PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS DATA COVID-19 UNTUK MENINGKATKAN KEWASPADAAN MAHASISWA TERHADAP HOAKS

Purna Bayu Nugroho(1*), Badawi Badawi(2), Agung Prihatmojo(3),

(1) Universitas Muhammadiyah Kotabumi
(2) Universitas Muhammadiyah Kotabumi
(3) Universitas Muhammadiyah Kotabumi
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kelayakan bahan ajar berbasis data covid-19 untuk meningkatkan kewaspadaan mahasiswa Muhammadiyah terhadap hoaks, dan (2) capaian pembelajaran mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kotabumi terkait kewaspadaan terhadap hoaks. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R & D) dengan model  pengembangan Borg & Gall yang telah dimodifikasi sehingga hanya menggunakan 7 tahap saja. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mencakup: : (1) observasi dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan desain produk, (3) pengembangan desain produk, (4) validasi desain produk, (5) perbaikan desain, (6) uji coba awal dan (7) revisi produk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa: pedoman wawancara, lembar validasi, angket tanggapan pengguna, serta tes kewaspadaam terhadap hoaks. Subjek penelitian pada tahap pengumpulan data adalah 12 mahasiswa sedangkan pada tahap ujicoba awal produk adalah 24 mahasiswa semester 3 prodi Pendidikan Matematika yang sedang menempuh matakuliah Statistika. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan  pendekatan: (1) deskriptif kuantitatif untuk mengolah data skor dari penilaian ahli dan respon mahasiswa terhadap tes kewaspadaan terhadap hoaks, sedangkan (2) deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan data berupa: (a) komentar saran perbaikan dari ahli pada saat proses validasi serta (b) hasil wawancara pada saat melakukan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bahan ajar berbasis data covid-19 berbentuk video yang dikembangkan layak untuk digunakan dengan kategori penilaian sangat baik; dan 2) Capaian pembelajaran mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kotabumi terkait kewaspadaan terhadap hoaks cukup baik.

Kata kunci: Bahan Ajar; Covid-19; Hoaks; Video dan Waspada

 

Abstract

This study aims to determine: 1) the feasibility of Covid-19 data-based teaching materials to increase awareness of Muhammadiyah students against hoaxes, and (2) the learning outcomes of Muhammadiyah Kotabumi University students regarding awareness of hoaxes. This study uses the Research & Development (R & D) method with the modified Borg & Gall development model so that it only uses 7 stages. The development procedure in this study includes: (1) observation and information collection, (2) product design planning, (3) product design development, (4) product design validation, (5) design improvement, (6) initial trial and error. (7) product revision. The instruments used in this study were: interview guides, validation sheets, user response questionnaires, and tests for hoax alerts. The research subjects at the data collection stage were 12 students while at the initial trial stage the product was 24 students in the 3rd semester of Mathematics Education study program who were taking Statistics courses. Data analysis techniques in this study used the following approaches: (1) quantitative descriptive to process score data from expert assessments and student responses to the hoax awareness test, while (2) qualitative descriptive to describe data in the form of: (a) comments on suggestions for improvement from experts during the validation process and (b) the results of interviews during observations. The results of this study indicate that: 1) Covid-19 data-based teaching materials in the form of videos developed are suitable for use with very good assessment categories; and 2) The learning achievement of Muhammadiyah Kotabumi University students regarding awareness of hoaxes is quite good.

Keywords: Alert; Covid-19; Hoax; Teaching materials; and Video


Keywords


Bahan Ajar; Covid-19; Hoaks; Video dan Waspada

References


Aliasan. (2017). Pengaruh Pemahaman Keagamaan dan Literasi Media terhadap Penyebaran Hoax di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Islam Dan Kehumasan, 1(2), 126–147.

Allcott, H., & Gentzkow, M. (2017). Social Media and Fake News in the 2016 Election. Journal of Economic Perspective, 31(2), 211–236.

Andari, I. Y. (2019). Pentingnya Media Pembelajaran Berbasis Video untuk Siswa Jurusan IPS tingkat SMA se-Banten. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 263–275. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/download/5765/4138

Arif, R. (2016). Internet As a Hope or a Hoax for Emerging Democracies : Revisiting the Concept of Citizenship in The Digital Age. Social and Behavioral Sciences, 236. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.12.002

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.

Ario, M., & Asra, A. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Integral pada Pembelajaran Flipped Classroom. 8(1), 20–31. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/download/5765/4138

As’ari, A. R., Mahmudi, A., & Nurlaelah, E. (2017). Our Prospective Mathematic Teachers Are Not Critical Thinkers Yet. Journal on Mathematics Education Mathematics Education, 8 (2), 145–156. https://doi.org/10.22342/jme.8.2.3961.145-156

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational Research An Introduction (Fourth Edi). Longman.

Fauziyyah, Z. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak dan Berbicara Siswa kelas III SDN Merjosari 2 Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Guswiani, W., Darmawan, D., Hamdani, N. A., & Noordyana, M. A. (2018). Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran Dalam Pembelajaran Front Office Di Kelas XI Akomodasi. JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(September), 688–698.

Hodiyanto, Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323–334.

Juliswara, V. (2017). Mengembangkan Model Literasi Media yang Berkebhinnekaan dalam Menganalisis Informasi Berita Palsu (Hoax) di Media Sosial. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 4(2), 142–164.

Masykur, R., Nofrizal, & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186.

Muwaffaq, A., & Mawartiningsih, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Macromedia Flash 8 Berbasis Pendekatan Konsep Development of Macromedia Flash 8 Learning Media Based Concept Approach. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 441–447.

Park, K., & Rim, H. (2018). Social Media Hoaxes, Political Ideology, and The Role of Issue Confidence. Telematics and Informatics, November. https://doi.org/10.1016/j.tele.2018.11.001

Ridha, M. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 154–162. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/925

Silverman, C. (2016). Lies , Damn Lies , and Viral Content. Tow Center for Digital Journalism.

Sugiyanto, R., Utami, A., & Abeng, A. T. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Vidio untuk Guru Sekolah Dasar Kota Palangka Raya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 196–201.

Sutantohadi, A., & Wakhidah, R. (2017). Bahaya Berita Hoax dan Ujaran Kebencian pada Media Sosial terhadap Toleransi. Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–5.

Tea, F. G. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Software Wondershare Filmora pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Palembang. Universitas Sriwijaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.