PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING MEMBOSANKAN BAGI SISWA SEKOLAH DASAR: STUDI SELF-REPORT SISWA
(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(3) Universitas Sebelas Maret
(4) Universitas Negeri Yogyakarta
(5) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa sekolah dasar dalam pembelajaran matematika secara daring sehingga dapat ditentukan langkah lebih lanjut untuk memperbaiki sistem pembelajaran matematika daring jika terdapat kekurangan atau kesalahan dalam proses pembelajarannya. Metode survei dan studi kasus digunakan untuk menggapai tujuan. Partisipan dalam penelitian ini adalah 79 siswa kelas 4 di salah satu sekolah dasar yang ada di Bantul. Data diambil menggunakan angket persepsi dan dieksplorasi lebih lanjut melalui wawancara kepada 6 siswa berdasarkan level kognisinya. Analisis deskriptif digunakan untuk menggambarkan kecenderungan data. Di samping itu, transkrip rekaman wawancara dikodekan berdasarkan pola menarik antar peneliti dan kemudian didiskusikan. Triangulasi sumber digunakan untuk menjamin keakuratan hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika secara daring cenderung mengarah pada persepsi negatif. Tidak menarik, membosan, tidak efektif mungkin adalah kata-kata yang tepat menggambarkan sikap mereka. Selain itu, ditemukan bahwa level kognisi tidak mesti sejalan dengan minat dan motivasi siswa. Literasi teknologi dan inovasi pembelajaran yang sesuai dengan zamannya menjadi penting untuk diperhatikan sebagai upaya memfasilitasi guru dan siswa dalam pembelajaran matematika secara daring.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arofah, L. (2009). Penerapan Pembelajaran Berbasis E-Learning pada pokok bahasan Operasi Aljabar Kelas VIII di Sekolah Nasional Plus Inggris-Mandarin Pelita Bangsa Denpasar [UIN Sunan Ampel Surabaya]. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/7899
Chiu, T. K. F., Lin, T.-J., & Lonka, K. (2021). Motivating Online Learning: The Challenges of COVID-19 and Beyond. The Asia-Pacific Education Researcher, 30(3), 187–190. https://doi.org/10.1007/s40299-021-00566-w
Ferrer, J., Ringer, A., Saville, K., A Parris, M., & Kashi, K. (2020). Students’ motivation and engagement in higher education: the importance of attitude to online learning. Higher Education. https://doi.org/10.1007/s10734-020-00657-5
Fung, J. J. Y., Yuen, M., & Yuen, A. H. K. (2021). Online Learning for Mathematically Talented Students: A Perspective from Hong Kong. In Smith S.R. (Ed.), Handbook of Giftedness and Talent Development in the Asia-Pacific (pp. 857–884). Springer. https://doi.org/10.1007/978-981-13-3041-4_39
Karaali, G. (2015). Metacognition in the Classroom: Motivation and Self-Awareness of Mathematics Learners. Primus, 25(5), 439–452. https://doi.org/10.1080/10511970.2015.1027837
Markovits, Z., & Forgasz, H. (2017). “Mathematics is like a lion”: Elementary students’ beliefs about mathematics. Educational Studies in Mathematics, 96(1), 49–64. https://doi.org/10.1007/s10649-017-9759-2
Metzger, S. R., Sonnenschein, S., & Galindo, C. (2019). Elementary-age children’s conceptions about mathematics utility and their home-based mathematics engagement. Journal of Educational Research, 112(4), 431–446. https://doi.org/10.1080/00220671.2018.1547961
Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education, 14(2), 129–135. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001
Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 124–132. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p124
Purnomo, Y. W. (2015). Pengembangan desain pembelajaran berbasis penilaian dalam pembelajaran matematika. Cakrawala Pendidikan, XXXIV(2), 182–191. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4823
Purnomo, Y. W. (2016). Perbaikan Instruksional dalam Implementasi Assessment-Based Learning di Kelas Matematika. Cakrawala Pendidikan, XXXV(3), 403–411. https://doi.org/10.21831/cp.v35i3.8821
Purnomo, Y. W. (2017a). The complex relationship between teachers’ mathematics-related beliefs and their practices in mathematics class. The New Educational Review, 47(1), 200–210. https://doi.org/10.15804/tner.2017.47.1.16
Purnomo, Y. W. (2017b). A Scale for Measuring Teachers’ Mathematics-Related Beliefs: A Validity and Reliability Study. International Journal of Instruction, 10(2), 23–38. https://doi.org/10.12973/iji.2017.1022a
Purnomo, Y. W., Suryadi, D., & Darwis, S. (2016). Examining pre-service elementary school teacher beliefs and instructional practices in mathematics class. International Electronic Journal of Elementary Education, 8(4), 629–642. https://www.iejee.com/index.php/IEJEE/article/view/137
Rasmitadila, R., Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. S. (2020). The Perceptions of Primary School Teachers of Online Learning during the COVID-19 Pandemic Period: A Case Study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90. https://doi.org/10.29333/ejecs/388
Ulya, H. (2015). Hubungan Gaya Konitif Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(2). https://doi.org/10.24176/jkg.v1i2.410
Wernet, J. L., & Nurnberger-Haag, J. (2015). Toward broader perspectives of young children’s mathematics: Recognizing and comparing Olivia’s beliefs and activity. Contemporary Issues in Early Childhood, 16(2), 118–141. https://doi.org/10.1177/1463949115585442
Zamista, A. A., Rahmi, H., Sellyana, A., & Desriyati, W. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran dalam Jaringan untuk Mata Kuliah Kalkulus. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 5(1), 41. https://doi.org/10.31949/th.v5i1.2214
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3533
Refbacks
- There are currently no refbacks.