PENGARUH SELF EFFICACY DAN PRESTASI MICROTEACHING BERBANTU ZOOM MEETING TERHADAP KEMAMPUAN MENGAJAR MATEMATIKA
(1) Pendidikan Matematika Universitas Peradaban
(2) Universitas Peradaban
(3) Universitas Peradaban
(*) Corresponding Author
Abstract
ABTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara self efficacy terhadap kemampuan mengajar matematika dalam PPL, pengaruh prestasi microteaching berbantu zoom meeting terhadap kemampuan mengajar matematika dalam PPL, dan pengaruh self efficacy dan prestasi microteaching berbantu zoom meeting terhadap kemampuan mengajar matematika dalam PPL. Penelitian ini termasuk penelitian Quasi eksperimen dengan tipe one group posttest only design. Subjek yang digunakan adalah mahasiswa semester IV jurusan pendidikan matematika di Universitas Peradaban. Teknik pengumpulan datanya adalah tes, angket, dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah uji regresi sederhana dan uji regresi ganda menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif antara self efficacy terhadap kemampuan mengajar matematika dalam PPL, terdapat pengaruh positif antara prestasi microteaching berbantu zoom meeting terhadap kemampuan mengajar matematika dalam PPL, dan terdapat pengaruh positif antara self efficacy dan prestasi microteaching berbantu zoom meeting terhadap kemampuan mengajar matematika dalam PPL.
ABSTRACT
This study aims to determine the effect of self-efficacy on the ability to teach mathematics in PPL, the effect of microteaching achievement assisted by zoom meetings on the ability to teach mathematics in PPL, and the effect of self-efficacy and achievement of microteaching assisted by zoom meetings on the ability to teach mathematics in PPL. This research is a quasi-experimental research with the type of one group posttest only design. The subjects used were fourth semester students majoring in mathematics education at the University of Civilization. Data collection techniques are tests, questionnaires, and observations. The data analysis in this study is a simple regression test and multiple regression test using the SPSS application. The results of this study are that there is a positive influence between self-efficacy on the ability to teach mathematics in PPL, there is a positive influence between the achievement of microteaching assisted by zoom meetings on the ability to teach mathematics in PPL, and there is a positive influence between self-efficacy and achievement of microteaching assisted by zoom meetings on the ability to teach mathematics. in PPL.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511
Kusuma, J. W. (2020). Platform Whatsapp Group dan Webinar Zoom dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemik Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 97–106.
Lutfiyah, L., & Putra, E. D. (2020). Mengkaji Hasil Evaluasi Calon Pendidik Matematika pada Keterampilan Mengajar dalam Micro Teaching. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 163–170. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i2.382
Mardiyansyah, V. (2018). Pengaruh Nilai Microteaching terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa Unesa sebagai Calon Guru dalam Kegiatan Program Pengelolaan Pembelajaran (PPP) Di SMK Taman Siswa Mojokerto. JPTM, 7(1), 47–54.
Nasution, M. (2015). Dasar-Dasar Keterampilan Mengajar Matematika. Studi Multidisipliner: Jurnal Kajian Keislaman, 1(1), 88–103. https://doi.org/10.24952/multidisipliner.v1i1.287
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do, PISA: Vol. I. OECD Publishing. https://doi.org/https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Pardimin, P. (2018). Self-Efficacy Matematika Dan Self-Efficacy Mengajar Matematika Guru Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 24(1), 29. https://doi.org/10.17977/um048v24i1p29-37
Putra, S. P. (2019). Kontribusi kemampuan mengajar guru, kedisiplinan belajar, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa sekolah menengah kejuruan. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 7(1), 120–132. https://doi.org/10.30738/wd.v7i1.4165
Rahmatullah, M. (2016). Kemampuan Mengajar Guru dalam Meningkatkan Kinerja Guru dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan, 1(2), 119–126.
Sari, Windayani, N., Jihad, A., & Kuntadi, D. (2020). Konsep Praktik Microteaching Berbasis E-learning Pada Masa Pandemi COVID-19.
Septiyani, D. Y., Haji, S., & Widada, W. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Calon Guru Matematika Melalui Aplikasi E-Learning Zoom pada Mata Kuliah Microteaching di Universitas Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(03), 74–83. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/13063
Sulasteri, S., Nur, F., & Suharti, S. (2020). the Effect of Mathematical Self-Efficacy on the Students’ Learning Outcomes of Teaching Practice Placement (Ppl). Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 23(1), 98. https://doi.org/10.24252/lp.2020v23n1i9
Sumartini, T. S. (2020). Self-efficacy calon guru matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 419–428.
Tayeb, T., Sulhaerah, A., & Ali, M. (2015). Pengaruh Prestasi Belajar Micro Teaching terhadap Praktik Pengalaman Lapangan Angkatan 2010/2011 Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(1), 73–85. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/2751
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3643
Refbacks
- There are currently no refbacks.