IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SEKOLAH DASAR

Nelly Astuti(1*), Muncarno Muncarno(2),

(1) Universitas Lampung
(2) Universitas Lampung
(*) Corresponding Author


Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SDN 11 Metro Pusat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran learning cycle 5E terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SDN 11 Metro Pusat. Jenis penelitian ini adalah peneitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalen control group design. Populasi penelitian berjumlah 60 orang peserta didik. Sampel penelitian menggunakan jenuh dengan  jumlah 60 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar peserta didik dengan n-gain sebesar 0,49 dengan kriteria “Sedang” yang ditunjukkan dengan pengujian hipotesis menggunakan rumus t-tes pooled varians.


Keywords


learning cycle 5E, hasil belajar tematik

References


Bilgin, I., Coskun, H., & Aktas, I. (2013). The Effect o f 5E Learning Cycle on Mental Ability of Elementary Students. Journal of Baltic Science Education, 12: 592-607.

Hanida, T. (2015). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Tematik di Kelas II Sekolah Dasar. (Skripsi), Universitas Tanjungpura: Pontianak.

Islamiyah. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Tipe 5E Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Tema ke-1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas V di MIN 3 Oku Timur. (Skripsi), Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah: Palembang.

Komalasari, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Majid, A. (2016). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya .

Maswan. (2016). The Effectiveness of the Application of Cooperative Learning of Learning Cycle-5E Type and Team Assisted Individualization (Tai) in Mathematics Learning in Grade VII SMPN 5 Tutar in Poliwali Mandar District. (Thesis), Universitas Negeri Makassar: Makassar.

Penyusun, T. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Penyusun, T. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Rohman, M., & Amri, S. (2014). Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya.

Rustaman. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press.

Sulistiasih. (2018). Evaluasi dan Asesmen Pembelajaran SD. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Superni, Dantes, N., & Gunamantha. (2018). Pengaruh Model Siklus Belajar 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep IPA. International Journal of Elementary Education, 2: 115-122.

Wena, M. (2018). Stategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.