PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU GOOGLE CALSSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Sofri Rizka Amalia(1*), Dian Puwaningsih(2), Wikan Budi Utami(3),

(1) Universitas Peradaban
(2) universitas peradaban
(3) universitas Pancasakti
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model problem based learning berbantu google classroom lebih baik dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang yang diajar dengan whatsapp group.  Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain postest only control design.  Populasi dalam penelitian ini adalah siswa jurusan IPA SMA Negeri 5 Tegal yang terdiri dari 5 kelas. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah X IPA 3 sejumlah 35 siswa sebagai kelas yang diajar PBL berbantu google classroom, dan X IPA 1 sebagai kelas yang diajar dengan whatsapp group sejumlah 35 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisisi data dalam penelitian ini adalah uji indepentent t test dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajarkan dengan model problem based learning berbantu google classroom lebih baik dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang yang diajar dengan whatsapp group.


This study aims to determine the understanding of students' mathematical concepts taught with the google class problem-based learning model is better than the ability of students to understand mathematical concepts taught by the WhatsApp group. This research is an experimental study with a posttest only control design. The population in this study were students majoring in science at SMA Negeri 5 Tegal which consisted of 5 classes. Whereas the sample used in this study was X IPA 3 with a total of 35 students as a class that was taught by PBL assisted by google classroom, and X IPA 1 as a class that was taught by whatsapp group of 35 students. Collecting data in research using tests and documentation. The data analysis technique in this study was the independent t test with the help of SPSS. The result of this research is that the understanding of the concept of students who are taught with the google class problem-based learning model is better than the ability to understand the mathematical concepts of students taught by the WhatsApp group.



Keywords


Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis; Problem Based Learning Berbantu Google Classroom; Whatsapp Group; Google Classroom Assisted Problem Based Learning; Mathematical Concept Understanding Ability; Whatsapp Groups

References


Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen dalam suatu Penelitian. 2(1), 28–36.

Bhat, S., Raju, R., Bikramjit, A., & Souza, R. D. (2018). Leveraging E-Learning through Google Classroom : A Usability Study. Journal OfEngineering Education Transformations, 31(3), 1–7.

Fariana, M. (2017). Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Journal of Medives, 1(1), 25–33.

Nurani, N. I., Uswatun, D. A., Maula, L. H., & Sukabumi, U. M. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Menggunakan Aplikasi Google Classroom pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PGSD, 6(1), 49–56.

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do, PISA: Vol. I. OECD Publishing. https://doi.org/https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR, 4(2), 30–36.

Putri, hengraini eka, & Usmaedi. (2020). The Development of E - Modules Problem Based Learning Using Google Classroom for Basic Electricity and Electronics. Cyberspace, 4(2), 84–93.

Rachmat, M. (2020). Problem Based Learning Combined With Google Classroom on Kinetic Gas In Grade XI Science 5 Cibinong 3 Highschool. Wahana Jurnal of Action Research (2020), 2(2), 1–9.

Ramadhani, R., & Umam, R. (2019). The Effect of Flipped-Problem Based Learning Model Integrated with LMS-Google Classroom for Senior High School Students. 7(June), 137–158.

Ratminingsih, N. made. (2010). Experimental Research in Second Language. PRASI, 6(11), 30–40.

Rohana, S. (2020). Model Pembelajaran Daring Pasca Pandemi Covid-19. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 12(2), 192. https://doi.org/10.47498/tadib.v12i02.441

Rohmah, F. (2020). Model Problem Based Learning Berbantuan Media Mobile Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar. Universitas Negeri Semarang.

Septia, E., Asih, B., Sutiarso, S., & Wijaya, A. P. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 7(2), 146–157.

Utomo, T., Wahyuni, D., Hariyadi, S., Studi, P., Biologi, P., Keguruan, F., & Unej, U. J. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah ( Problem Based Learning ) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa ( Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012 / 2013 ) ( The Effect of Pro. 7, 5–9.

Yanti, R. A., Asnawati, R., & Wijaya, A. P. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(4), 464–476.

Yusuf, N. R., & Bektiarso, S. (2020). Pengaruh Model Pbl Dengan Media Google Classroom Terhadap. 6(November), 230–235.

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.