KOMPARASI PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC DAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA MENENGAH PERTAMA DI KEFAMENANU
(1) Universitas Timor
(2) Universitas Timor
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alok Irma Suryani, Jufri, A.W, D. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran 5E Terintegrasi Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa SMPN 1 Kuripan Tahun Aajaran 2016/2017. Pijar MIPA, XII(1), 39–43.
Aminah, S., Dwiyati, N. K., & Mulyono. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Kreativitas Melalui Pendekatan Open Ended Problems ( OEP ). Prisma, Prosicing Seminar Nasional Matematika, 2, 51–57. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28865
Deswita, R., & Kusumah, Y. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran CORE dengan Pendekatan Scientific. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 35. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1.220
Dina, A., Mawarsari, V. D., & Suprapto, R. (2015). Implementasi kurikulum 2013 pada perangkat pembelajaran model discovery learning pendekatan scientific terhadap kemampuan komunikasi matematis materi geometri SMK. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 2(1), 22–31.
Dinni, H. N. (2018). HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 170–176. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/%0AHOTS
Erny, Haji, S., & Widada, W. (2017). Pengaruh pendekatan saintifik pada pembelajaran matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X ipa sma negeri 1 kepahiang. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(7), 84–95.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Kamal, S. (2015). Implementasi pendekatan scientific untuk meningkatkan kemandirian belajar matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 56–64. https://doi.org/10.33654/math.v1i1.95
Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1(1), 588–595.
Lestari, N., Hartono, Y., & Porwoko. (2016). Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Palembang Neny Lestari , Yusuf Hartono , dan Purwoko. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 81–95.
Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. Prisma, 1, 140–144. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/%0AMelatih
Mardiana, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Pascasarjana , Universitas Negeri Malang. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 87–91.
Mariam, S., Rohaeti, E. E., & Sariningsih, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Aliyah pada Materi Pola Bilangan. Journal on Education, 1(2), 156–162.
Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Smp Melalui Pendekatan Open Ended. Prisma, 6(2), 119–131. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122
S, A. E., & Rosalina, E. (2019). Soal Matematika Model PISAMenggunakan Konteks Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 67–75.
Sholikhah, Z., Kartana, T. J., & Utami, W. B. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Open-Ended Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Siswa. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 4(1), 35. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v4i1.908
Suryapuspitarini, B. K., Wardono, & Kartono. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 876–884. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20393
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3562
Refbacks
- There are currently no refbacks.