KOMUNIKASI IDE MATEMATIS GAYA BELAJAR VISUAL DAN KINESTETIK DALAM PEMBELAJARAN ONLINE
(1) 
(2) Univeristas Muhammadiyah Malang
(3) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Achir, Y. S., Usodo, B., & Retiawan, R. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Paedagogia, 20(1), 78. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i1.16600
Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2018). Analisis Kualitatif Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diberi Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Gantang, 3(2), 83–95. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.471
Aisami, R. S. (2015). Learning Styles and Visual Literacy for Learning and Performance. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 176, 538–545. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.508
An, D., & Carr, M. (2017). Learning Styles Theory Fails to Explain Learning and Achievement : Recommendations for Alternative Approaches. Personality and Individual Differences, 7. https://doi.org/10.1016/j.paid.2017.04.050
Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Ardani, A., & Purwaningsih, D. (2018). Pengaruh Gaya Belajar Mata Kuliah Aritmatika (Jari Matika Dan Sempoa) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 4(2), 95. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v4i2.1452
Bosni, Z., & Nan, I. (2013). Computers & Education Exploring the Relation Between Learning Style Models and Preferred Multimedia Types. Computers & Education Journal, 69, 343–355. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2013.07.029
Daimaturrohmatin, D., & Rufiana, I. S. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Kolb. Edupedia, 3(1), 17. https://doi.org/10.24269/ed.v3i1.232
Djunaedy, R. P. (2020). Penerapan Pembelajaran Online dengan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas XI MM 3 SMKN 5 Malang. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 95–108. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i2.376
Farida, N. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 1–27. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i2.306
Ferdianto, F., & Yesino, L. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi SPLDV Ditinjau dari Indikator Kemampuan Matematis. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(1), 32–36. https://doi.org/10.31235/osf.io/kmwg6
Fitrah, M. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Segiempat. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 51–70. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol2no1.2017pp51-70
Gitriani, R., Aisah, S., Hendriana, H., & Herdiman, I. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Pateri Lingkaran untuk Siswa SMP. JRPM: Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(1), 40–48. https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.1.40-48
Hamdani, D. Al. (2015). Exploring Students’ Learning Style at a Gulf University : A Contributing Factor to Effective Instruction. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 176, 124–128. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.452
Hong, J. C., Lee, Y. F., & Ye, J. H. (2021). Procrastination predicts online self-regulated learning and online learning ineffectiveness during the coronavirus lockdown. Personality and Individual Differences, 174(October 2020), 110673. https://doi.org/10.1016/j.paid.2021.110673
Iriani, D., & Leni, M. (2013). Identifikasi Gaya Belajar dan Pengaruhnya terhadap Hasi Belajar Siswa pada Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII SMPN 2 Kerinci. Prosiding Semirata FMIPA Unila, 1(1).
Kabael, T. (2012). Graduate Student Middle School Mathematics Teachers’ Communication Abilities in the Language of Mathematics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 55, 809–815. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.567
Khadijah, I. N. A., Rippi, M., & Wahyu, S. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6), 1095–1104. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1095-1104
Kleden, M. A. (2013). Kemampuan komunikasi matematis dan Self Directed Learning Mahasiswa. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 14–20.
