BELAJAR BERSAMA COVID-19:REVIEW IMPELEMENTASI, TANTANGAN DAN SOLUSI PEMBELAJARAN DARING PADA GURU-GURU SMP
(1) IKIP SILIWANGI
(2) IKIP SILIWANGI
(*) Corresponding Author
Abstract
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran dalam jaringan (daring) serta tantangan apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat guru dalam proses pembelajaran daring untuk guru sekolah menengah pertama dan solusinya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengambilan sampel secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara terstruktur. Subjek penelitian ini adalah 28 guru matematika yang mengajar di berbagai sekolah di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Metode penelitian yang di gunakan adalah deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian ini adalah wawancara dan kuisioner melalui google form. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket terbuka, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Langkah-langkah penelitian meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru matematika dalam implementasi pembelajaran menggunakan berbagai flatform media sebagai alat bantu pembelajaran daring seperti google meet, google classroom dan E-learning;, respon siswa terhadap pembelajaran daring yaitu postif serta pembelajaran daring memiliki tantangan/kendala, baik dari aspek sumber daya manusia, sarana-prasarana, dan teknis implementasinya.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4). https://doi.org/10.29333/pr/7937
Chakraborty, M., & Muyia Nafukho, F. (2014). Strengthening student engagement: What do students want in online courses? European Journal of Training and Development, 38(9), 782–802. https://doi.org/10.1108/EJTD-11-2013-0123
Collie, R. J., Shapka, J. D., & Perry, N. E. (2006). Predicting teacher commitment: The impact of school climate and social-emotional learning. Psychology in the Schools, 3, 1034–1048. https://doi.org/10.1037/a0029356.PREDICTING
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea In The Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5–22. https://doi.org/10.1177/0047239520934018
Hammond, L. D., & Bransford, J. (2005). Preparing Teachers Design of Teacher Education Programs.Pdf (pp. 390–441).
Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445
Jamilah, J. (2020). Guru profesional di era new normal: Review peluang dan tantangan dalam pembelajaran daring. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 238. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7494
Najeemah M Yusof. (2012). School climate and teachers ’ commitment : A case study of Malaysia. International Journal of Economics Business and Management Studies, 1(2), 65–75.
Nuraeni, L., Purwasih, R., & Mutakim, J. (2020). IKIP Siliwangi student’s perceptions of online teaching and learning process during COVID-19 pandemic? Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012084
Pratama, L. D., Lestari, W., & Astutik, I. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Edutainment Di Tengah Pandemi Covid-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 413–423. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2783
Pratiwi, I. R., & Silalahi, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Metematika Model Blended Learning Berbasi Moodle. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 206–218.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Purwasih, R., Jumiatin, D., & Aripin, U. (2020). Pemerdayaan Guru-Guru MTs Cahaya Harapan Melalui Kegiatan Transfer IPTEK E-Mathgogy Menggunakan Pendekatan Revolusi Industry 4.0. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 8(1), 37–41.
Purwasih, R., Komala, & Santana, F. D. T. (2020). Persepsi Mahasiswa Calon Pendidik terhadap Pembelajaran Daring Berbasis ICT pada Masa Pandemik Covid-19. Edumatica:Jurnal Pendidikan Matematika, 10(02), 10–18.
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–872. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School, 7(2), 1–9.
Thien, L. M., Abd Razak, N., & Ramayah, T. (2014). Validating Teacher Commitment scale using a Malaysian sample. SAGE Open, 4(2). https://doi.org/10.1177/215824401
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3545
Refbacks
- There are currently no refbacks.