ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE BRAINSTORMING TIPE ROUND ROBIN

Baiduri Baiduri(1*), Arif Hidayatul Khusna(2), Erika Dewi Saraswati(3),

(1) Mathematics Education Department, University of Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Muhamamdiyah Malang
(3) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan metode brainstorming tipe round robin. Aktivitas belajar siswa yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah visual activities, oral activities, listening activities, writing activities, drawing activities, motor activities, mental activities, emotional activities. Jenis penelitian yang digunakan adalah teaching experimental dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP sebanyak 9 siswa terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Subjek berasal dari SMPN Mojokerto sebanyak 6 siswa dan Pondok Jombang 3 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi dari tiga kali pertemuan dalam pembelajaran matematika. Observasi digunakan untuk data aktivitas siswa yang diperoleh dari kegiatan siswa dalam penerapan metode brainstorming tipe round robin, sedangkan dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data-data tertulis yang dipergunakan dan mengabadikan hasil pekerjaan siswa dari lembar kerja kelompok yang mereka kerjakan. Instrumen yang digunakan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Kelompok (LKK), dan lembar observasi. Hasil  yang didapat dari penelitian ini bahwa aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan metode brainstorming tipe round robin dikategorikan sangat baik pada aktivitas visual, mendengarkan, dan emosional.  Sedangkan pada aktivitas oral, menulis, emosi, motor, dan menggambar dikategorikan baik. 


Keywords


Aktivitas belajar siswa; metode brainstorming tipe round robin; pembelajaran matematika

References


Aliwanto. (2017). Analisis Aktivitas Belajar. Jurnal Konseling, 3(1), 64–71.

Amin, D. (2017). Penerapan Metode Curah Gagasan (Brainstorming) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah, 5(2), 1. https://doi.org/10.21009/jps.052.01

Ayu, N. M., Yusmin, E., & BS., D. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Robin Pada Materi Bangun Datar Segi Empat di SMP Negeri 3 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 08(6), 1–6.

Ayuwanti, I. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma’ninah Yasin Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 105–114. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1017

Azizah, D. (2013). Penerapan Pendekatan Struktural Metode Think Pair Share (TPS) Pada Materi Lingkaran Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa. Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika FKIP …, 1(2), 115–199. Retrieved from https://scholar.google.co.id/scholar?start=10&q=metode+think+pair+share&hl=en&as_sdt=0,5#3

Budiyono, A., Kusumaningsih, W., & Albab, I. U. (2019). Desain Pembelajaran Luas Lingkaran dengan Konteks Explore Dapur Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP). Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(4), 37–44. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i4.3854

Căprioară, D., & Frunză, V. (2013). Differentiation and Individualization in the Organization of the Teaching-Learning Activities in Mathematics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 93, 2063–2067. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.166

Coto, M., & Mora, S. (2019). Are there any gender differences in students’ emotional reactions to programming learning activities? ACM International Conference Proceeding Series. https://doi.org/10.1145/3335595.3335608

Dreyfus, T. (2018). Learning Through Activity – Basic research on mathematical cognition. Journal of Mathematical Behavior, 52(November 2017), 216–223. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2018.04.001

Eka Fatmahwati, T. (2014). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pmri Berbantuan Media Grafis. Joyful Learning Journal, 3(1), 17–23.

Eko Nugroho, B. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran Serta Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pawyatan Daha 1 Kediri Materi Garis Lurus. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri, (Pendidikan), 1.

Hanida, T., Suryani, & Sukmawati. (2016). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Tematik Di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(1).

Mufidah, L., Effendi, D., & Purwanti, T. T. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Matriks. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1(1), 117–125.

Nuraini, N., Fitriani, F., & Fadhilah, R. (2018). Hubungan Antara Aktivitas Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X Sma Negeri 5 Pontianak. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 6(1). https://doi.org/10.29406/arz.v6i1.939

Nurhidayah, D. A. (2015). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi Pada Materi Geometri. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 43–50.

Nurpratiwi, R. T., Sriwanto, S., & Serjanti, E. (2015). Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Metode Picture and Picture Dengan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Geografi Di Kelas Xi Ips 2 Sma Negeri 1 Bantarkawung. Geoedukasi, 4(2), 1–9.

Paizaluddindan, & Ermalinda. (2014). Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Vol. 1, No. 1, Agustus 2017 eISSN 2581-253X. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 212.

Rahmadani N., A. I. (2018). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendektan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 SD. 241–250.

Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi atas Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 206–216. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1027

Reeve, J. (2012). A self-determination theory perspective on student engagement Handbook of research on student engagement (pp. 149-172): Springer.

Rohmah, M. S., & Herdiman, I. (2017). Penerapan Pendekatan Brainstorming Round Robin Koneksi Matematik Serta Kemandirian Belajar Siswa. VI(2), 91–100.

Ruíz, A. A. B. (2015). Improving Students’ Descriptive Speaking Competence by Using Cue Cards at the Grade VIII 2 of Public Junior High School 03 Bengkulu City. Center of Language Innovation Journal of Linguistics and Language Teaching, 3(2), 54–67.

Saraswati, N. F., & Djazari, M. (2018). Implementasi Metode Pembelajaran Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Kretek Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XVI(2).

Sheng, Y. (2019). Experimental Teaching Platform. 336(Icsshe 19), 412–416.

Srinalia, S. (2015). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Kinerja Guru Dan Korelasinya Terhadap Pembinaan Siswa: Studi kasus di SMAN 1 Darul Imarah Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Didaktika, 15(2), 193. https://doi.org/10.22373/jid.v15i2.580

Tevdovska, E. S. (2017). The Impact of Emotional Intelligence in the Context of Language Learning and Teaching. SEEU Review, 12(1), 125–134. https://doi.org/10.1515/seeur-2017-0009

Trowler, V. (2010). Student engagement literature review. The Higher Education Academy, 11, 1-15.

Ulfaira, Jamaludin, & Septiwiharti. (2014). Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Siswa Kelas III di SD Inpres Marantale Dalam Pembelajaran Pkn Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(3), 125–142.

Werdiningsih, H., & Sari, S. R. (2016). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Penerapan Metoda Pembelajaran Yang Terintegrasi (Integrated Lesson Learned) Dari Mata Kuliah Yang Serumpun. Modul, 16(1), 55. https://doi.org/10.14710/mdl.16.1.2016.55-66

Widayanti, L. (2013). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, XVII(April), 32–35.

Zulfa, N., & Zahroul, C. F. (2016). Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Jenis‐jenis Usaha Ekonomi di SDN Ngadiluwih 02 Kediri. Jurnal Pedagogi, 2(3), 1–8. Retrieved from http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/viewFile/533/872




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.