PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA TIPE PISA LEVEL 5 DENGAN KONTEKS PRIBADI

Tria Gustiningsi(1*), Somakim Somakim(2),

(1) 
(2) Universitas Sriwijaya
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal matematika tipe PISA level 5 dengan konteks pribadi yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian ini adalah design research dengan tipe development studies. Penelitian dilakukan dengan tahapan yang terdiri dari preliminary, self evaluation, expert review, one to one, small group, dan field test. Subjek penelitian adalah 12 orang siswa kelas VII SMPN 1 Palembang. Data dikumpulkan dengan menggunakan walk-through, tes, angket, dan wawancara. Penelitian menghasilkan soal matematika tipe PISA level 5 konteks pribadi yang valid dari segi konten yaitu soal sudah sesuai dengan karakteristik soal PISA level 5 dan sesuai dengan karakteristik konteks pribadi, soal juga sudah valid dari segi konstruk yang terlihat bahwa soal sudah sesuai dengan kurikulum 2013 kelas VII, dan soal sudah valid dari segi bahasa yaitu soal sudah sesuai dengan PUEBI dan tidak menimbulkan penafsiran ganda. Soal yang dihasilkan sudah praktis yaitu soal dapat dipakai, maksud soal dimengerti oleh siswa, dan siswa tertarik mengerjakan soal. Soal yang dihasilkan juga sudah efektif yaitu soal memunculkan keterampilan berpikir siswa. Temuan dari penelitian ini adalah soal yang dihasilkan memiliki efek potensial yaitu memunculkan kemampuan siswa dalam menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.


Keywords


Level 5, Personal Context, PISA problem

References


Baka, N. A., Laksana, D. N. L., & Dhiu, K. D. (2019). Konten dan Konteks Budaya Lokal Ngada sebagai Bahan Ajar Tematik di Sekolah Dasar. Journal of Education Technology. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16181

Bakker, A. (2019). Design Research in Education: A Practical Guide for Early Career Researhers. Routledge.

Effendi, R. (2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom dan Implementasinya pada Pelajaran Matematika SMP. JIPMat. https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1483

Fauziyah, H. N. (2020). Analisis Soal-Soal Buku Ajar Matematika Kelas VII Ditinjau dari Revisi Taksonomi Bloom. In Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/82847/12/Naskah Publikasi.pdf

Gustiningsi, T. (2015). Pengembangan Soal Pengayaan Model PISA Level 4 Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA, 2(2), 198–213. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1248

Gustiningsi, T., & Utari, R. S. (2020). Developing of Higher Order Thinking Skill (HOTS) Mathematical Problems With Cartesian Coordinate Material. 4th Sriwijaya University Learning and Education, 513, 561–566. https://www.atlantis-press.com/article/125950370.pdf

Johar, R. (2012). Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang, 1(1), 30–41. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/1296

Kemendikbud. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill ( HOTS). Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jendarl Pendidikan Dasar Dan Menengah, Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Munayati, Z., Zulkardi, Z., & Santoso, B. (2015). Kajian soal buku teks matematika kelas X kurikulum 2013 menggunakan framework PISA. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2).

Nieveen, N., Van den Akker, J., Gravemeijer, K., & McKenney, S. (2006). Educational Design Research. In Educational Design Research. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203088364

OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. In OECD Publishing. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1787/9789264190511-en

OECD. (2016). PISA 2015 Results. In OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9789264266490-en

OECD. (2018). PISA 2021 Mathematics Framework (Draft). OECD Publishing.

OECD. (2019a). PISA 2018 insights and interpretations. OECD Publishing.

OECD. (2019b). PISA 2018 Mathematics Framework. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/13c8a22c-en

Oktiningrum, W., Zulkardi, & Hartono, Y. (2016). Developing PISA-Like Mathematics Task with Indonesia Natural and Cultural Heritage as Context to Assess Students’ Mathematical Literacy. Journal on Mathematics Education, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.22342/jme.7.1.2812.1-8

Putra, Y. Y., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Level 4, 5, 6 Menggunakan Konteks Lampung. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.4832

Putri, R. I. I., & Zulkardi. (2020). Designing PISA-like Mathematics Task Using Asian Games Context. Journal on Mathematics Education, 11(1), 135–144. https://doi.org/10.22342/jme.11.1.9786.135-144

Rawani, D., Putri, R. I. I., & Hapizah. (2019). PISA-like mathematics problems: Using taekwondo context of Asian games. Journal on Mathematics Education, 10(2), 277–288. https://doi.org/10.22342/jme.10.2.5243.277-288

Setiawan, H., Diah, N., Lestari, S., Studi, P., Matematika, P., Matematika, L., & Tingkat, K. B. (2014). Soal Matematika dalam PISA Kaitannya dengan Literasi Matematika dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1).

Suningsih, A., & Arnidha, Y. (2017). Komunikasi Matematis Siswa Tunarungu melalui Model Pembelajaran Think Pair Share. Jurnal Aksioma, 6(3), 375–384. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v6i3.1127

Susilowati, Sajidan, & Ramli, M. (2017). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Magetan. Seminar Nasional Pendidikan Sains 21, 223–231. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/viewFile/11417/8102

Tessmer, M. (1993). Planning and conducting formative evaluations: Improving the quality of education and training. In Planning and Conducting Formative Evaluations. Kogan Page.

Widodo, T., & Kadarwati, S. (2013). Higher Order Thinking Berbasis Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berorientasi Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 32(1), 161–171. https://doi.org/10.21831/cp.v5i1.1269

Yansen, D., Putri, R. I. I., Zulkardi, & Fatimah, S. (2019). Developing PISA-Like Mathematics Problems on Uncertainty and Data using Asian Games Football Fontext. Journal on Mathematics Education, 10(1), 37–46. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5249.37-46

Zulkardi. (2002). Developing a Learning Envorinment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Students Teachers. Thesis. University of Twente. Enschede:Printpartners Ipskamp.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.