EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING ART MATHEMATIC (STEAM) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS
(1) Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
(2) Institut Pendidikan Tapanuli Sealatan
(3) Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan keefektifan penggunaan pendekatan pembelajaran STEAM (Science Technology Engineering Art Mathematics) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas tujuh SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode eksperimen (one group pretest post test design) dengan 28 siswa sebagai sampel dan yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling dari 206 siswa. Observasi dan tes digunakan dalam mengumpulkan data. Teknik analisis data menggunakan analisis butir soal, analisis deskriptif dan uji-t sebagai analisis hipotesis. Berdasarkan analisis deskriptif, ditemukan: (a) rata-rata menggunakan pendekatan pembelajaran STEAM adalah 3,8 (kategori sangat baik) dan (b) rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa sebelum menggunakan pendekatan pembelajaran STEAM adalah 62,73 (kategori cukup) setelah menggunakan pendekatan pembelajaran STEAM adalah 80,05 (kategori sangat baik). Selanjutnya, berdasarkan statistik inferensial dengan menggunakan uji sampel berpasangan, Efektivitas pendekatan pembelajaran Science Technology Engineering Art Mathematic (STEAM) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 9 Padangsidimpuan pada materi untung dan rugi memiliki nilai signifikan , berarti terdapat perbedaan nilai kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran Science Technology Engineering Art Mathematic dan konvensional.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arnawa, I. M., & Wulandari, L. (2020). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Pada Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1048. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.2945
AS, R. C., Masykur, R., & Andriani, S. (2020). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PEER LED GUIDED INQUIRY UNTUK DARI NUMBER SMART. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 681–693.
Darkasyi, M., Johar, R., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 21–34. https://doi.org/10.24815/dm.v1i1.1336
Hadinugrahaningsih, T., RahmawatI, Y., Ridwan, A., Budiningsih, A., Suryani, E., Nurlitiani, A., & Fatimah, C. (2017). Keterampilan Abad 21 dan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Project dalam Pembelajaran Kimia. In LPPM Universitas Negeri Jakarta.
Harahap, M. S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Penggunaan Bahan Ajar RME ( Realistic Mathematic Education ). Education and Development, 3(2), 56–60.
Munawar, M., Roshayanti, F., & Sugiyanti, S. (2019). IMPLEMENTATION OF STEAM (Science Technology Engineering Art Mathematics) - BASED EARLY CHILDHOOD EDUCATION LEARNING IN SEMARANG CITY. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5), 276. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p276-285
Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi STEAM Dalam Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 1(2), 41–50. https://doi.org/10.31949/dmj.v1i2.1508
Oktaviani, V. A., Lyesmaya, D., & Maula, L. H. (2020). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts dan Mathematics) Berbasis DARING. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5(2), 139–149.
Romlah, S. ; G. K. ; W. S. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smp. IKIP Siliwangi Bandung, 01(02), 37–46.
Sari, R. N. (2016). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Jurnal Dimensi, 5(2). https://doi.org/10.33373/dms.v5i2.8
Schleicher, A. (2018). PISA 2018. In OECD (Vol. 24, Issue 1).
Sugandi, A. I., & Bernard, M. (2020). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS MASALAH BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DI ERA COVID-19 IKIP Siliwangi , Cimahi , Jawa Barat , Indonesia E-mail : Abstrak PENDAHULUAN Pada tahun 2020 , dunia dilanda cobaan oleh Sang Maha. 9(4), 993–1004.
Wardoyo, C., Herdiani, A., Susilowati, N., & Harahap, M. S. (2020). Professionalism and professionalization of early stage teachers in higher education. Journal of Applied Research in Higher Education. https://doi.org/10.1108/JARHE-04-2019-0100
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3633
Refbacks
- There are currently no refbacks.