KOMUNIKASI IDE MATEMATIS GAYA BELAJAR VISUAL DAN KINESTETIK DALAM PEMBELAJARAN ONLINE

Zukhrufurrohmah Zukhrufurrohmah(1*), Akhsanul In'am(2), Dian Cahyaningasri(3),

(1) 
(2) Univeristas Muhammadiyah Malang
(3) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi ide matematis gaya belajar visual dan kinestetik pada pembelajaran online dalam menyelesaikan masalah terkait geometri. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah angket, tes, dan wawancara. Subjek penelitian adalah 77 mahasiswa Pendidikan Matematika semester V yang menempuh mata kuliah Geometri Analitik. Dua mahasiswa dari setiap gaya belajar secara acak dipilih yang memiliki kemampuan komunikasi ide matematis katagori baik dan cukup untuk kemudian diwawancara. Analisis data hasil pengisian angket gaya belajar dilakukan secara kuantitatif. Sedangkan data hasil tes dianalisis dengan mengkategorikan hasil pengerjaan maahsiswa berdasar keterpenuhinya indikator komunikasi ide matematis, hasil wawancara digunakan sebagai data penegas dan pelengkap hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi ide matematis gaya belajar visual berbeda dengan gaya belajar kinestetik. Subjek dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan komunikasi ide matematis lebih baik dibandingkan gaya belajar kinestetik pada pembelajaran online materi geometri analitik. Subjek yang memiliki gaya belajar visual lebih dominan menguasai indikator kedua terutama dalam menulis prosedur penyelesaian masalah secara runtun. Sedangkan subjek dengan gaya belajar kinestik tidak memiliki penguasaan secara dominan pada indikator komunikasi ide matematis.

Keywords


Gaya Belajar; Komunikasi Ide Matematis; Pembelajaran Online

References


Achir, Y. S., Usodo, B., & Retiawan, R. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Paedagogia, 20(1), 78. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i1.16600

Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2018). Analisis Kualitatif Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diberi Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Gantang, 3(2), 83–95. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.471

Aisami, R. S. (2015). Learning Styles and Visual Literacy for Learning and Performance. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 176, 538–545. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.508

An, D., & Carr, M. (2017). Learning Styles Theory Fails to Explain Learning and Achievement : Recommendations for Alternative Approaches. Personality and Individual Differences, 7. https://doi.org/10.1016/j.paid.2017.04.050

Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Ardani, A., & Purwaningsih, D. (2018). Pengaruh Gaya Belajar Mata Kuliah Aritmatika (Jari Matika Dan Sempoa) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 4(2), 95. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v4i2.1452

Bosni, Z., & Nan, I. (2013). Computers & Education Exploring the Relation Between Learning Style Models and Preferred Multimedia Types. Computers & Education Journal, 69, 343–355. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2013.07.029

Daimaturrohmatin, D., & Rufiana, I. S. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Kolb. Edupedia, 3(1), 17. https://doi.org/10.24269/ed.v3i1.232

Djunaedy, R. P. (2020). Penerapan Pembelajaran Online dengan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas XI MM 3 SMKN 5 Malang. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 95–108. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i2.376

Farida, N. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 1–27. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i2.306

Ferdianto, F., & Yesino, L. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi SPLDV Ditinjau dari Indikator Kemampuan Matematis. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(1), 32–36. https://doi.org/10.31235/osf.io/kmwg6

Fitrah, M. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Segiempat. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 51–70. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol2no1.2017pp51-70

Gitriani, R., Aisah, S., Hendriana, H., & Herdiman, I. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Pateri Lingkaran untuk Siswa SMP. JRPM: Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(1), 40–48. https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.1.40-48

Hamdani, D. Al. (2015). Exploring Students’ Learning Style at a Gulf University : A Contributing Factor to Effective Instruction. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 176, 124–128. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.452

Hong, J. C., Lee, Y. F., & Ye, J. H. (2021). Procrastination predicts online self-regulated learning and online learning ineffectiveness during the coronavirus lockdown. Personality and Individual Differences, 174(October 2020), 110673. https://doi.org/10.1016/j.paid.2021.110673

Iriani, D., & Leni, M. (2013). Identifikasi Gaya Belajar dan Pengaruhnya terhadap Hasi Belajar Siswa pada Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII SMPN 2 Kerinci. Prosiding Semirata FMIPA Unila, 1(1).

Kabael, T. (2012). Graduate Student Middle School Mathematics Teachers’ Communication Abilities in the Language of Mathematics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 55, 809–815. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.567

Khadijah, I. N. A., Rippi, M., & Wahyu, S. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6), 1095–1104. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1095-1104

Kleden, M. A. (2013). Kemampuan komunikasi matematis dan Self Directed Learning Mahasiswa. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 14–20.

