PENGEMBANGAN E-BOOK BERMUATAN HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS)

Anindita Ekaning Saputri(1*), Windia Hadi(2),

(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMK
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika bermuatan High Order Thinking Skill (HOTS) berupa buku ajar elektronik pada materi Statistika untuk siswa SMP kelas VIII yang layak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluating). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII dan guru matematika di SMPN 2 Gunung Putri Bogor. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi dan respon berupa angket, lalu teknik analisis datanya menggunakan skala likert. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa buku ajar yang dihasilkan memenuhi standar kelayakan, hal ini dilihat dari hasil validasi ahli materi yang memperoleh persentase 78% dengan kriteria baik dan hasil validasi ahli media juga ahli bahasa yang memperoleh persentase 88% dengan kriteria sangat baik. Selain itu, standar kelayakan dari buku ajar ini diperkuat dari hasil ujicoba produk kepada guru dan siswa yang memberikan respon positif terhadap bahan ajar ini. Dengan demikian, buku ajar elektronik matematika bermuatan HOTS ini dapat dikatakan layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran.


Keywords


EBOOK; HOTS; research and development; teaching material.

References


Anisah, & Lastuti, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar berbasis HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 191–197. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i2.16341

Dinni, H. N. (2018). HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 170–176.

Fuad, N. (2016). Mengenal E-book dan Bagaimana Membacanya di Perangkat Android dan PC.

Hadi, W., & Faradillah, A. (2020). HAMBATAN MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BERMUATAN HIGH-ORDER THINKING SKILLS. AKSIOMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 662–670.

Hendriana, B., Kurniawan, R., & Nuriadin, I. (2019). Pengembangan Buku Ajar Matematika Kelas X Sma Berbasis Hots. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 163–176. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no2.2019pp163-176

Jalinus, N., Nabawi, R. A., & Mardin, A. (2017). The Seven Steps of Project Based Learning Model to Enhance Productive Competences of Vocational Students. Atlantis Press, 102(Ictvt), 251–256. https://doi.org/10.2991/ictvt-17.2017.43

Masykur, R., Nofrizal, & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186. https://doi.org/10.15797/concom.2019..23.009

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2015). TIMSS 2015 International Results in Mathematics.

Munandar, A., & Rizki, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Komputer Menggunakan Flipbook Maker Disertai Nilai Islam Pada Materi Peluang. AKSIOMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 262–269.

Munawaroh, S., Degeng, I. N. S., & Sitompul, N. C. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Materi Bilangan Berbasis Higher Order Thingking Skills (HOTS). Edcomtech : Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(1), 124–139.

Muruganantham, G. (2015). Developing Of E-Content Package By Using ADDIE Model. International Journal of Applied Research, 1(3), 52, p 52–54. Retrieved from http://www.allresearchjournal.com/vol1issue3/PartB/pdf/67.1.pdf

Musfiqi, S., & Jailani. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Matematika yang Berorientasi pada Karakter dan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 45–59. https://doi.org/10.21831/pg.v9i1.9063

OECD. (2020). PISA 2018 Results (Volume VI) : Are Students Ready to Thrive in an Interconnected World?

Perwitasari, S., & Akbar, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3, 278–285.

Rosyi, F., Hartono, & Fatirul, A. N. (2020). Kelayakan Bahan Ajar Materi Perbandingan Trigonometri yang Berorientasi HOTS pada Siswa SMA. Edcomtech : Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 38–50.

Sagala, R., Umam, R., Thahir, A., Saregar, A., & Wardani, I. (2019). The effectiveness of stem-based on gender differences: The impact of physics concept understanding. European Journal of Educational Research, 8(3), 753–761. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.3.753

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (22nd ed.). Bandung: ALFABETA.

Triyono, M. B., Wardani, R., Hariyanto, D., & Subhan, A. (2012). Pengembangan Interaktif e-Book dari Sisi Pedagogik, Teknologi Perangkat Lunak Serta Media yang Digunakan. In Universitas Negeri Yogyakarta. Retrieved from http://staffnew.uny.ac.id/upload/132315977/penelitian/Interaktif+e-Book+UNY.pdf

Widodo, T., & Kadarwati, S. (2013). Higher Order Thinking Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berorientasi Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1), 161–171.

Yuherni; Maimunah; Yuanita, P. (2020). Bahan Ajar Matematika Berbasis Kontekstual Pada Materi Fungsi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. AKSIOMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1293–1306.

Yulianti, Buchori, A., & Murtianto, Y. H. (2017). Pengembangan Media Presentasi Visual dengan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika di SMP. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2), 231–242. https://doi.org/10.30651/must.v2i2.859




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.