KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERTIPE HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS)

Fida Rahmantika Hadi(1*),

(1) Uiversitas PGRI Madiun
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa PGSD dalam menyelesaikan Soal Matematika Bertipe HOTS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dekriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 yang menempuh mata kuliah Geometri Prodi PGSD Universitas PGRI Madiun sebanyak 28 mahasiswa. Data berupa hasil tes dan wawancara dianalisis secara kualitatif. Peneliti menganalisis data hasil tes dan mendeskripsikan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal matematika bertipe HOTS. Hasil skor tes mahasiswa dikelompokkan menjadi tiga terdiri dari mahasiswa berkemampuan tinggi (nilai tes lebih dari 85), mahasiswa berkemampuan sedang (nilai tes antara 65-85, mahasiswa berkemampuan rendah (nilai tes kurang dari 65). Selanjutnya untuk wawancara, peneliti memilih satu mahasiswa berkemampuan tinggi, satu mahasiswa berkemampuan sedang, dan satu mahasiswa berkemampuan rendah secara purposive. Hasil penelitian ini yaitu terdapat 5 mahasiswa berkemampuan tinggi, 10 mahasiswa berkemampuan sedang dan 13 mahasiswa berkemampuan rendah. Dilihat dari hasil analisis skor tes dan wawancara,  kemampuan mahasiswa PGSD dalam menyelesaikan soal matematika bertipe HOTS masih cukup rendah. Mahasiswa harus mampu memenuhi ketiga indikator untuk menunjukkan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal HOTS. Indikator yang digunakan dalam menyelesaikan soal matematika bertipe HOTS yaitu menganalisis, mengevaluasi dan memberikan solusi.


Keywords


HOTS, Kemampuan Mahasiswa PGSD, Soal Matematika

References


Afrianto. (2018). Being a Professional Teacher in the Era of Industrial Revolution 4 . 0 : Opportunities , Challenges and Strategies for Innovative Classroom Practices. English Language Teaching And Research, 2(1), 1–13.

Ahmad, S., Kenedi, A. K., & Masniladevi, M. (2018). Instrumen Hots Matematika Bagi Mahasiswa Pgsd. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(6), 905. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i6.6530

Andriyani, R., & Yenni. (2019). Analisis High Order Thinking Skills (HOTS) Mahasiswa Pada Mata Kuliah Trigonometri. Snp2M, 1(2), 175–179.

Dosinaeng, W. B. N., Leton, S. I., & Lakapu, M. (2019). Kemampuan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Berorientasi HOTS. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 250–264. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.2197

Hadi, W., & Faradillah, A. (2020). HAMBATAN MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BERMUATAN HIGH-ORDER THINKING SKILLS. Aksioma : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 662–670.

Hasyim, M., & Andreina, F. K. (2019). Analisis High Order Thinking Skill (Hots) Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 55. https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.55-64

Maimunah, Andrari, F. R., & Qadarsih, N. D. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Calon Guru Dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematika Berorientasi Pada Hots. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(2), 182–188.

Manik, P., Saraswati, S., Ngurah, G., & Agustika, S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257–269.

Narayanan, S., & Adithan, M. (2015). Analysis Of Question Papers In Engineering Courses With Respect To Hots (Higher Order Thinking Skills). American Journal of Engineering Education (AJEE), 6(1), 1–10. https://doi.org/10.19030/ajee.v6i1.9247

Rahayuningsih, S., & Jayanti, R. (2019). High Order Thinking Skills (HOTS) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Grup. MAJAMATH: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 87–93. https://doi.org/10.36815/majamath.v2i2.424

Rosidin, U., Suyatna, A., & Abdurrahman, A. (2019). A combined HOTS-based assessment/STEM learning model to improve secondary students’ thinking skills: A development and evaluation study. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(3), 435–448. https://doi.org/10.17478/jegys.518464

Schulz, H., & Fitzpatrick, B. (2016). Teachers ’ Understandings of Critical and Higher Order Thinking and What This Means for Their Teaching and Assessments. Alberta Journal of Educational Research, 62(1), 61–86.

Setianingsih, R., Budiarto, M. T., & Artiono, R. (2019). Development of mathematical learning tools to promote higher order thinking skills for elementary school students. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012143

Singh, C. K. S., Singh, R. K. A., Singh, T. S. M., Mostafa, N. A., & Mohtar, T. M. T. (2018). Developing a Higher Order Thinking Skills Module for Weak ESL Learners. English Language Teaching, 11(7), 86. https://doi.org/10.5539/elt.v11n7p86

Tambunan, H., & Naibaho, T. (2019). Performance of mathematics teachers to build students’ high order thinking skills (HOTS). Journal of Education and Learning (EduLearn), 13(1), 111. https://doi.org/10.11591/edulearn.v13i1.11218

Tan, S. Y., & Halili, S. H. (2015). Effective Teaching of Higher-Order Thinking (HOT) in Education. The Online Journal of Distance Education and E-Learning, 3(2), 41–47.

Tanujaya, B. (2016). Development of an Instrument to Measure Higher Order Thinking Skills in Senior High School Mathematics Instruction. Journal of Education and Practice, 7(21), 144–148.

Umar, A., & Ahmad, N. Q. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS CALON GURU MATEMATIKA. As-Salam, 3(April), 36–47.

Veile, J. W., Kiel, D., & Müller, J. M. (2020). Lessons learned from Industry 4 . 0 implementation in the German manufacturing industry. Journal of Manufacturing Technology Management, 31(5), 977–997. https://doi.org/10.1108/JMTM-08-2018-0270

Widhiyani, I. A. N. T., Sukajaya, I. N., & Suweken, G. (2019). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills Untuk Pengkategorian Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(2), 68–77. https://doi.org/10.23887/jppm.v8i2.2854

Winarso, W. (2014). Membangun Kemampuan Berfikir Matematika Tingkat Tinggi Melalui Pendekatan Induktif, Deduktif Dan Induktif-Deduktif Dalam Pembelajaran Matematika. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(2), 95–118. https://doi.org/10.24235/eduma.v3i2.58

Yaniawati, R. P. (2013). E-Learning to Improve Higher Order Thinking Skills (HOTS) of Students. Journal of Education and Learning (EduLearn), 7(2), 109. https://doi.org/10.11591/edulearn.v7i2.225

Zulfiani, Suwarna, I. P., & Sumantri, M. F. (2020). Science adaptive assessment tool: Kolb’s learning style profile and student’s higher order thinking skill level. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 194–207. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.23840




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.