Model and the Student’s Initial Mathematical Abilities and Its Effect on the Mathematical Representation Ability and Learning Motivation of Students in the PAB 10 Sampali Private Elementary School. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(3), 1591–1599.

Rennita, O. D. (2018). The Differences of Improving Communication Ability and Mathematical Concepts Understanding between Students that Given Problem Based Learning and Discovery Learning at SMP Swasta Al-Hikmah Medan. Advances in Social Sciences Research Journal, 5(10), 597–608.

Rusmini, & Surya, E. (2017). The Effect of Numbered Heads Together Model Against Students ’ Mathemacal Concept Mastery in SMP Negeri 8 Medan. IJARIIE, 3(2), 3433–3440.

Sagala, R., Umam, R., Thahir, A., Saregar, A., & Wardani, I. (2019). The Effectiveness of STEM-Based on Gender Differences: The Impact of Physics Concept Understanding. European Journal of Educational Research, 8(3), 753–761.

Sari, W. P., Suyanto, E., & Suana, W. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Vektor pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 06(2).

Sayekti, Y., Studi, P., Matematika, P., & Purwokerto, U. M. (2019). Pengaruh Problem Based Learning dengan Strategi “MURDER ” terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Journal of Mathematics Education, 5(1), 24–32.

Setiorini, I. A., Pramudya, I., & Setiawan, R. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Siswa terhadap Materi Pokok Statistika ditinjau dari Kebiasaan Belajar Matematika pada Siswa Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM) Solusi, 1(4), 1–14.

Suparni. (2019). Kemampuan Awal Matematika Mahasiswa Baru Prodi Tadris/Pendidikan Matematika IAIN Padangasidimpuan T.A 2017/2018. Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(01), 111–122.

Utami, C., & Anitra, R. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Ditinjau Dari Kemampuan Awal Pada Mata Kuliah Matematika SD. Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 11(02), 103–110.

Yufentya, W. E., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Lingkaran. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 197–202.

Yusri, A. Y., & Sari, M. (2017). Profil Pemahaman Konsep Nilai Tempat Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Pada Siswa Kelas III SDN 133 Takalala Soppeng. Journal Mosharafa, 6(1), 141–152.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.