BELAJAR BERSAMA COVID-19:REVIEW IMPELEMENTASI, TANTANGAN DAN SOLUSI PEMBELAJARAN DARING PADA GURU-GURU SMP

Ratni Purwasih(1*), Dewi Safitri Elshap(2),

(1) IKIP SILIWANGI
(2) IKIP SILIWANGI
(*) Corresponding Author


Abstract


Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran dalam jaringan (daring) serta tantangan apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat guru dalam proses pembelajaran daring untuk guru sekolah menengah pertama dan solusinya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengambilan sampel secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara terstruktur. Subjek penelitian ini adalah 28 guru matematika yang mengajar di berbagai sekolah di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Metode penelitian yang di gunakan adalah deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian ini adalah wawancara dan kuisioner melalui google form.  Teknik pengumpulan data  yang digunakan dalam  penelitian  ini  berupa  angket  terbuka,  wawancara terstruktur dan  dokumentasi. Langkah-langkah penelitian meliputi  pengumpulan data,  reduksi data, penyajian data dan  penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru matematika dalam implementasi  pembelajaran menggunakan  berbagai flatform media sebagai alat bantu pembelajaran daring seperti google meet, google classroom dan E-learning;, respon siswa terhadap pembelajaran daring yaitu postif  serta pembelajaran daring memiliki tantangan/kendala, baik dari aspek sumber daya manusia, sarana-prasarana, dan teknis implementasinya.


Keywords


Covid-19, Guru, Pembelajaran Daring

References


Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4). https://doi.org/10.29333/pr/7937

Chakraborty, M., & Muyia Nafukho, F. (2014). Strengthening student engagement: What do students want in online courses? European Journal of Training and Development, 38(9), 782–802. https://doi.org/10.1108/EJTD-11-2013-0123

Collie, R. J., Shapka, J. D., & Perry, N. E. (2006). Predicting teacher commitment: The impact of school climate and social-emotional learning. Psychology in the Schools, 3, 1034–1048. https://doi.org/10.1037/a0029356.PREDICTING

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea In The Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5–22. https://doi.org/10.1177/0047239520934018

Hammond, L. D., & Bransford, J. (2005). Preparing Teachers Design of Teacher Education Programs.Pdf (pp. 390–441).

Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445

Jamilah, J. (2020). Guru profesional di era new normal: Review peluang dan tantangan dalam pembelajaran daring. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 238. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7494

Najeemah M Yusof. (2012). School climate and teachers ’ commitment : A case study of Malaysia. International Journal of Economics Business and Management Studies, 1(2), 65–75.

Nuraeni, L., Purwasih, R., & Mutakim, J. (2020). IKIP Siliwangi student’s perceptions of online teaching and learning process during COVID-19 pandemic? Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012084

Pratama, L. D., Lestari, W., & Astutik, I. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Edutainment Di Tengah Pandemi Covid-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 413–423. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2783

Pratiwi, I. R., & Silalahi, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Metematika Model Blended Learning Berbasi Moodle. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 206–218.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Purwasih, R., Jumiatin, D., & Aripin, U. (2020). Pemerdayaan Guru-Guru MTs Cahaya Harapan Melalui Kegiatan Transfer IPTEK E-Mathgogy Menggunakan Pendekatan Revolusi Industry 4.0. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 8(1), 37–41.

Purwasih, R., Komala, & Santana, F. D. T. (2020). Persepsi Mahasiswa Calon Pendidik terhadap Pembelajaran Daring Berbasis ICT pada Masa Pandemik Covid-19. Edumatica:Jurnal Pendidikan Matematika, 10(02), 10–18.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–872. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School, 7(2), 1–9.

Thien, L. M., Abd Razak, N., & Ramayah, T. (2014). Validating Teacher Commitment scale using a Malaysian sample. SAGE Open, 4(2). https://doi.org/10.1177/215824401




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.