Loviana, S., & Baskara, W. N. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 pada Kesiapan Pembelajaran Tadris Matematika IAIN Metro Lampung. Epsilon, 1(2), 61–70. http://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/epsilon/article/view/625
Masfingatin, T., Murtafiah, W., Krisdiana, I., Setyansah, R. K., & Susanti, V. D. (2021). Multimodal Model Melalui E-Learning pada Mata Kuliah Geometri Bidang di Masa Pandemi COVID 19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1985), 1–2. http://jpaus.jaranboston.org/?eid=957714
Masrifah, Setyowati, R. D., & Happy, N. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Visual. Euclid, 7(1), 1. https://doi.org/10.33603/e.v7i1.2508
Maulah, S., A, F. N., & Ummah, N. R. (2020). Persepsi Mahasiswa Biologi Terhadap Perkulihan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Pandemi COVID-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2), 50–61. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i2.6
Maulana, H. A., & Iswari, R. D. (2020). Analisis Tingkat Stres Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Statistik Bisnis di Pendidikan Vokasi. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(1), 17–30. https://doi.org/10.30595/jkp.v14i1.8479
Mishra, D. L., Gupta, D. T., & Shree, D. A. (2020). Online Teaching-Learning in Higher Education during Lockdown Period of COVID-19 Pandemic. International Journal of Educational Research Open, 100012. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100012
Moyer-Packenham, P. S., Lommatsch, C. W., Litster, K., Ashby, J., Bullock, E. K., Roxburgh, A. L., Shumway, J. F., Speed, E., Covington, B., Hartmann, C., Clarke-Midura, J., Skaria, J., Westenskow, A., MacDonald, B., Symanzik, J., & Jordan, K. (2019). How Design Features in Digital Math Games Support Learning and Mathematics Connections. Computers in Human Behavior, 91, 316–332. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.09.036
Nurmantoro, M. A. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal, Kecerdasan Emosi dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Prosiding Diskusi Panel Pendidikan, 1(1), 1–11.
Nurul, A, O., & L. S., Z. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Dan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(2), 57–64. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i2.p57-64
Paridjo, Waluya, B. S., & Rochmad. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematika Mahasiswa Dengan Group Investigation Ditinjau Dari Aktivitas Belajar. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 79. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2338
Patricia, A. (2020). College Students’ Use and Acceptance of Emergency Online Learning Due to COVID-19. International Journal of Educational Research Open, 1–32. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100011
Penger, S., & Tekavčič, M. (2009). Testing Dunn & Dunn ’s and Honey & Mumford’s Learning Style Theories : The Case Of The Slovenian Higher Education System. Management, 14(2), 1–20.
Putri, F. A. E., Syaiful, S., & Siburian, J. (2021a). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Online Inquiry dan Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Awal. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 274–285. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.450
Putri, F. A. E., Syaiful, S., & Siburian, J. (2021b). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Online Inquiry dan Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Awal. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 274–285. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.450
Ramadhan, I., & Minarti, E. D. (2018). Kajian Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Pembelajaran Matematika Yang Memiliki IX SMP Pada Materi lingkaran. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 151–161. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.624
Ramdhan, D. F., Nasihudin, Rohaniawati, D., & Pratiwi, I. M. (2020). Tipologi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring. Journal of Chemical Information and Modeling, 8(9), 1–58.
Rezaeinejad, M., Azizifar, A., & Gowhary, H. (2015). The Study of Learning Styles and Its Relationship with Educational Achievement Among Iranian High School Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 199, 218–224. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.509
Rizqi, A. A., Suyitno, H., & Sudarmin. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa Melalui Blended Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 17–23.
Saptika, Y. A., Rosdiana, F., & Sariningsih, R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Bangun Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 873. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p873-880
Sari, A. R., & Aripin, U. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Segiempat Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Untuk Siswa Kelas Vii. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1135. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1135-1142
Soflano, M., Connolly, T. M., & Hainey, T. (2015). Learning style analysis in adaptive GBL application to teach SQL. Computers and Education, 86, 105–119. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.02.009
Ulya, H., Rahayu, R., Kartono, & Isnarto. (2019). Kemampuan Matematis Mahasiswa Dalam Penerapan Asesmen Koloboratif. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(4), 113–120. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/re.v10i1.4125
Uptegrove, E. B. (2015). Shared Communication in Building Mathematical Ideas : A Longitudinal Study. Journal of Mathematical Behavior, 1–25. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2015.02.001
Wijayanti, D. I., Hariastuti, M. R., & Yusuf, I. F. (2019). KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. INDIKTIKA Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 68–76. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31851/indiktika.v2i1.3429
Wijayanti, I. D., Hariastuti, R. M., & Yusuf, F. I. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. INDIKTIKA (Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika), 2(1), 68–76.
Zahroh, U., & Asyhar, B. (2014). Kecenderungan Gaya Belajar Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Fungsi Bijektif. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 72–81. https://doi.org/10.22219/jkpp.v2i1.1738.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3642
Refbacks
- There are currently no refbacks.