Loviana, S., & Baskara, W. N. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 pada Kesiapan Pembelajaran Tadris Matematika IAIN Metro Lampung. Epsilon, 1(2), 61–70. http://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/epsilon/article/view/625

Masfingatin, T., Murtafiah, W., Krisdiana, I., Setyansah, R. K., & Susanti, V. D. (2021). Multimodal Model Melalui E-Learning pada Mata Kuliah Geometri Bidang di Masa Pandemi COVID 19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1985), 1–2. http://jpaus.jaranboston.org/?eid=957714

Masrifah, Setyowati, R. D., & Happy, N. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Visual. Euclid, 7(1), 1. https://doi.org/10.33603/e.v7i1.2508

Maulah, S., A, F. N., & Ummah, N. R. (2020). Persepsi Mahasiswa Biologi Terhadap Perkulihan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Pandemi COVID-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2), 50–61. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i2.6

Maulana, H. A., & Iswari, R. D. (2020). Analisis Tingkat Stres Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Statistik Bisnis di Pendidikan Vokasi. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(1), 17–30. https://doi.org/10.30595/jkp.v14i1.8479

Mishra, D. L., Gupta, D. T., & Shree, D. A. (2020). Online Teaching-Learning in Higher Education during Lockdown Period of COVID-19 Pandemic. International Journal of Educational Research Open, 100012. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100012

Moyer-Packenham, P. S., Lommatsch, C. W., Litster, K., Ashby, J., Bullock, E. K., Roxburgh, A. L., Shumway, J. F., Speed, E., Covington, B., Hartmann, C., Clarke-Midura, J., Skaria, J., Westenskow, A., MacDonald, B., Symanzik, J., & Jordan, K. (2019). How Design Features in Digital Math Games Support Learning and Mathematics Connections. Computers in Human Behavior, 91, 316–332. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.09.036

Nurmantoro, M. A. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal, Kecerdasan Emosi dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Prosiding Diskusi Panel Pendidikan, 1(1), 1–11.

Nurul, A, O., & L. S., Z. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Dan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(2), 57–64. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i2.p57-64

Paridjo, Waluya, B. S., & Rochmad. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematika Mahasiswa Dengan Group Investigation Ditinjau Dari Aktivitas Belajar. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 79. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2338

Patricia, A. (2020). College Students’ Use and Acceptance of Emergency Online Learning Due to COVID-19. International Journal of Educational Research Open, 1–32. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100011

Penger, S., & Tekavčič, M. (2009). Testing Dunn & Dunn ’s and Honey & Mumford’s Learning Style Theories : The Case Of The Slovenian Higher Education System. Management, 14(2), 1–20.

Putri, F. A. E., Syaiful, S., & Siburian, J. (2021a). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Online Inquiry dan Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Awal. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 274–285. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.450

Putri, F. A. E., Syaiful, S., & Siburian, J. (2021b). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Online Inquiry dan Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Awal. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 274–285. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.450

Ramadhan, I., & Minarti, E. D. (2018). Kajian Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Pembelajaran Matematika Yang Memiliki IX SMP Pada Materi lingkaran. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 151–161. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.624

Ramdhan, D. F., Nasihudin, Rohaniawati, D., & Pratiwi, I. M. (2020). Tipologi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring. Journal of Chemical Information and Modeling, 8(9), 1–58.

Rezaeinejad, M., Azizifar, A., & Gowhary, H. (2015). The Study of Learning Styles and Its Relationship with Educational Achievement Among Iranian High School Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 199, 218–224. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.509

Rizqi, A. A., Suyitno, H., & Sudarmin. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa Melalui Blended Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 17–23.

Saptika, Y. A., Rosdiana, F., & Sariningsih, R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Bangun Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 873. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p873-880

Sari, A. R., & Aripin, U. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Segiempat Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Untuk Siswa Kelas Vii. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1135. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1135-1142

Soflano, M., Connolly, T. M., & Hainey, T. (2015). Learning style analysis in adaptive GBL application to teach SQL. Computers and Education, 86, 105–119. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.02.009

Ulya, H., Rahayu, R., Kartono, & Isnarto. (2019). Kemampuan Matematis Mahasiswa Dalam Penerapan Asesmen Koloboratif. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(4), 113–120. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/re.v10i1.4125

Uptegrove, E. B. (2015). Shared Communication in Building Mathematical Ideas : A Longitudinal Study. Journal of Mathematical Behavior, 1–25. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2015.02.001

Wijayanti, D. I., Hariastuti, M. R., & Yusuf, I. F. (2019). KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. INDIKTIKA Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 68–76. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31851/indiktika.v2i1.3429

Wijayanti, I. D., Hariastuti, R. M., & Yusuf, F. I. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. INDIKTIKA (Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika), 2(1), 68–76.

Zahroh, U., & Asyhar, B. (2014). Kecenderungan Gaya Belajar Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Fungsi Bijektif. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 72–81. https://doi.org/10.22219/jkpp.v2i1.1738.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.