PEGARUH PEMBELAJARAN DARING DENGAN GOOGLE CLASSROOM DAN GOOGLE MEET TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA DISKRIT

LILIA SINTA WAHYUNIAR(1*), Siti Rochana(2), Umi Mahdiyah(3), Niska Shofia(4), Suryo Widodo(5),

(1) 
(2) Universitas Nusantara PGRI Kediri
(3) Universitas Nusantara PGRI Kediri
(4) Universitas Nusantara PGRI Kediri
(5) Universitas Nusantara PGRI Kediri
(*) Corresponding Author


Abstract


Masa pandemi, semua sekolah dan universitas menerapkan pembelajaran daring. Pembelajaran daring  dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya dengan menggunakan google classroom dan google meet. Perkuliahan matematika diskrit dilaksanakan dengan menggunakan google classroom dan google meet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pegaruh pembelajaran daring dengan google classroom dan pengaruh pembelajaran darng dengan google meet terhadap minat belajar mahasiswa pada mata kuliah matematika diskrit serta untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring dengan google clasroom dan google meet secara bersama-sama terhadap minat belajar matematika diskrit. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan Simple Random Sampling. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan angket/kuisioner dengan menggunakan skala likert 1 sampai 4. Variabel pada penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas terdiri dari 2 variabel yaitu variabel pertama pembelajaran daring dengan google classroom (X1) dengan 3 indikator, variabel kedua pembelajaran daring dengan google meet (X2) dengan 4 indikator. Variabel terikat dari penelitian ini adalah minat belajar (Y) dengan 4 indikator. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran daring dengan google classroom memberikan pengaruh positif sebesar 1,354 terhadap minat belajar matematika diskrit, pembelajaran daring dengan google meet memberikan pengaruh sebesar -0,540 terhadap minat belajar matematika diskrit. Pembelajaran daring dengan google classroom dan pembelajaran daring dengan google meet secara bersama-sama mempunyai pengaruh sebesar 55% terhadap minat belajar matematika diskrit, sedangkan sisanya 45% dipengaruhi oleh variabel di luar penelitian ini.


Keywords


Google Classroom; Google Meet; Minat Belajar Matematika Diskrit

References


Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1), 6-11. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.870

Jamil, S. H., & Aprilisanda, I. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Behavioral Accounting Journal, 3(1), 37–46. https://doi.org/10.33005/baj.v3i1.57

Jusmawati, J., Satriawati, S., & Sabilah, B. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Daring Terhadap Minat. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5(2).106-111

Kurniawan, D. E. (2021). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Education and Development, 9(2), 47–51.

Lestari, I. (2014). Pengaruh Waktu Belajar Dan Minat Belajar. Jurnal Formatif, 3(2), 115–125.

Muhammad, I. (2020). Pengaruh Perkuliahan Daring Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Malikussaleh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(1), 24–30. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i1.1567

Muhati, O., Wenas, J. R., Runtu, P. V. J., Matematika, P., Matematika, F., Alam, P., & Manado, U. N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Google Meet Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Bahasan Aljabar. 2(1), 1–4.

Potu, A. (2013). Kepemimpinan, Motivasi, Dan Lingkungan Kerja Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kanwil Ditjen Kekayaan Negara Suluttenggo Dan Maluku Utara Di Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 1208–1218. https://doi.org/10.35794/emba.v1i4.2894

Putri, B. S., & Kartika, L. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Bpjs Kesehatan Terhadap Kepuasan Pengguna Perspektif Dokter Rumah Sakit Hermina Bogor. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i1.24

Rahmanto, M. A., & Bunyamin. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Daring Melalui Google Classroom. Jurnal Pendidikan Islam, 11(November), 119–135.

Riyadi, S., & Mulyapradana, A. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Radhatul Atfal di Kota Pekalongan. Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 13, 106–117.

Sijabat, A., Sianipar, H. S., & Siahaan, T. M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pendidikan Fisika Uhkbpnp Pada Matakuliah Fisika Umum. Litpam, 84–88.

Suhada, I., Kurniati, T., Pramadi, A., Listiawati, M., Biologi, P. P., Gunung, S., & Bandung, D. (2020). Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Masa Wabah Covid-19. Digital Library UIN Sunan Gunung Jati, 2019, 1–9. http://digilib.uinsgd.ac.id/30584/

Sulistyowati, E., Rohmah, S. N., & Haryadi, A. R. (2020). Pengaruh Covid-19 terhadap Minat Belajar Daring Mahasiswa. Jurnal Bismak, 1(1), 68–73.

Wiratama, N. A. (2020). Penerapan Google Meet Dalam Perkuliahan Daring Mahasiswa PGSD Pada Mata Kuliah Konsep Dasar PKN SD Saat Pandemi COVID 19. Jtiee, 4(2), 1–8.

Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Adi Widya Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 61–68.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 236–240.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.